Datang Pupia Sirna Vertigo

Gac fruit alias pupia terbukti empiris meredakan vertigo.

Gac fruit alias pupia terbukti empiris mengatasi vertigo.

Gac fruit alias pupia terbukti empiris mengatasi vertigo.

Mei mestinya menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu Bernadette Leonita. Pada bulan kelima dalam kalender Masehi itulah Leoni—sapaan akrab Bernadette Leonita—berulang tahun. Lazimnya ia dan rekan kerap makan siang bersama untuk memperingati hari lahir Leoni. Namun, pada Mei 2015 Leoni berencana meniadakan perayaan ulang tahunnya. Alasannya, “Kepala saya terasa sangat pusing sejak awal bulan,” kata Leoni. Akibatnya sangat mengganggu aktivitas Leoni seperti tak mampu mempersiapkan sarapan untuk keluarga. Ia segera duduk untuk mengurangi pusing. Bahkan “Saya pernah muntah karena saking pusingnya,” kata warga Tangerang Selatan, Provinsi Banten, itu. Pusing pernah menyerang saat ia turun dari mobil di parkiran menuju ruangannya.

Positif vertigo

Pupia termasuk buah berantioksidan tinggi.

Pupia termasuk buah berantioksidan tinggi.

Saat itu Leoni terpaksa berjalan pelan agar tidak terjatuh. Leoni merasakan lingkungan sekitar terasa bergelombang dan berputar. “Terasa melayang. Kalau jalan seakan tidak menepak ke tanah,” kata perempuan 52 tahun itu. Sejatinya keluhan itu ia rasakan sejak akhir April 2015. Semula ia menganggap itu pusing biasa. Leoni pun menenggak obat warung untuk meredakan gejala itu.

Sayangnya, pusing masih terasa. Tiga hari berselang ia pun memeriksakan diri ke dokter terdekat. Dokter yang memeriksa mendiagnosis Leoni terkena anemia. Dokter juga menduga penyebab pusing karena ia kurang tidur. Ia mendapat obat pusing dan peningkat zat besi serta vitamin. Namun, kesembuhan tak kunjung datang. Kurang lebih 4 kali ia bolak-balik berobat ke dokter yang sama.
Hasilnya masih nol besar. Belum ada perubahan berarti. Leoni lantas berkonsultasi dengan ahli saraf di sebuah rumahsakit di Jakarta Barat. Dokter ahli saraf meminta Leoni berjalan mengikuti garis lurus. “Jalan saya malah bengkok keluar garis lurus,” kata ibu 3 anak itu. Atas dasar itulah dokter mendiagnosis Leoni mengidap vertigo. Dokter ahli saraf dari Rumahsakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, dr Hardhi Pranata SpS MARS, vertigo berasal dari bahasa Yunani vertere yang artinya sensasi berputar atau melayang.

Produk minuman berbahan pupia di Thailand.

Produk minuman berbahan pupia di Thailand.

Seseorang dikatakan vertigo jika dirinya merasa berputar secara terus-menerus atau kambuhan. Faktor penyebab vertigo antara lain kelainan telinga seperti penyakit meniere, sklerosis telinga, radang vestibulum, dan Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Penyebab vertigo lainnya yakni stroke, trauma kepala, tumor otak, kelainan tulang leher, kelainan irama jantung, hipotensi, anemia, hipoglikemia, kencing manis, fobia, serta efek samping obat seperti obat penenang dan antihipertensi.

 

 

 

Antioksidan
Gejala vertigo yakni rasa berputar, melayang, mual, dan muntah. Vertigo bisa jadi bagian dari penyakit lain seperti tumor otak, stroke, parkinson, dan gangguan jantung. Menurut Hardhi vertigo lebih sering dijumpai pada perempuan karena faktor fisik seperti tekanan darah, anemia, dan kurang olahraga. “Vertigo bisa disembuhkan jika penyebabnya diketahui dengan pemeriksaan teliti oleh ahli penyakit saraf,” kata Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI) itu.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x