Edamame Gugah Selera 1
Bakpia edamame perpaduan citarasa manis dan gurih

Bakpia edamame perpaduan citarasa manis dan gurih

Beragam olahan edamame yang lezat.

Gerai itu tak seberapa luas, sekitar dua kali lapangan voli. Suasana gerai milik koperasi karyawan PT Mitratani Dua Tujuh itu senantiasa ramai. Pengunjung hilir mudik memilih beragam produk. Sementara sejumlah pramuniaga sigap melayani permintaan pembeli. Sebagian besar pengunjung memburu satu produk yang menjadi ikon gerai yakni edamame. Beragam olahan edamame seperti edamame beku, mukimame krispi, bakpia, dan susu tersedia di sana.

Butuh 3 kg mukimame segar untuk hasilkan 1 kg mukimame krispi

Butuh 3 kg mukimame segar untuk hasilkan 1 kg mukimame krispi

Ketua koperasi, Haryanto, menuturkan setidaknya 300 kg edamame beku, 15 bungkus bakpia, 100 bungkus mukimame krispi, dan 200 botol susu terjual dalam sehari. “Edamame beku paling banyak diminati sebab membawa cita rasa khas,” ujarnya. Terdapat dua varian produk beku itu, premium dan deluxe dengan dua tipe rasa, asin dan orisinal. Koperasi membanderol varian premium Rp17.000, sedangkan deluxe Rp13.000 per 500 gram.

Tanpa Pengawet
Pengunjung memilih camilan itu sebagai buah tangan atau disantap bersama keluarga. Gerai yang berdiri sejak 2012 itu mendapat pasokan olahan Glycine max dari produsen langganan di Kota Jember. Bakpia, misalnya, bikinan Rolina sejak 2014. Perempuan 49 tahun itu menuturkan semula hanya coba-coba membuat bakpia edamame. “Awalnya hanya 3 kg polong saja yang diolah untuk melihat selera pasar,” ujarnya.

Produk olahan edamame di gerai yang dikelola oleh koperasi karyawan PT Mitratani Dua Tujuh

Produk olahan edamame di gerai yang dikelola oleh koperasi karyawan PT Mitratani Dua Tujuh

Ternyata antusiasme konsumen sangat menggembirakan. Lazimya bakpia berisi kacang hijau lepas kulit. Rolina menggantinya dengan pasta edamame. Untuk membangkitkan selera, ia menambahkan ekstrak pandan sebagai penguat aroma. Bakpia edamame itu bertekstur empuk dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Rolina menjual satu pak berisi 10 keping bakpia Rp15.000.

Baca juga:  Kampiun Kediri

Ia memperoleh bahan baku edamame dari PT Mitratani Dua Tujuh, pioner pengembangan kedelai besar khas Jepang. Produksinya 140 pak setara 1.400 keping bakpia per pekan yang menghabiskan 30 kg edamame sebagai pengisi bakpia. Cara membuatnya cukup mudah. Langkah pertama, Rolina menghaluskan polong edamame hingga berbentuk tepung menggunakan mesin giling. Selanjutnya, ia menyangrai tepung itu bersama gula pasir dengan perbandingan 2 : 1 sampai menjadi pasta.

Susu edamame lebih nikmat saat dikonsumsi dingin

Susu edamame lebih nikmat saat dikonsumsi dingin

Untuk membuat kulit bakpia, Rolina mencampur rata tepung terigu, kuning telur, garam, gula halus, margarin, dan minyak sayur. Adonan kulit bakpia yang sudah siap lantas diisi dengan pasta edamame dan dipanggang. “Masa simpan bakpia hanya 2 pekan sebab tanpa bahan pengawat,” ujar Rolina. Pemilik toko roti Said’s itu juga melayani pesanan cake edamame untuk hajatan pernikahan atau pameran kuliner.

Susu
Produk lain, mukimame—nama lain polong edamame—krispi hasil kreasi Taryanto. Anggota koperasi itu mengeringkan mukimame menggunakan mesin selama 15 menit. Selanjutnya ia menggoreng bahan utama itu menggunakan penggoreng hampa udara selama satu jam. Setiap 3 kg bahan segar menghasilkan 1 kg mukimame kering. Ia lantas mengemas produk garing itu dalam aluminium foil sehingga mukimame renyah dan nikmat.

Rolina mengolah edamame menjadi bakpia dan cake

Rolina mengolah edamame menjadi bakpia dan cake

“Saya tidak perlu menambah penguat rasa sebab edamame sudah memiliki rasa dan aroma khas,” ujarnya. Olahan lain berbahan edamame yang tak kalah lezat adalah susu mukimame kreasi Anik Nafiah. Animo pengunjung outlet begitu besar pada minuman sari mukimame itu. “Segar dan tanpa rasa langu,” ujar seorang pembeli. Anik menghaluskan mukimame, menyaring ampas, lalu merebus sarinya bersama gula pasir hingga mendidih.

Pengunjung lebih menyukai edamame beku sebab memiliki citarasa khas

Pengunjung lebih menyukai edamame beku sebab memiliki citarasa khas

Anik mendinginkan sari edamame yang mendidih dan mengemas dalam botol. Ia membanderol sebotol susu bervolume 330 ml Rp5.500. Menurut Soyfoods Association of North America edamame kaya nutrisi. Dalam setengah gelas air rebusan edamame mengandung 127 kalori, 10 gram karbohidrat, 11 gram protein, 0 mg kolesterol, 6 gram lemak total, 4 gram serat pangan, 130 mg kalsium, 485 mg kalium, 142 mg fosfor, dan 49 mg isoflavon.

Baca juga:  Elok Jarak Negeri Siam

Isoflavon merupakan antioksidan yang berperan mengurangi risiko kanker dan gangguan jantung. Beragam olahan itu kian memperluas pasar edamame yang selama ini hanya dinikmati segar setelah perebusan atau pengukusan. Namun, dua tahun terakhir olahan edamame sangat beragam. Edamame memang layak konsumsi sebagai panganan sehat. Itu sekaligus membuka pasar kedelai besar. (Andari Titisari)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *