576_114-116Riak Laut Bali menggoyang-goyangkan bola-bola hitam seukuran 1,5 kali bola basket yang tersebar di lautan. Setiap bola hitam itu dihubungkan dengan seutas tali yang dapat bertahan hingga 7 tahun. Padahal, di bagian bawah keramba di kedalaman 5 meter itu terdapat perhiasan bernilai amat mahal, yakni mutiara. Di lokasi itu PT Cendana Indopearls membudidayakan kerang Pinctada maxima sejak 1992.

Budidaya kerang mutiara memerlukan lingkungan laut yang relatif bersih dari polusi.

Budidaya kerang mutiara memerlukan lingkungan laut yang relatif bersih dari polusi.

Cendana Indopearls mengelola total 5 farm yang tersebar di Rajaampat (Papua Barat) dan Flores, Lembata, serta Alor (Nusa Tenggara Timur). Farm lainnya di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Menurut Joint Store Manager PT Cendana Indopearls, Niluh Ita Ervayani, perusahaannya mengembangkan kerang mutiara P. maxima yang menghasilkan mutiara laut selatan (south sea pearls).

Perusahaan berumur 25 tahun itu rutin memanen 300.000 butir mutiara setiap tahun. Mutiara itu terdiri atas 3 kelas yakni A, B, dan, C. Panen dengan cara mengambil kerang berumur sekitar 4 tahun dari laut, memotong gonadnya, dan mengambil mutiaranya. Artinya kerang tetap hidup. Harga mutiara termurah, yakni kelas C kini mencapai Rp1 juta per butir dan termahal kelas A bisa lebih dari Rp100 juta per butir berdiameter 10—15 cm.

Pantas saja harga mutiara selangit karena untuk menghasilkannya juga sulit dan lama. Untuk mamanen mutiara, PT Cendana Indopearls, memerlukan waktu 4 tahun. Itu bermula ketika kerang berdiameter 12 cm baru berumur 2 tahun. Harap mafhum, pertumbuhannya memang lambat. Pekerja menempatkan kerang siap operasi di bak berukuran 2 m x 2 m dengan air laut mengalir.

Mutiara laut didapatkan setelah 4 tahun budidaya kerang Pinctada maxima.

Mutiara laut didapatkan setelah 4 tahun budidaya kerang Pinctada maxima.

Kerang di bak yang terbuat dari plastik itu berpuasa 12 jam di kedalaman 1 m yang dingin. Kerang berpuasa agar organnya rileks. Petugas lalu mengeluarkan air laut sehingga bak pun kering. Keadaan itu memaksa cangkang kerang terbuka. Itulah saatnya pekerja mengganjal cangkang dengan sepotong kayu agar kerang tetap terbuka. Keruan saja pekerja harus mengambil kerang satu per satu dan meletakkannya kembali di wadah penyimpanan.

Menurut Ita kemampuan seorang pekerja mengganjal kerang mencapai 50 kerang per jam. Setelah itu, teknisi segera menginsersi atau memasukkan nukleus ke tubuh kerang. Harap mafhum kerang hanya bertahan 45 menit tanpa air. Caranya teknisi menentukan posisi gonad kerang, lalu memotong bagian bawahnya, dan meletakkan nukleus. Setelah itu pekerja menaruh jaringan donor berdekatan dengan nukleus.

PT Cendana Indopearls memperoleh nukelus dari Jepang dan Hongkong. Ukurannya 2—2,5 mm. Setiap kerang hanya diisi sebuah nukelus atau bakal inti mutiara itu. Perlu waktu 2 tahun untuk pembentukan mutiara. Total jenderal diperlukan 4 tahun untuk menghasilkan 1 mutiara (Lihat ilustrasi: Budidaya Mutiara). Menurut Ita warna mutiara tidak menurun dari kerang operasi tapi jaringan mantel dari kerang donor.

Laboratorium produsen fitoplankton untuk kerang mutiara milik PT Cendana Indopearls.

Laboratorium produsen fitoplankton untuk kerang mutiara milik PT Cendana Indopearls.

Jika jaringan mantel berwarna putih, maka mutiara yang dihasilkan juga putih. Mutiara akan berwarna emas, kuning, atau krem jika jaringan mantel berkelir emas. Oleh karena itu, kerang mutiara donor mesti bercangkang bagus. Penempatan jaringan donor berdekatan dengan nukleus. Saat panen 2 tahun setelah insersi, pekerja akan mengangkat kerang ke permukaan air. Para pekerja tak mematikan induk kerang.

Baca juga:  Sukses Berkat Teknik Ganda

Mereka hanya memotong gonad dan mengeluarkan mutiara. Lazimnya hanya 1—2 mutiara berkualitas bagus dari 100 kerang. Ciri mutiara bagus yakni berbentuk bulat sempurna dan tanpa cacat. Pekerja akan menginokulasi kerang itu untuk memproduksi mutiara kedua jika mutiara pertamanya bagus. “Penggunaan kerang tidak boleh lebih dari 2 kali karena hewan itu terlalu tua,” kata Ita. Dampaknya kualitas mutiara jelek.

Bak penetasan kerang mutiara di Bali.

Bak penetasan kerang mutiara di Bali.

Selain itu kerang tua juga memiliki kantong mutiara besar dan tidak ada nukleus sebesar itu. Jika mutiara berkualitas jelek, PT Cendana menggunakannya sebagai indukan, melepaskan ke laut, dan memanfaatkan dagingnya untuk makanan laut (seafood). Adapun kulit kerang dapat digunakan sebagai aksesori seperti jepit rambut, ikat pinggang, dan kancing baju. Ita bekerja sama dengan pengelola penangkaran terumbu karang di Pemuteran, Buleleng, Bali, untuk melepas kerang ke laut.

Harapannya hewan tidak bertulang belakang atau invertebrata itu mudah memperoleh makanan dan bisa menempel pada terumbu karang. Pelepasan mutiara ke lokasi terumbu karang mencapai 1.200—1.500 ekor per tahun. Bagus-tidaknya mutiara ditentukan berdasarkan bentuk, ukuran, warna, cahaya, dan kulit mutiara. Dari segi ukuran mutiara laut selatan adalah yang terbesar dibandingkan dengan jenis lainnya.

Joint Store Manager PT Cendana Indopearls, Niluh Ita Ervayani, siap menjelaskan budidaya kerang dari hulu hingga hilir kepada para pengunjung.

Joint Store Manager PT Cendana Indopearls, Niluh Ita Ervayani, siap menjelaskan budidaya kerang dari hulu hingga hilir kepada para pengunjung.

Ukuran mutiara itu 8—20 mm dengan mayoritas ukuran 10—15 mm. Bentuk paling ideal mutiara adalah bulat sempurna. Permukaan mutiara tanpa cacat menjadi idaman. Selesai panen, pekerja membawa semua mutiara ke Denpasar, Bali, untuk dikelompokkan berdasarkan bentuk, ukuran, dan warna. Menurut Ita mutiara kelompok A jarang ditemukan, hanya 1—2 butir dari 100 kerang.

Miss Indonesia 2014 Maria Rahajeng kepincut keindahan mutiara.

Miss Indonesia 2014 Maria Rahajeng kepincut keindahan mutiara.

Harap mafhum perlu lingkungan yang betul-betul bebas polusi dan teknisi terampil untuk menghasilkan mutiara berkualitas prima. Mayoritas mutiara yang dihasilkan tergolong kelompok B. Ita mengatakan tidak semua kerang menghasilkan mutiara. Bisa jadi setelah nuklues dimasukkan, hewan bercangkang itu muntah. Kegagalan pembentukan mutiara bisa juga lantaran teknisi salah memotong gonad. Yang paling parah kerang bisa mati jika teknisi kurang berkonsentrasi saat bekerja.

Baca juga:  Agar Laba Tak Sirna

Saking berharganya mutiara, produk tiruan serupa bermunculan di masyarakat. Mutiara air laut mahal karena memerlukan waktu lama dan terbentuk berkat kemurahan alam. Mutiara itu yang antara lain menghiasi tubuh penyanyi kenamaan Australia, Tina Arena. Pada acara penganugerahan penghargaan insan pertelevisian Australia, 59th Annual Logie Awards 2017, penampilan Tina Arena cukup mencolok pada acara yang berlangsung di Crown Palladium, Melbourne, Australia, itu. Ia mengenakan kalung dan anting mutiara.

Pekerja memanen mutiara dengan memotong gonad kerang.

Pekerja memanen mutiara dengan memotong gonad kerang.

Pesohor lain yang kepincut pesona mutiara perusahaan itu yakni Miss Indonesia 2014 Maria Asteria Sastrayu Rahajeng alias Maria Rahajeng dan peselancar profesional Indonesia asal Bali, Ni Kadek Diah Rahayu Dewi atau Diah Rahayu. Keduanya kini menjadi Atlas Ambassador. Marketing & CSR Coordinator PT Cendana Indopearls, Luluk Ermila, mengatakan perusahaan berdiri sejak 1992. Perusahaan itu memproduksi mutiara dari hulu hingga hilir.

Marketing & CSR Coordinator PT Cendana Indopearls, Luluk Ermila, mengatakan kapasitas produksi mutiara bertambah setiap tahun.

Marketing & CSR Coordinator PT Cendana Indopearls, Luluk Ermila, mengatakan kapasitas produksi mutiara bertambah setiap tahun.

Mulai pembenihan hingga mutiara siap jual atau perhiasan mutiara. Tempat budidaya di 5 lokasi berbeda di Indonesia yakni Bali Utara (Bali), Rajaampat (Papua Barat), serta Flores, Lembata dan Alor (NTT). “Total jenderal terdapat 44 titik koordinat berdiameter 500 meter,” kata Luluk. Kelima tempat itu dipilih karena berlaut bersih dan kaya fitoplankton yang menjadi makanan kerang mutiara.

Kerang mutiara Pinctada maxima menghasilkan mutiara laut selatan yang berukuran rata-rata 10—15 mm.

Kerang mutiara Pinctada maxima menghasilkan mutiara laut selatan yang berukuran rata-rata 10—15 mm.

Luas lokasi budidaya selalu bertambah setiap tahun. Pada 2017 perusahaan yang memperkerjakan sekitar 900 karyawan di semua lokasi budidaya itu memproduksi sekitar 300.000 mutiara. Mayoritas mutiara diekspor ke Australia, Jepang, dan Hongkong. Kalung dan anting mutiara yang digunakan Tina Arena berasal dari perairan Indonesia dan salah satu produk Atlas Pearls and Perfumes Ltd.

Mutiara salah satu perhiasan paling berharga di dunia sejak masa lampau hingga kini.

Mutiara salah satu perhiasan paling berharga di dunia sejak masa lampau hingga kini.

Ita memiliki tip membedakan mutiara asli atau palsu. “Caranya gosokkan mutiara ke gigi. Jika bertekstur kasar seperti berpasir berarti asli. Sementara mutiara palsu bertekstur halus,” kata Ita. Ia pun punya cara jitu menentukan mutiara air laut dan air tawar dengan pembakaran. Ketika dibakar noda hitam seperti jelaga menempel pada mutiara. Jika noda hitam itu hilang saat dicuci, maka itulah mutiara laut. Bila noda hitam tidak hilang berarti mutiara air tawar.

576_ 119Beberapa lokasi budidaya PT Cendana Indopearls terbuka untuk umum. Salah satunya di Desa Penyabangan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Artinya masyarakat dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui cara memproduksi mutiara dapat berkunjung. Ita dan rekan bakal menjelaskan detail proses hulu hingga hilir budidaya kerang mutiara. Pengelola pun mendemonstrasikan operasi pemasukan nukleus ke dalam biota laut itu. Para pengunjung juga dapat membeli aneka perhiasan mutiara. (Riefza Vebriansyah)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d