Datang, Kontes, dan Menang

Datang, Kontes, dan Menang 1
Megatron,  meraih young champion dan best in show

Megatron, meraih young champion dan best in show

Megatron meraih young champion dan best in show. Prestasi besar untuk pendatang baru.

Nama Megatron nyaris tak pernah terdengar di kontes lou han. Harap mafhum cinhua sepanjang 23 cm itu baru sekali tampil di lomba adu cantik lou han, pada November 2013 di Jakarta. Itu pun ia hanya menempati 5 besar di kategori cinhua B. Namun, prestasi itu berbalik 2 bulan kemudian pada Januari 2014. Keelokan Megatron mampu memikat juri. “Penampilannya impresif dengan stamina yang stabil dari awal sampai akhir lomba,” kata Miat Talim, juri asal Jakarta. Pantas bila 2 dari 3 juri sepakat menobatkannya meraih young champion dan best in show.

Menurut Arvin Kurniawan, sang empunya, Megatron rutin berlatih bersama seekor lou han betina di akuarium 60 cm x 60 cm selama 10—15 menit. “Ia akan mengejar betina. Itu bentuk latihan stamina,” ujar pehobi dari Jakarta itu. Supaya staminanya tidak lekas drop Arvin memberi 3 jenis pelet, salah satunya mengandung spirulina.  “Diberi 2 kali sehari masing-masing sebanyak 3—5 butir,” ujar pria 33 tahun itu. Pria yang bekerja di bidang teknologi informasi itu  juga memberikan 1 balok cacing beku berukuran 3 cm3. Interval pemberian cacing beku setiap 2 hari. Arvin memberikan vitamin setiap pekan pada lou han yang dibelinya dari Thailand pada Agustus 2013 itu.

 

Wajah cantik Optimus Prime menarik perhatian ketiga juri untuk menobatkannya menjadi baby champion

Wajah cantik Optimus Prime menarik perhatian ketiga juri untuk menobatkannya menjadi baby champion

Thailand

Lomba adu cantik-cantikan lou han di pertengahan Januari 2014 di Hyperpoint Pasteur Bandung, Jawa Barat, yang diikuti 111 ikan itu juga menobatkan Optimus Prime menjadi baby champion. Lou han tangkaran asal Thailand itu memang bermental juara. “Tidak terlihat stres sama sekali,” ujar Miat. Padahal, umumnya ikan kecil mudah drop terutama bila posisi di akuarium bawah seperti dialami Optimus. Optimus yang dibeli lebih dari Rp3-juta itu memang jarang stres. Fauzi Almer, sang empunya selalu memberikan 5—7 pelet 3 kali sehari. Fauzi menggunakan 3 jenis pelet yang pemberiannya diselang-seling.

Baca juga:  Berkebun di Atas Sungai

Agus Triono, juri asal Surakarta, Jawa Tengah, menuturkan jumlah kontestan di kelas C yang diikuti Optimus memang berjalan tidak ketat. “Banyak peternak kesulitan menghadirkan lou han di kelas itu karena saat ini terkendala cuaca saat menangkarkan,” ujar Elmer Esco, peternak lou han di bilangan Cihampelas, Bandung. Sebab itu pula untuk kontes banyak pehobi justru mengimpor ikan dari Thailand dan Malaysia. “Kehadiran lou han impor bisa menjadi perbaikan kualitas anakan yang ada,” ujar Elmer.

Kyodo Yoshi, milik Guruh Suradji menyabet juara I di kelas free marking B

Kyodo Yoshi, milik Guruh Suradji menyabet juara I di kelas free marking B

Pehobi baru lou han memang bermunculan di kontes yang mempertandingkan 9 kelas itu. Arvin dan Fauzi hanya contoh pehobi baru yang bisa menggapai prestasi besar. “Fauzi baru memelihara lou han sejak November 2013. Kemenangan Optimus, sang lou han, memang menjadi kejutan sekaligus hadiah bagi ulang tahunnya yang jatuh tepat pada hari lomba itu berakhir. “Ini hadiah terindah bagi saya,” katanya. Kehadiran pehobi baru itu menurut Hatta Gunawan, pehobi di Jakarta, bakal menyemarakkan dunia lou han tanah air. “Kualitas ikan semakin meningkat karena mereka akan mencari ikan terbaik,” ujarnya.

Pada kontes lou han itu juga diperkenalkan sistem baru. Pemilihan 10 besar, misalnya,   mulai diterapkan. Hal itu sebagai bentuk apresiasi kepada peserta. “Kita juga dapat mengukur kualitas pesaing,” ujar Hatta. Menurut Jimmy, panitia kontes, peraturan baru itu membuat penilaian lebih rinci dan akurat. “Jadi lou han yang menang memang pantas menjadi juara,” ujar Jimmy. (Rizky Fadhilah)

531_Hal_125_4

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x