Generasi Hipokrates Makan Ubi 1
Ubi ungu mengandung antosianin lebih dari   100 mg per gram umbi segar

Ubi ungu mengandung antosianin lebih dari 100 mg per gram umbi segar

Tubuh kian bugar, kulit halus, dan awet muda. Itu pengakuan para dokter setelah rutin konsumsi ubijalar ungu.

Pakar seksologi, Prof Dr dr J Alex Pangkahila MSc SpAnd FSS AIFO, sudah lama mengetahui ubijalar ungu berkhasiat untuk kesehatan. Ia acap mengonsumsi umbi Ipomoea batatas itu. Sayangnya mencari ubijalar ungu di Denpasar, Provinsi Bali, relatif sulit sehingga dokter alumnus Universitas Airlangga itu tak dapat rutin mengonsumsinya. Alex Pangkahila mulai ajek menyeruput jus ubijalar ungu sejak 2004 setelah bertemu Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta MSc yang menciptakan jus itu.

Alex rutin mengonsumsi jus ubijalar ungu 3 kali sehari. “Saya mengikuti anjuran Suprapta untuk mengonsumsi 60 cc jus sekali minum,” ujar Alex yang merasakan buang air besar lancar dan perut tidak kembung. Menurut pakar seksologi itu buang air besar lancar minimal sehari sekali menjadi indikator metabolisme tubuh berfungsi baik atau tidak. “Sekarang tubuh lebih bugar dan jarang sakit,” ujar dokter spesialis andrologi yang juga menyediakan wine ubijalar ungu di rumahnya.

Prof Dr dr J Alex Pangkahila MSc SpAnd FSS AIFO rutin konsumsi 3 gelas jus ubi ungu setiap hari

Prof Dr dr J Alex Pangkahila MSc SpAnd FSS AIFO rutin konsumsi 3 gelas jus ubi ungu setiap hari

Kulit halus

Menurut Alex kadar antosianin dalam ubijalar ungu relatif tinggi sehingga bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas sumber beragam penyakit. “Antosianin sebagai antioksidan akan membuang racun saat buang air besar,” kata Alex yang menyarankan selain konsumsi tetap menjaga pola tidur 7—8 jam sehari, olahraga 30 menit sehari, makan cukup bergizi, dan aktivitas seksual yang teratur. Alex mengatakan ubijalar ungu juga memperbaiki kinerja seksual.

Generasi Hipokrates—tabib Yunani yang sohor sebagai bapak kedokteran—lain yang juga mengonsumsi ubijalar ungu adalah Dr dr Anak Agung Gde Putra Wiraguna, SpKK, di Denpasar, Provinsi Bali. Wiraguna mengatakan setelah rajin mengonsumsi ubijalar ungu sejak 2009 jarang terserang penyakit. “Dulu saya sering sekali flu,” katanya. Faedah lain, “Kulit lebih halus dan merasa lebih muda,” ujar dokter spesialis kulit dan kelamin itu. Wiraguna menuturkan antioksidan ubijalar ungu memang bermanfaat untuk tubuh dalam mengikat radikal bebas. “Lingkungan kita saat ini penuh polutan,” katannya. Polutan merupakan salah satu sumber radikal bebas di tubuh.

Dr dr Anak Agung Gde Putra Wiraguna SpKK, jarang terserang penyakit setelah rutin konsumsi wine dan jus ubi ungu psejak 2009

Dr dr Anak Agung Gde Putra Wiraguna SpKK, jarang terserang penyakit setelah rutin konsumsi wine dan jus ubi ungu psejak 2009

Aktivitas hingga terpapar sinar matahari dalam waktu panjang menyebabkan kulit kekurangan oksigen dan menurunkan hormon elastin serta kolagen. “Kulit jadi mudah kendor dan keriput,” ujar suami Ir Ni Made Wiratni itu. Penuaan merupakan proses alamiah yang pasti terjadi pada setiap orang. Namun, penuaan dapat diperlambat atau dikurangi dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti ubijalar ungu. Pada kasus pengeriputan kulit misalnya, ubijalar ungu mencegah penambahan keriput, bukan menghilangkan keriput.

Baca juga:  Krisan: Rahasia Panen Ganda

Dokter spesialis kulit dan kelamin itu juga menegaskan ubijalar ungu tidak bisa disebut sebagai obat, melainkan suplemen untuk preventif. “Sama seperti vitamin C yang dikenal sebagai sumber antioksidan,” katanya. Proses penuaan dimulai sejak umur 20 tahun, tapi dapat diperlambat sejak dini dengan konsumsi ubijalar ungu. Itu mendorong Wiraguna menyarankan pasiennya yang 80% perempuan untuk mengonsumsi jus ubijalar ungu. “Mereka merasa kulit lebih halus, mulus dan kencang,” katanya.

Antibakteri ubijalar ungu 2,5 kali lipat lebih tinggi daripada blueberry," ujar Prof Dr dr Nurpudji Astuti Daud  MPH SpGK

Antibakteri ubijalar ungu 2,5 kali lipat lebih tinggi daripada blueberry,” ujar Prof Dr dr Nurpudji Astuti Daud MPH SpGK

Perlu uji klinis

Prof Dr dr Wimpie I Pangkahila SpAnd FAACS di Denpasar, Provinsi Bali, juga rutin mengonsumsi ubijalar ungu yang kaya antioksidan. Wimpie I Pangkahila menjelaskan terdapat 550 jenis antioksidan. “Antosianin hanya salah satu jenis antioksidan,” kata Wimpie. Meski begitu faedah antosianin sebagai salah satu jenis antioksidan memang terbukti menghambat penuaan. Selama ini antioksidan umum sebagai suplemen dalam pengobatan untuk mengurangi pengaruh radikal bebas.

Pria kelahiran Bali, 13 Desember 1947 itu menuturkan ubijalar ungu bisa menjadi komoditas unggulan Bali untuk pengobatan spesifik penyakit tertentu dan sebagai suplemen. Wimpie mendukung perlunya uji klinis khasiat ubijalar ungu supaya produk itu aman dikonsumsi. “Tidak ada herbal yang dapat bekerja singkat seperti obat kimia,” kata Wimpie yang menyukai wine ubijalar ungu itu.

Lebih jauh Wimpie menjelaskan perlunya ubijalar ungu dikonsumsi rutin supaya radikal bebas tidak menumpuk. “Antioksidan bukan hanya mengikat radikal bebas, tapi dapat menjaga kestabilan hormon dan mengurangi proses kematian sel sehingga usia fisiologis seseorang bisa terjaga sesuai umurnya,” kata Wimpie yang menyarankan konsumsi jus ubijalar ungu kepada mahasiswanya itu.

“Antosianin hanya salah satu dari 550 jenis antioksidan,” ujar Prof Dr dr Wimpie I Pangkahila SpAnd FAACS

“Antosianin hanya salah satu dari 550 jenis antioksidan,” ujar Prof Dr dr Wimpie I Pangkahila SpAnd FAACS

Adapun dokter ahli gizi klinis dari Universitas Hasanuddin, Prof Dr dr Nurpudji Astuti Daud MPH SpGK, hanya sesekali mengonsumsi ubijalar ungu. Nurpudji Astuti Daud menuturkan bahwa ubi ungu kaya manfaat. Antosianin pada ubi ungu merupakan salah satu antioksidan terbaik. Selain menangkap radikal bebas, antosianin juga berperan mencegah penggumpalan darah yang juga menjadi sumber berbagai penyakit. “Antosianin juga baik sebagai antikanker,” ujar dokter spesialis gizi klinis alumnus Universitas Hasanuddin itu.

Baca juga:  KUDAPAN SEHAT BERBAHAN BAKU UBI JALAR

Menurut Nurpudji dengan konsumsi ubi ungu setiap hari dapat menggantikan suplemen. Jika dibandingkan dengan jenis ubijalar lain, kandungan antioksidan ubi ungu memang lebih tinggi. “Ubi ungu juga kaya betakaroten,” katanya. Betakaroten merupakan sumber vitamin A terbaik untuk mata dan kulit. Selain itu, ubijalar ungu juga mengandung macam-macam mineral dan vitamin lainnya. Bahkan antibakterinya 2,5 kali lebih tinggi dibanding blueberry. Saat ini di Makassar, ubi ungu telah dibuat menjadi makanan bayi siap saji. (Rizky Fadhilah)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *