Penampilan Hacker memukau selama 5 menit penjurian.

Penampilan Hacker memukau selama 5 menit penjurian.

Hacker melangkah percaya diri sembari membusungkan dada. Ayam mungil itu bermental baja lantaran tetap bergaya meski tepukan penonton membahana. Itulah sebabnya para juri mendaulat Hacker sebagai best of the best (BOB). “Hacker paling aktif selama penjurian, performa kontestan lain menurun saat menit-menit terakhir,” ujar juri asal Jember, Jawa Timur, Eka Andry D.W.

Juri lainnya, Ilham Blackorange, juga sependapat serama umur 5 bulan itu layak juara karena beraksi maksimal dan tidak pernah mematuk-matuk saat penjurian. Pemilik Hacker, Dian Eka Putra, senang dengan prestasi klangenannya. Pehobi dari Palembang, Sumatera Selatan, itu, intensif merawat Hacker. Dian mengandalkan voer dan beras merah dengan perbandingan 1 : 1 sebagai pakan.

Rawat intensif
Dian juga memberikan satu butir vitamin B dua kali sepekan. Pemberian vitamin meningkat menjadi sekali dua hari menjelang kontes. Senyum kemenangan juga menghias wajah Tinton Suprapto karena serama koleksinya meraih gelar best of chick (BOC), gelar tertinggi di kelas anakan. “Saya senang dengan keberhasilan ini dan juga bangga karena serama itu ternakan sendiri,” kata pehobi dari Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, itu.

Rotterdam, si kecil mungil hasil tangkaran Tinton Suprapto.

Rotterdam, si kecil mungil hasil tangkaran Tinton Suprapto.

Rotterdam—nama serama milik Tinton—berasal dari indukan serama asal Pekanbaru, Provinsi Riau. Saat menetas, Tinton mengumpulkan Rotterdam dengan induk hingga umur sekitar sebulan. Setelah itu ia menggabungkan serama berumur 2 bulan itu dengan 6 saudaranya. Tinton yang tergabung dalam tim SIC Makassar memanfaatkan beras merah, beras jagung, dan voer dengan perbandingan 1 : 2 : 1 untuk pakan.

Serama lain yang berprestasi yakni Aurora yang meraih gelar best of female (BOF). Itu prestasi terbaik di kelas betina dan gelar perdana Aurora. Menurut Ilham ayam milik Putra BHO itu layak menang lantaran berpenampilan maksimal menjelang akhir penjurian. Eka Andry sepakat dengan Ilham. Kelebihan lainnya serama itu mengebaskan sayap saat penjurian. “Lazimnya serama betina sangat sulit mengebaskan sayap,” kata Eka.

Baca juga:  Langkah Juara Jacko

Putra mengatakan perawatan harian Aurora meliputi mandi dan penjemuran 2—3 kali sepekan. Pehobi asal Surabaya, Jawa Timur, itu juga memberikan 1 butir vitamin B per hari per ayam. Beras merah, jagung, dan voer dengan perbandingan 2 : 1 : 2 adalah pakan andalan untuk serama kepunyaan Putra. “Semoga dunia serama makin maju dengan adanya kontes,” kata pehobi serama sejak 2013 itu.

Penjurian berlangsung ketat.

Penjurian berlangsung ketat.

Meriah
Hacker dan serama lainnya berlaga pada kontes serama tingkat nasional di Superindo, Malang, Jawa Timur. Panitia kontes, Herminingsih, menuturkan 150-an serama berpartisipasi di kontes yang berlangsung pada 10 September 2017. “Target peserta terpenuhi,” ujarnya. Para pemilik serama berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Makassar, Bandung, Jakarta, Jayapura, Surabaya, Malang, Yogyakarta, dan Bali.

Aurora peraih best of female dengan mengebaskan sayap di akhir penjurian.

Aurora peraih best of female dengan mengebaskan sayap di akhir penjurian.

Penyelanggara kontes adalah komunitas Juri Serama Indonesia (JSI). JSI yang terbentuk pada Juli 2017 beranggotakan para juri serama (12 juri junior dan 4 juri senior) di Indonesia. Selamat kepada para juara. (Bondan Setyawan)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d