Jahe merah dapat mengurangi peradangan.

Jahe merah dapat mengurangi peradangan.

 

Makin banyak pilihan minyak gosok berbahan herbal. Khasiat tergantung bahan baku penyusunnya.

Menjadi siswa SMA masa yang menyenangkan bagi Nur Rahmi Latifah. Kegiatan studi maupun nonstudi yang menuntut aktivitas tinggi justru memicu semangat dara 17 tahun itu. Tiba-tiba suatu hari kepalanya terasa luar biasa nyeri, pusing, dan leher tegang. Latifah menganggapnya sekadar sakit kepala biasa lantaran banyaknya aktivitas di sekolah. Ketika muncul benjolan sebesar telur puyuh di leher belakang, barulah rasa khawatir menyergap.

Pendiri PT Pak Oles Tokcer, Gede Ngurah Wididana.

Pendiri PT Pak Oles Tokcer, Gede Ngurah Wididana.

Menurut anggota staf Riset dan Pengembangan PT Karya Pak Oles Tokcer, Endah Widyowati, S.Si., Apt., benjolan itu akibat peradangan di leher. Ibunda Latifah, Eny, yang mendengar keluhan anaknya langsung mencari tahu informasi soal benjolan itu. Benjolan terasa lunak dan sedikit bergerak jika ditekan dengan jari. Untuk mengatasinya, Eny membalurkan minyak herbal ke leher Latifah.

Beragam herbal

Setelah mendapat olesan minyak herbal itu, perlahan Latifah merasakan sensasi hangat dan nyaman. Itu meredakan pusing sepanjang hari. Itulah sebabnya, Eny rutin membalurkan minyak itu pada pagi, siang, dan malam. Pada hari ke-5 benjolan di leher belakang itu tidak terasa lagi. Meski demikian Eny sesekali membalurkan minyak itu menjelang tidur untuk menjaga kesehatan Latifah.

Bahan minyak itu antara lain rimpang jahe, kunyit, daun ungu Graphtophyllum pictum, sambiloto, brotowali, dan lengkuas. “Herbal seperti jahe meredakan peradangan sekaligus memberikan sensasi hangat,” kata Endah. Kandungan gingerol dalam jahe meredam radang atau bengkak sekaligus mengurangi nyeri. Riset Kiuchi dan rekan dari Faculty of Pharmaceutical Sciences, University of Tokyo, Jepang, ekstrak jahe menghambat pembentukan prostaglandin dan leukotrien, yang merupakan mediator pembengkakan.

Baca juga:  Nipis Antijerawat

Caranya dengan menghambat enzim siklooksigenase dan lipooksigenase sehingga jumlah prostaglandin dan leukotrien menurun. Kandungan shogaol dalam jahe juga berefek analgesik. Kedua zat itu, gingerol dan shogaol, efektif mengurangi rasa sakit dan bengkak akibat peradangan. Untuk meningkatkan khasiat dan alasan kepraktisan, jahe bisa diramu dengan bahan lain menjadi minyak gosok herbal.

Selain itu minyak kelapa dalam Oles Bokashi kaya vitamin (A dan E), lemak, protein, dan zat-zat lain. Kandungan vitamin dan mineralnya merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas, mencegah penuaan dini, dan merawat kulit. Endah menuturkan pemanfaatan tanaman berkhasiat (herbal) di Indonesia bersumber dari pengetahuan secara turun-temurun.

Interaksi dengan dunia luar, terutama India dan Tiongkok, memperkaya pengetahuan itu. Pendiri PT Pak Oles Tokcer, Gede Ngurah Wididana, memanfaatkan pengetahuan itu untuk meramu berbagai herbal berkhasiat. Kini pemanfaatan minyak Oles Bokhasi makin luas. Di pasaran terdapat beragam jenis minyak herbal. Sekadar menyebut beberapa adalah minyak Oles Bokhasi produksi PT Karya Pak Oles Tokcer, minyak varash (PT Varash Saddan Nusantara), dan minyak gosok al masyhur (Al Masyhur).

Bunga matahari

Menurut dosen program studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi, Dewa Katja, khasiat minyak herbal itu tergantung pada bahan penyusun dan hasil ekstraksi yang digunakan.

Eny, Ibunda Nur Rahmi Latifah penderita benjolan di leher.

Eny, Ibunda Nur Rahmi Latifah penderita benjolan di leher.

Menurut bagian Top Leader Marketing dan juru bicara PT Varash Saddan Nusantara, Pasek Januarta, minyak varash meredakan berbagai masalah kesehatan tanpa melibatkan pencernaan. Dengan demikian, rasa nyaman cepat terasa sekaligus minim efek samping. Menurut Pasek minyak varash mengaktifkan jalur energi (meridian) di titik akupresur tubuh dengan menggunakan media minyak yang berkhasiat. “Cukup membalurkan dan menggosokkan minyak itu ke titik akupresur, khasiatnya meresap lewat kulit dan masuk ke meridian,” kata Pasek.

Baca juga:  Katrol Harga Robusta

Riset mahasiswa Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekalongan, Jawa Tengah, Nuniek Nizmah Fajriyah dan rekan, minyak zaitun efektif mencegah kerusakan kulit. Minyak zaitun, salah satu komponen minyak varash, membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas kulit sekaligus memperlancar regenerasi sel sehingga kulit tidak mudah kering atau berkerut.

Minyak dari buah Olea europaea itu bahkan mampu mempertahankan kulit pasien kusta lantaran mengandung berbagai asam lemak dan vitamin. Salah satunya, vitamin E, bersifat antioksidan alami yang melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Manfaat lain vitamin E adalah melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Bahan lain yang berpotensi melindungi kulit adalah minyak biji bunga matahari. Dosen Biologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pramushinta Ajiningrum, meneliti ekstrak biji bunga matahari untuk merawat kesehatan kulit.
Minyak biji Helianthus annuus itu mempercepat proses penyembuhan luka karena mengandung zat aktif antara lain betasitosterol, flavonoid, dan asam linoleat. Minyak biji bunga matahari juga mengurangi penguapan air dari kulit sehingga efektif menjadi pelembap. (Tiffani Dias Anggraeni/Peliput:Andari Titisari)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d