Daun Moringa Mengatasi Kista Payudara

Daun Moringa Mengatasi Kista Payudara 1

Daun moringa memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh salah satunya adalah membantu mengatasi kista payudara.

Hanya dalam 3 bulan, titik merah berubah menjadi benjolan seukuran kelereng. Mengetahui benjolan di payudara kanan, keruan saja Rossa Suryani—bukan nama sebenarnya—gelisah. Dokter yang memeriksa perempuan 50 tahun itu mendiagnosis kista payudara.

Untuk mengatasi kista payudara itu, ahli medis menyarankan operasi. Namun, Rossa menolak saran dokter. Sebab, rekannya yang mengidap kista payudara dan sudah menjalani operasi, ternyata tak kunjung sembuh.

Perempuan asal Kota Surabaya, Jawa Timur, itu berharap keajaiban, kistanya mengempis. Faktanya tanpa operasi kista itu membesar.

Tiga bulan berselang hasil ultrasonografi menunjukkan diameter kista mencapai 1,5 cm; sebelumnya 1 cm. Ia memang memeriksakan ulang kista itu di sebuah rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur. Tak hanya satu noktah kecil yang ditemukan di payudara, titik merah itu pun ditemukan di ketiak sebelah kanan.

Daun moringa / kelor

Usai pemeriksaan dokter kembali menyarankan Rossa untuk menjalani operasi. Kista merupakan kantong atau rongga tertutup berlapis epitel dan berisi cairan encer, kental, atau setengah padat. Kelainan itu terdapat di berbagai bagian tubuh. Itulah sebabnya penyebutan kista mengacu pada lokasi organ tubuh.

“Bila kista ada di ovarium disebut kista ovarium, jika di ketiak disebut kista aksial, jika di payudara disebut kista mamae,” kata dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr. Kerry Ramlan Kartosen, Sp.OG.

Konsumsi seduhan daun moringa 2 kali sehari dapat menghilangkan kista di payudara.

Konsumsi seduhan daun moringa 2 kali sehari dapat menghilangkan kista di payudara.

Sampai kini penyebab kista belum diketahui. ”Menurut penelitian, dugaan sementara karena faktor genetik. Bila orangtuanya ada kista atau tumor, kemungkinan ia terserang kista,” kata Kerry.

Ada pula yang menyebutkan penyebab kista beragam seperti bawaan sejak lahir, perkembangan embriologik yang tidak normal, dan tersumbatnya saluran keluar sebuah kelenjar. “Sumbatan kolesterol pada saluran tertentu menyebabkan sel-sel tumor tumbuh di tempat itu,” kata Kerry.

Baca juga:  Bogor organic fair & family farming 2014

Menurut dr. Kerry, dokter di Rumah Sakit Siti Hajar, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, itu kista payudara biasanya berasal dari penyumbatan pada ductus atau saluran yang berada di kelenjar susu. Mutasi sel juga memicu kista.

Kista lain dapat berbentuk tumor yang cukup besar, dan terdiri atas sel yang berbentuk lendir atau mukus. Lendir tersebut agak berbeda dengan cairan kista di rahim yang lebih cair atau disebut serous.

Dokter alumnus Universitas Airlangga itu mengatakan, gejala kista tidak tampak pada fisik seseorang. Pada umumnya gejala itu berupa nyeri dengan denyutan yang terasa amat sakit dan membuat lemas mendadak. Di tengah kegalauan itu, suami Rossa, menyarankan untuk mengonsumsi daun moringa.

Masyarakat menyebut daun kelor atau Moringa oleifera. Untuk mengatasi gangguan kesehatan itu, Rossa menerima saran seorang kawan, Ani Tjong, untuk mengonsumsi daun moringa.

Ia memilih daun moringa untuk mengatasi kista payudara lantaran memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Selain itu jika harus mengolah sendiri, ia pun sulit memperoleh bahan baku. Di pasaran sejatinya tersedia serbuk moringa siap konsumsi. Serbuk itu hasil produksi yang higienis.

Hingga kini masih sedikit petani di Indonesia yang mengetahui manfaatnya sekaligus membudidayakan tanaman tahunan itu secara serius. Padahal, moringa mudah tumbuh dan berkembang, meski di lahan marginal sekali pun.

Kista Menghilang

Rossa menyeduh daun moringa dalam kemasan mirip teh celup. Caranya persis menyeduh teh, ia menuangkan air panas yang baru mendidih ke dalam cangkir dan memasukkan daun moringa kemasan. Seketika air berubah menjadi kecokelatan. Perempuan setengah abad itu membiarkan seduhan beberapa saat. Ketika air seduhan hangat, ia meminumnya perlahan. Dosis konsumsi secangkir dua kali sehari pada pagi dan sore.

Sayur daun moringa meningkatkan nutrisi dan zat gizi, serta menambah kebugaran tubuh.

Sayur daun moringa meningkatkan nutrisi dan zat gizi, serta menambah kebugaran tubuh.

Selain konsumsi seduhan, Rossa juga mengambil daun segar sebagai bahan sayuran. Ia kerap mengolah daun anggota famili Moringaceae itu menjadi sayuran bening dengan mencampurkan jagung manis Zea mays saccharata atau buah oyong Luffa acutangula.

Baca juga:  Tin Penghancur Batu Ginjal

Setelah konsumsi makanan dan minuman berbahan dasar moringa itu selama setahun, Rossa merasakan banyak perubahan yang berarti. Rasa mual mulai berkurang, rasa nyeri di perut dan badan perlahan hilang.

Itulah sebabnya ia disiplin mengonsumsi seduhan dan sayuran moringa. Walau merasa kondisi membaik Rossa melanjutkan konsumsi moringa hingga saat ini. Pada Februari 2018, Rossa kembali memeriksakan diri ke rumah sakit di Surabaya, tempat pemeriksaan kali pertama. Hasil pemeriksaan, kista itu telah hilang. Bahkan tidak ada bintik merah kecil yang bersarang di payudara maupun ketiak yang dulu terasa bulat bila diraba.

“Kelor tidak seratus persen menyembuhkan penyakit. Namun, kelor dapat memperbaiki nutrisi yang diperlukan oleh sel-sel tubuh yang sakit. Hal itulah yang dapat membantu menyembuhkan penyakit yang dialami Rossa,” ujar Ani Tjong. Ketika bertemu Trubus pada April 2018, Rossa tampak bugar. Daun moringa yang selama ini dipandang sebelah mata itu, membantu mengatasi kista payudara.

Daftar Hitam Makanan

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah kista atau mencegah kista menyebar ke bagian tubuh lain, langkah bijak. Menurut dokter spesialis kandungan dan kebidanan, dr. Kerry Ramlan Kartosen, Sp.OG, pengidap kista harus menghindari makanan-makanan yang dibakar, diberi alas logam, langsung dibakar tanpa diberi minyak karena makanan itu mengandung zat karsinogen alias pemicu kanker.

Penderita kista harus menghindari makanan yang dibakar seperti satai.

Penderita kista harus menghindari makanan yang dibakar seperti satai.

Makanan yang banyak mengandung hormon dan kolesterol—makanan cepat saji kaya hormon estrogen—memicu kista endometriosis. Begitu pula kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung radikal bebas. Dampaknya menurunkan antioksidan dalam tubuh sehingga imunitas berkurang.

Penderita kista sebaiknya menghindari makanan yang dibakar dan diberi alas logam. Semua makanan itu mengandung zat karsinogen alias pemicu kanker.

Selain itu pengidap kista juga harus menghindari makanan hasil peragian atau jamur karena merangsang neufas polarisasi atau pembuluh darah. Oleh karena itu, pengidap kista konsumsi sayuran yang kaya akan zat besi. Beberapa sayuran yang kaya zat besi adalah bayam yang mengandung 7,6 mg, kangkung (1,7 mg), daun singkong (2 mg), dan sawi yang mengandung 1,9 mg.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags: