Hambatan Menerjang Impian 1
Bahan-bahan yang ada di sekitar lahan untuk pembuatan pestisida.

Bahan-bahan yang ada di sekitar lahan untuk pembuatan pestisida.

Jalan yang ditempuh Diva Indrasrawi, S.H., dalam berniaga sayuran organik tak selalu mulus. Serangan hama dan penyakit kerap menjadi ancaman karena Diva tidak menggunakan pestisida kimia dalam membudidayakan sayuran. “Belalang, musang, dan penyakit patek atau antraknosa seringkali menyerang,” ujarnya. Oleh sebab itu Diva menggunakan pestisida organik untuk menghalau serangan.

Untuk mengatasi serangan cendawan, patek atau antraknosa, Diva memanfaatkan bawang putih dan daun mimba. Ia memasukkan 1 kg bawang putih dan 1 kg daun mimba ke dalam tong berisi 5.000 liter air, lalu menutupnya rapat-rapat. Setelah 1—2 pekan, larutan siap digunakan. Larutan pestisida nabati itu diencerkan dahulu sebelum digunakan. Cukup tambahkan 1 liter larutan ke dalam tangki semprot isi 18 liter air.

Cara lain agar hama dan penyakit urung mewabah adalah dengan mengatur jenis tanaman pendamping. Dalam budidaya organik, sebuah komoditas tidak ditanam dalam satu hamparan luas, tapi terpisah-pisah di beberapa bedeng untuk mencegah penyebaran hama. Contohnya, Diva menanam selada berdampingan dengan kale. “Selada kurang disukai ulat sehingga kale pun aman,” katanya.

Menurut Diva, pengawasan yang terbatas kepada tenaga kerja juga menjadi kendala. Ia khawatir para pekerja mengambil jalan pintas dengan menyemprotkan pestisida kimia. Pasalnya, sebagian besar tenaga kerja mantan pekebun konvensional. Untuk mengatasinya, Diva selalu mengingatkan para karyawan bahwa pasar akan menolak membeli sayuran dan lahan akan rusak jika mengabaikan kaidah bertani organik. (Tiffani Dias Anggraeni)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments