Cincau Hadir Mag Menyingkir 1
Gel cincau hijau dan hitam banyak beredar di pasaran, sebagai penghilang dahaga sekaligus berkhasiat untuk kesehatan

Gel cincau hijau dan hitam banyak beredar di pasaran, sebagai penghilang dahaga sekaligus berkhasiat untuk kesehatan

Daun cincau dapat menetralisir kelebihan asam lambung pemicu mag.

Medio 2012 Febri Oktavianti pingsan di kantor. Itu puncak derita mag yang dialami sejak remaja. Gejalanya perut perih, kembung, dan mual. Jika gejala mag itu datang ia hanya bisa diam menahan rasa sakit. Biang kerok mag yang diderita Febri karena pola makan tidak teratur dan stres. Febri jarang sarapan lantaran buru-buru berangkat kerja agar tidak telat. “Saya tidak sempat makan. Paling hanya minum segelas air putih,” ujarnya. Makan malam di rumah pun berulang-ulang terlambat karena Febri tiba di rumah di atas pukul 20.00.

Saat banyak beban kerja dan stres datang mag Febri semakin parah hingga berujung mual dan muntah disertai keluar keringat dingin dan pusing. Saat muntah pun hanya keluar cairan karena tidak ada makanan yang masuk sebelumnya. Untuk mengatasi derita itu perempuan 34 tahun itu mengonsumsi obat mag yang dosisnya semakin tinggi karena tidak mampu mengurangi rasa sakit. “Saya bisa minum sampai 2 butir obat sekali minum,” ujar ibu satu anak itu.

Daun cincau mengandung klorofil yang berfungsi sebagai zat antioksidan, antiperadangan, dan antikanker

Daun cincau mengandung klorofil yang berfungsi sebagai zat antioksidan, antiperadangan, dan antikanker

Tukak lambung

Paska pingsan di kantor Febri memutuskan pindah lokasi kerja ke dekat tempat tinggal. Menurut Febri sejak pindah  itu ia mulai membiasakan diri sarapan, supaya perutnya tidak kosong. Namun, seringkali justru ia melewatkan makan siang karena kesibukan bekerja. Jika sudah begitu mag datang kembali yang membuatnya berkali-kali bolos bekerja. Khawatir kondisinya semakin parah, Febri pun memeriksakan diri ke dokter. Dokter mendiagnosa ia menderita tukak lambung alias mag.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam Rumahsakit Siloam, Surabaya, Prof Dr dr Hernomo O Kusumobroto SpPD-KGEH, gangguan di lambung dapat berupa gastritis dan tukak lambung atau koreng lambung. Yang disebut terakhir terjadi bila terdapat luka. Pola makan tidak teratur seperti dilakukan Febri memang menjadi salah satu pemicu tukak lambung.

Baca juga:  Hibiskus Musuh Tifus

“Saat lapar, otak akan mengeluarkan perintah kepada lambung untuk mensekresi atau mengeluarkan asam lambung,” kata Hernomo. Namun saat ternyata tidak ada makanan di lambung, asam lambung pun tidak terpakai dan menjadi berlebihan di lambung. Kondisi itu menyebabkan erosi di dinding lambung yang ditandai rasa perih dan mual. Bila dibiarkan lama-kelamaan menjadi luka.

Dokter menyarankan Febri lebih banyak mengudap biskuit atau makanan ringan lainnya. “Saya selalu berbekal roti di tas,” ujar alumnus Universitas Pasundan, Bandung, itu. Farmakolog dari Sekolah Farmasi, Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat, Prof Dr Andreanus A Soemardji DEA Apt, menjelaskan faktor stres juga memicu tukak lambung. “Pikiran tegang menyebabkan antibodi tubuh tidak bekerja optimal,” kata Andreanus. Dampaknya bila bibit penyakit masuk, tubuh tak mampu melawan.

Daun cincau

Bosan mengonsumsi obat-obat mag, Febri mulai menelusuri pengobatan tradisional. Dari peneIusuran di dunia maya, ia memperoleh informasi bila daun cincau mampu membantu mengatasi masalah pencernaan. “Saya langsung mencoba apalagi nenek saya menanam pohon cincau hijau di pekarangan rumahnya,” kata kolektor pernak-pernik batik itu. Setiap pagi dan malam hari Febri rutin menumbuk 50 gram setara 10 lembar daun cincau hijau dan dicampur dengan gula merah. Ia lalu menambahkan 1,5 gelas air matang dan mendiamkan campuran itu sampai berbentuk mirip jeli. “Itu yang saya makan,” katanya. Jika tak sempat membuat, Febri membeli cincau siap konsumsi di pasar swalayan.

 “Obat lambung dalam bentuk gel lebih efektif,” ujar Prof Dr Andreanus Soemardji DEA Apt

“Obat lambung dalam bentuk gel lebih efektif,” ujar Prof Dr Andreanus Soemardji DEA Apt

Seminggu konsumsi jeli cincau keluhan sakit di perut yang biasa muncul saat telat makan hilang. Tak ingin penyakitnya datang lagi, Febri tetap menjaga pola makan dan mengikuti latihan manajemen stres. Kebiasaannya mengonsumsi jeli cincau ia turunkan pada anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar, Naufal Muharam. “Kadang saya campurkan dengan es krim,” ujarnya. Jeli cincau menjadi hidangan wajib bagi keluarga Febri sejak itu.

Baca juga:  Emas dan Perak

Khasiat daun cincau untuk memperbaiki penyakit pencernaan sejalan dengan riset Prof Dr Andreanus A Soemardji DEA Apt pada 2011. Penelitian itu membuktikan bila daun cincau hijau Cyclea barbata miere menekan 60% gejala tukak lambung. Berdasarkan penelitian tersebut, dosis 375 mg/kg bobot tubuh adalah dosis efektif mengobati ulkus peptikum—nama lain tukak lambung. “Sediaan bentuk gel sangat baik untuk pengobatan lambung,” ujar Andreanus.

Lebih lanjut Andreanus menjelaskan bahwa obat lambung lebih efektif bekerja bila diminum sebelum makan. Obat akan terlebih dahulu melapisi dan melindungi lambung. Riset Qathrunnada Djaman dari Universitas Diponegoro, Semarang, pada 2008 juga membuktikan bahwa air perasan daun cincau hijau dapat melindungi mukosa lambung tikus terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh ASA (Asetylsalicylic acid).

“Cincau perdu banyak diburu penderita kanker,” ujar Yuyun Malihah, produsen daun cincau

“Cincau perdu banyak diburu penderita kanker,” ujar Yuyun Malihah, produsen daun cincau

Menurut Yuyun Malihah, produsen cincau di Bandung, Jawa Barat, terdapat 4 jenis cincau yang dikenal masyarakat, yaitu cincau hijau, cincau hitam Mesona palustris, cincau minyak Stephania hermandifolia, dan cincau perdu Premna serratifolia. Keempatnya masing-masing memiliki khasiat berbeda. Cincau perdu misalnya, dipercaya mampu mencegah metastasis atau penyebaran kanker. “Banyak pembeli saya mencari mencari cincau perdu untuk pengobatan kanker,” kata Yuyun.

Yuyun menuturkan setiap pekan ia bisa menjual 20—30 paket daun cincau perdu sebagai bahan herbal dengan harga Rp30.000 per plastik. Satu paket daun cincau berisi 250 gram camcauh—sebutan lain cincau di Sunda—bisa dikonsumsi selama 7—10 hari. “Konsumsi terbaik adalah gel cincau sebanyak 2 kali sehari, pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur,” ujarnya. Febri sudah membuktikan konsumsi jeli cincau hijau bikin tukak lambung menyingkir. (Rizky Fadhilah)

532_114Lambung secara terpola memproduksi asam lambung untuk mencerna makanan agar bisa diserap tubuh. Ketika tidak ada makanan yang masuk ke lambung, asam lambung menjadi tidak terpakai. Akibatnya terjadi kelebihan asam lambung yang menyebabkan erosi pada dinding lambung

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *