Rimpang temugiring

Rimpang temugiring

Rekan saya menderita diabetes mellitus sejak 2009. Pada September 2013, kakinya terluka besar dan selama 2 bulan berikutnya luka itu belum sembuh. Luka kaki itu membengkak, mengeluarkan nanah, dan menghitam. Pengecekan kadar gula 470 mg/dl, kini turun 370 mg/dl setelah rajin mengonsumsi rebusan brotowali. Apakah ada herbal lain untuk menyembuhkan diabetes?

WR Retno Palupi
Kompleks Bukit Hibul, Desa Nangabulik, Lamandau, Kalimantan Tengah

dr Sidi Aritjahja

Penyembuhan luka penderita diabetes biasanya berlangsung cukup lama Hal itu terjadi karena aliran darah dan sistem imun penderita tidak berjalan baik. Gula dalam darah merupakan media tumbuh bagi bakteri. Berikut resep mengatasinya.

RESEP

Bahan:

  • Rimpang temugiring Curcuma heyneana 5 gram
  • Rimpang kunci pepet Kaemferia rotunda 1,5 gram
  • Biji adas Foeniculum vulgare 1,5 gram
  • Biji jintan hitam Nigella sativa 5 gram
  • Daun sembung Blumea balsamifera 1,5 gram
  • Daun salam Syzygium polyanthum 1,5 gram

Cara membuat

Rebus semua bahan dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Minum hasil rebusan antara pukul 19.00—20.00. Konsumsi ramuan selama 12—18 bulan. Ganti bahan tiap kali membuat. Kontrol gula darah secara rutin ke laboratorium sebulan sekali (gula darah sebelum dan sesudah puasa). Kontrol pula HbA1c atau glikohemoglobin setiap 3 bulan sekali untuk mengetahui perkembangan kondisi pankreas. Hindari konsumsi gula, durian, nangka, sawo, dan kecap.***

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d