cara menurunkan berat badan kucing,kucing gemuk,kucing obesitas

Siapa yang tidak kenal kucing? Hewan empat kaki dengan kumis dan telinga yang lucu serta tingkah laku yang menggemaskan kerap menjadikannya hewan peliharaan di banyak rumah.

Kucing merupakan hewan dari kelas mamalia. Berdasarkan makanannya kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging.

Kucing dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan asalnya dikenal adanya kucing kampung, kucing anggora, kucing pesia, dan kucing hutan. Kucing berdasarkan garis keturunan ada 2 kelompok, yaitu galur murni dan keturunan campuran.

Lalu apa jadinya jika kucing kesayangan kita mengalami berat badan yang berlebih? apakah berbahaya? berikut ulasannya:

Resiko kesehatan yang mungkin terjadi jika kucing obesitas/ kelebihan berat badan

Menurut Dr. Renee Rucinsky (Dokter kucing bersertifikasi dari Amerika), menjelaskan jika kucing yang memiliki berat badan yang berlebih beresiko mempunyai masa hidup yang lebih pendek. Beberapa resiko kesehatan karena kucing memiliki berat badan berlebih diantaranya:

Diabetes

Menurut sebuah riset, seperti dikutip Pet Coach, kucing yang memiliki berat badan yang berlebih atau kegemukan mempunyai resiko 2-4 kali terserang diabetes. Perawatan diabetes memerlukan injeksi insulin setiap 12 jam, sepanjang umur kucing itu.

Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa juga dialami oleh kucing peliharaan kita. Kucing yang kelebihan berat badan beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Keadaan ini dapat berpengaruh besar pada kesehatan kucing, dan bisa mengakibatkan penyakit seperti stroke dan kebutaan karena retina kucing lepas.

Baca juga:  Q&A: Bagaimana Perawatan Burung Kakatua Rontok Bulu?

Kerusakan tulang atau persendian

Kucing dengan berat badan berlebih memiliki resiko pincang dan osteoarthritis hingga 3-5 kali dibanding pada kucing dengan berat badan normal. Kemungkinan disebabkan karena ada beban extra pada persendian, misalkan saat kucing melompat dari lokasi yang tinggi.

Gangguan kulit

Gatal, bersisik dan berminyak bisa muncul sebagai efek berat badan berlebih. Pemicunya ialah karena kucing yang berat badan yang berlebih kesulitan untuk mencapai sisi tertentu dari badannya hingga tidak terpelihara dengan baik.

Untuk anda yang memiliki kucing yang terlalu gemuk, jangan pesimis, malah justru saat ini lah kamu harus mampu mengajak kucing–kucingmu hidup sehat agar bisa hidup lebih lama.

Cara menurunkan berat badan kucing yang berlebih

Perhatikan Pembelian Makanan

Ada kalanya kamu harus bisa membaca label makanan apa saja yang dibeli untuk kucing kesayangan. Jangan asal pilih dan langsung memberikannya sesuka hati.

Apalagi tergiur iklan di televisi yang menayangkan makanan kucing dengan berbagai kelebihannya. Yang harus kamu perhatikan adalah kandungan nutrisi dan lemak yang terkandung dalam makanan tersebut lho.

Pemberian Makanan Di Waktu Yang Tepat

Seperti halnya dengan manusia yang makan tiga kali sehari, kucing pun juga begitu lho. Makan di atas jam delapan juga akan mengakibatkan kelebihan berat badan lho. Apalagi jika kegiatan makan malam tersebut dilakukan setiap hari.

Alangkah baiknya jika pemberian makanan setelah kucing lelah bermain. Waktu yang tepat untuk pemberian makanan adalah pagi, siang dan malam. Makanannya pun harus dilihat dari kandungan protein yang tersedia.

Baca juga:  Pakan Ternak Hi-fer, Kaya Gizi Tahan Setahun

Cek Berat Badan

Bukan hanya kamu yang kadang takut kalau harus berurusan dengan timbangan. Hewan menggemaskan ini juga perlu timbangan agar mendapatkan berat badan yang ideal lho.

kucing gemuk
Kucing gemuk cenderung malas bergerak

Tidak ada salahnya jika kamu membawanya ke dokter hewan hanya untuk mengecek berat badan dan kesehatannya sekali seminggu atau sebulan sekali.

Stop Makanan Manusia

Sudah kebiasaan kucing untuk mengunyah walaupun tidak mengalami lapar. Hewan imut ini akan mengiba terus walaupun kamu sudah memberinya makanan lho.

Nah, untuk itu kamu harus siap menghentikan memberinya makanan manusia seperti yang biasa kamu lakukan. Kebiasaan itu akan justru membuat kucing kelebihan berat badan.

Ajak ‘Berolahraga’

Mengajak kucing olahraga memang tidak seribet anjing, membawanya jalan – jalan sore berkeliling komplek perumahan. Beda dengan memelihara kucing, cukup dengan mengajaknya bermain di dalam rumah saja kamu bisa membantunya menghilangkan berat badan berlebih beberapa ons saja.

Pilihlah permainan yang membuatnya sering menggerakkan badan. Cukup meluangkan waktu di rumah bersama si imut maka kamu sudah bisa membantu mengurangi resiko berat badan berlebih.

Karena hewan imut ini terbilang pemalas maka kamu harus mencari inisiatif untuk membuatnya selalu bergerak ya. Banyak yang permainan yang bisa membuatnya aktif menggerakkan badannya.

Salah satunya saja permainan ulur tali yang alhasil akan membuatnya berlari – lari mengikuti kemana arah tali tersebut. Salah satu permainan sederhana yang mampu membuatnya mengeluarkan ‘keringat’.

Jadi, cukup sederhana bukan menurunkan badan berlebih pada kucing peliharaanmu? yuk terapkan informasi cara menurunkan berat badan kucing diatas.

Similar Posts