Cara Menghasilkan Kucing Scottish Fold yang Bertelinga Terlipat

  • Home
  • Peternakan
  • Cara Menghasilkan Kucing Scottish Fold yang Bertelinga Terlipat
Cara Menghasilkan Kucing Scottish Fold yang Bertelinga Terlipat 1

Kunci cara menghasilkan kucing scottish fold yang bertelinga terlipat, gunakan induk bertelinga lurus.

Ketik kata “Maru” di mesin pencari daring (online), maka muncul profil seekor kucing jantan asal Jepang yang bermuka bulat, mata besar, hidung agak pesek, dan leher serta kaki pendek. Pada penyedia layanan video daring, Maru terlihat sangat suka bermain dan aktif.

Tingkah itu membuat Maru menjadi selebritas di dunia maya. Pada April 2013 saja, videonya tayang lebih dari 200-juta kali. Kucing kelahiran 24 Mei 2007 di Jepang itu merupakan ras scottish fold.

Sesuai namanya, ciri khas kucing asal Skotlandia itu bertelinga terlipat. Sebagian kucing anggota ras itu—termasuk Maru—lahir dengan telinga lurus tegak dan meruncing seperti kucing biasa. Bentuk telinga itu tidak mengubah perangai khas scottish fold, yaitu suka bermain.

Kawin silang kucing scottish fold

Johan Arief di Bekasi, Jawa Barat, juga memelihara scottish fold jantan telinga tegak atau biasa disebut scottish straight. Meski berkuping lurus, Johan memberikan perlakuan istimewa bagi kucing itu.

Johan Arief,menangkarkan kucing scottish fold

Johan Arief, menangkarkan kucing scottish fold

Sepintas hal itu kontradiktif dengan citra Johan sebagai penangkar scottish fold yang merupakan ras dengan keistimewaan telinga terlipat. Jenis telinga lurus tidak dapat ikut mengikuti kontes lantaran tidak terdaftar di asosiasi pencinta kucing.

Saking tidak favoritnya, harga termahal scottish fold telinga lurus hanya separuh harga termurah telinga terlipat. Johan punya alasan sendiri mempertahankan telinga lurus itu di rumahnya.

Kucing itu menjadi pemacak bagi beberapa scottish fold betina miliknya. Itu sesuai anjuran asosiasi pencinta kucing tempatnya bergabung.

Pembiakan scottish fold sebaiknya melalui perkawinan antara induk berkuping terlipat dengan kuping lurusJohan

Secara genetika, munculnya telinga terlipat lantaran gen modifikator yang bersifat dominan. Gen itu memicu mutasi pada telinga kucing sehingga muncul telinga terlipat.

Baca juga:  Menabung Induk Semut Rangrang

Meski membuat penampilan kucing menjadi imut menggemaskan, kehadiran gen modifikator itu membawa risiko. Perkawinan sesama telinga terlipat membuat gen modifikator berikatan dengan sesamanya (homozigot).

“Dalam bentuk homozigot, gen itu berisiko memunculkan penampilan seperti tulang ekor bengkok atau kepala asimetris. Namun yang paling berbahaya adalah cacat genetik yang bisa memicu gangguan fungsi organ atau fisiologis,” kata Johan.

scottish straight,indukan scottish straight betina

Gisele, indukan scottish straight betina milik Johan Arief

Homozigot itu berpeluang muncul bila telinga terlipat (fold) dikawinkan dengan telinga terlipat. Persilangan fold dengan fold pempunyai peluang 25% telinga tegak (straight), 50% fold heterozigot, dan 25% fold homozigot (lihat Genetika telinga terlipat).

Homozigot itu yang harus dihindari. Adapun persilangan fold dengan straight berpeluang menghasilkan keturunan 50% fold heterozigot dan 50% straight.

“Kucing bertelinga tegak yang berasal dari keturunan fold tidak memiliki modifikator gen dominan, sehingga bila disilangkan sesamanya akan menghasilkan 100% straight,” kata Johan.

Menurut dokter hewan yang berpraktik di Kota Bekasi, Jawa Barat, drh Khaizir Hasan, heterozigot pada scottish fold dapat menyebabkan cacat fisik seperti ekor bengkok atau cacat organ yang berupa gagal ginjal, radang telinga, atau masalah metabolisme. Akibat lain, menghasilkan keturunan yang gampang sakit karena imunitasnya lemah.

Menurut Johan lipatan pada telinga pun ditentukan kekuatan gen modifikator. Ada 3 tingkatan lipatan yaitu, sedikit melipat (single), setengah melipat (double), dan melipat sempurna (triple). Bila menginginkan keturunan yang melipat sempurna, maka cari indukan yang telinganya terlipat sempurna juga.

Telinga setengah melipat hanya akan menghasilkan keturunan setengah melipat atau bahkan sedikit melipat, namun tidak akan menghasilkan telinga melipat sempurna. “Pilih cattery bereputasi baik dan bersertifikat bila ingin mengadopsi scottish untuk indukan,” kata Johan.

Perawatan kucing scottish fold

scottish fold,scottish fold bulu panjang

Meu, koleksi scottish fold bulu panjang milik Johan Arief

Selain indukan berkualitas, perawatan scottish fold pun mempengaruhi penampilan telinga. Johan menyatakan bahwa telinga melipat scottish dapat menjadi tegak bila mengalami stres. Pemicu stres itu antara lain bising karena lokasi rumah berada dekat dengan jalan raya atau tidak ada teman bermain.

Baca juga:  6 Cara Budidaya Entok Bagi Pemula dan Tips Agar Cepat Besar

Ras itu perlu teman bermain, entah itu manusia atau kucing lain. Suhu terlalu panas juga dapat menyebabkan telinga tegak. Johan memasang pendingin ruangan di seluruh rumah untuk menjaga temperatur tetap sejuk selama 24 jam.

Namun, perlakuan berbeda Johan berikan untuk kelas kontes. Pria 38 tahun itu menempatkan kucing-kucing kelas kontes dalam ruangan bersuhu 23°C untuk menjaga telinga kucing kesayangannya tetap terlipat.

Setiap pekan ia rutin membersihkan telinga kucingnya dengan kapas untuk menjaga kesehatan telinga yang selalu tertutup itu. Untuk kebersihan, Johan memandikan scottish bulu panjang tiap pekan. Kucing bulu pendek ia mandikan sebulan sekali.

Melahirkan menyebabkan stres bagi kucing betina sehingga setiap kali melahirkan, telinga betina yang semula terlipat pasti akan tegak. Hal itu dapat dikembalikan melipat dengan perlakuan khusus.

Setelah lepas sapih sekitar usia anak 4 bulan, indukan kembali ditempatkan di kamar dengan suhu ruang 23°C. Proses perlakuan hingga telinga kembali terlipat memakan waktu yang lama, “Biasanya hingga 2 bulan,” kata Johan.

persilangan scottish fold,persilangan scottish straight,scottish straight dan scottish fold

Diagram genetika persilangan scottish fold telinga terlipat

Menurut pehobi senior kucing dari Bekasi, Jawa Barat, Cacang Effendy, banyak calon pehobi meminati ras kuping tertekuk itu. “Permintaan anakan scottish fold meningkat tajam.

Pehobi yang semula ingin mengadopsi ras persia atau eksotik banyak yang berubah pikiran dan menginginkan scottish fold,” ungkap pemilik Chandra Cattery di Kota bekasi itu. Kebanyakan mereka terpincut penampilan imut kucing itu.

Sudah begitu scottish fold mempunyai karakter yang sangat baik, senang bermain, dan akrab dengan pemiliknya. Ras itu juga senang dipeluk dan sangat aktif bila diajak bermain. Karakter kucing itu sangat cocok untuk penyuka kucing yang senang dipeluk tetapi aktif bermain.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x