Cepat Pisahkan Fuli dan Biji 1
Biji pala terlindung oleh kulit buah, daging buah, dan fuli

Biji pala terlindung oleh kulit buah, daging buah, dan fuli

Lebih cepat 2,5 jam untuk memisahkan biji dan fuli dengan mesin.

Ini yang terjadi setiap pagi di kediaman Hj Yayah Juariah, penyuling minyak pala di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Empat pekerja duduk menghadapi setumpuk biji pala setengah kering yang terbungkus salut – kulit ari pembungkus biji. Setiap pekerja memegang jeruji kawat berbingkai kayu, seukuran pemarut kelapa rumahtangga. Jeruji kawat itu modal mereka memisahkan fuli – nama lain salut bij – dari biji pala. Satu per satu biji mereka gosokkan ke jeruji tajam itu. Fuli terkoyak dan mudah dipisahkan dari biji.

Meski menjadi pekerjaan sehari-hari, tak urung jeruji tajam itu mengoyak kulit tangan pekerja. Tekstur liat menjadikan fuli tidak koyak hanya dengan 1 – 2 kali menggosok. Pekerja harus menekan biji kuat-kuat ke permukaan jeruji lalu menggosokkannya. “Perlu hampir 10 menit hanya untuk mengupas 1 biji,” kata Yayah. Keempat orang itu hanya mampu memisahkan 30 kg biji dalam sejam. Efeknya biaya kupas tinggi. Pemisahan sekuintal biji dengan fuli memerlukan biaya Rp16.300.

Fuli mengandung minyak asiri berkualitas tinggi

Fuli mengandung minyak asiri berkualitas tinggi

Tutup 10 kg

Kesulitan Yayah berakhir sejak 2013. Musababnya, Rizky Bhekti Ayu, Aris Adhi, Yogi Akbar, Rahmawati – kelimanya saat itu Departemen Teknik Mesin Biosistem Institut Pertanian Bogor – pengupas sederhana berjuluk separator. Alat sederhana itu berpenggerak motor listrik berdaya 1.600 w sehingga hanya memerlukan seorang operator. Tugas operator sekadar memasukkan biji pala ke dalam alat, menjalankan pengupas, lalu mengambil biji bebas fuli. Pekerjaan berat menggosok-gosokkan biji ke jaring pengupas digantikan oleh mesin.

Prinsip kerja arillus separator sederhana. Biji pala berfuli diletakkan meja kupas berukuran 60 cm x 150 cm. Setiap proses meja itu mampu menampung 10 – 15 kg biji, tergantung ukuran biji. Tutup meja kupas seberat 10 kg menindih biji-biji di meja kupas. Bagian dasar meja kupas terbuat dari jeruji kawat yang lazim digunakan untuk kandang unggas. Jeruji itu diperkuat oleh rangka besi yang disambung ke rangka utama.

Baca juga:  Gula Nontebu Merintis Pasar

Semula Rizky dan rekan-rekan mendesain alat dengan engkol penggerak. Oleh karena itu perlu penggerak yang berotot untuk menggerakkan tutup seberat 10 kg. “Begitu dicoba, tidak ada yang mampu mengengkol saking beratnya,” tutur Dr Lenny Saulia STP MSi, dosen pembimbing Rizky dan rekan. Akhirnya mereka mengganti engkol itu dengan motor listrik 3 fasa berdaya 1.600 w, yang menghasilkan kekuatan setara 2 tenaga kuda. Bandingkan dengan daya motor pompa air rumahtangga, 100 – 350 w.

Transmisi 3 tingkat memperlambat putaran tetapi meningkatkan tenaga motor. Sebuah roda penerus (flywheel) bergaris tengah 35 cm di akhir transmisi tersambung dengan batang penggerak sepanjang 1 m. Ujung lain batang penggerak terikat di penutup meja kupas. Batang penggerak mengubah putaran roda penerus menjadi gerakan maju-mundur tutup meja kupas.

Untuk memisahkan fuli dari biji pala, operator membuka tutup meja kupas seperti membuka kap mobil. Ia lantas memasukkan biji pala berfuli ke meja kupas, menutup, lalu menyalakan motor. Bagian bawah tutup meja kupas, yang bersentuhan dengan biji, berlapis karet untuk “mencengkeram” fuli. Saat tutup meja kupas bergerak oleh putaran motor, biji pala seolah terjepit dan tergosok. Fuli pun terkoyak dan jatuh ke lantai lewat lubang jeruji kawat. Dalam 5 – 10 menit, biji terkupas tuntas tanpa fuli.

Pemisahan fuli dan biji lazimnya dilakukan secara manual

Pemisahan fuli dan biji lazimnya dilakukan secara manual

Biaya berkurang

Arillus separator mampu mengupas 60 kg pala berfuli per jam. Pemrosesan sekuintal pala pun tidak sampai 2 jam. “Pengupasan lebih cepat kalau biji pala disortir sehingga ukurannya seragam,” kata Rizky. Bagian bawah tutup meja kupas yang rata menyebabkan biji berukuran lebih kecil memerlukan waktu lebih lama sampai terkupas sempurna.

Baca juga:  Hama Hibiskus

Penyuling minyak tidak membiarkan fuli terbuang percuma. Maklum, bagian itu tidak kalah bernilai daripada biji. Kulit pelindung biji Myristica fragrans itu menyimpan minyak asiri. Menurut RA Eti, pengusaha minyak asiri di Cempakaputih, Jakarta Pusat, harga minyak asiri pala cenderung meningkat. Permulaan 2014 harga minyak asiri pala Rp1-juta per kg. Musababnya, nutmeg oil itu dimaui banyak pihak sementara pasokan terbatas.

Biaya pembuatan arillus separator tidak sampai Rp4-juta. Namun, dengan masa pakai hingga 5 tahun lebih, harga itu menjadi sangat murah. “Bagian yang cepat rusak dan sering diganti adalah jeruji meja kupas dan lapisan karet di bawah tutup meja kupas,” ungkap Lenny. Maklum, bagian itu vital dalam proses pemisahan fuli. Toh, jeruji dan karet mudah diperoleh. Penggantian pun mudah dan cepat. Pengalaman Yayah, kalau alat beroperasi 8 – 10 jam sehari, seminggu 6 hari kerja, penggantian jeruji cukup 2 bulan sekali. Sementara karet tahan sampai 6 bulan.

Sudah begitu, alat itu memangkas kebutuhan tenaga kerja sehingga mengurangi biaya produksi. Hasil hitunghitungan tim Rizky, biaya pokok pemisahan fuli secara manual mencapai Rp163 per kg alias Rp16.300 per 100 kg. Dengan arillus separator, produksi meningkat sementara kebutuhan tenaga kerja terpangkas. Hasilnya biaya pemisahan fuli hanya Rp10.500 per kg. Rizky dan rekan-rekan merancang mesin pemisah fuli lantaran orangtua salah seorang rekan mereka berprofesi pengolah pala. “Hitung-hitung membantu teman,” ungkap Rizky.

Alat rancangan mereka menarik perhatian banyak pihak. Arillus separator menyabet juara kedua Tanoto Student Research Award 2013 di kampus Institut Pertanian Bogor. Meski demikian, Lenny mengakui bahwa alat rancangan anak didiknya itu belum sempurna. “Pengumpanan biji ke mesin dan pengambilan biji terkupas harus dilakukan manual, hanya bisa dilakukan saat mesin mati. Itu membuat proses menjadi kurang praktis,” ungkap perempuan kelahiran Palembang itu. Lenny pun membuka kesempatan bagi mahasiswa angkatan berikutnya yang berminat memperbaiki rancangan karya pendahulu mereka. (Argohartono Arie Raharjo)

Arillus Separator

Arillus Separator

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *