Cara Mendapatkan Bunga Mawar Pink dari Bunga Mawar Merah dan Putih

  • Home
  • Tanaman Hias
  • Cara Mendapatkan Bunga Mawar Pink dari Bunga Mawar Merah dan Putih

Bunga mawar merupakan bunga yang terkenal dengan warnanya yang indah serta aromanya yang khas. Banyak kalangan pecinta bunga mawar yang rela merogoh dalam koceknya untuk mendapatkan bunga mawar jenis baru yang warnanya unik serta memiliki tampilan berbeda dari mawar lainnya. Padahal cara kawin silang bunga mawar untuk menghasilkan spesies baru dapat kita pelajari serta praktekkan dengan mudah di halaman rumah sendiri.

hal-hal yang dibutuhkan ialah beberapa alat perkebunan sederhana seperti gunting atau pisau, serta yang pasti adalah dua bunga mawar yang akan kita silangkan. Proses penyilangan tanaman ini telah dikembangkan serta diterapakan sejak lama untuk mendapatkan perpaduan dari sifat unggul kedua indukannya. Jenis tanaman yang disilangkan tentu saja merupakan tanaman yang sejenis atau masih dalam satu family. Tidak mungkin kita bisa menggabungkan bunga mawar dengan bungan bougenvile, atau buah semangka dengan buah nangka.

Teknik yang cukup populer untuk menyilangkan tanaman khususnya pada bunga mawar ialah teknik menempel atau disebut pula okulasi. Seperti yang telah kami sampaikan, bahwa dalam menjalankan proses ini tidaklah terlalu rumit seperti yang dibayangkan, perlakuan yang teliti serta sabar adalah kunci keberhasilan proses kawin silang bunga mawar ini. Berikut ini langkah demi langkah penyilangan bunga mawar:

Cara Kawin Silang Bunga Mawar

Tahapan pertama yang perlu kita lakukan dalam mengawali proses ini ialah mempersiapkan alat dan bahan yang akan kita gunakan. Berikut diantaranya,

Alat:

  • Gunting tanaman atau pisau
  • Benang

Bahan:

  • Dua bunga mawar yang berbeda warna dan jenisnya
  • Plastik transparan

Perhatian! Bersihkan atau sterilkan peralatan serta bahan terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Langkah-langkah:

1. Tentukanlah batang bunga mawar yang akan kamu kawinkan, sebagai saran pilihlah batang bunga yang sudah cukup usia dengan tanda batang telah berkayu, serta memiliki duri-duri yang besar dan menghitam atau kecoklatan.

Supaya mempermudah penjelasan, kami akan mencontohkan proses kawin silang antara bunga mawar merah dengan bunga mawar putih. Pada proses ini nantinya akan dihasilkan bungan mawar berwarna pink atau merah muda. Silahkan kamu berkreasi sendiri dengan menentukan warna bunga mawar yang diinginkan.

2. Tahap selanjutnya ialah memotong bagian batang bunga mawar. Kali ini kami memilih bunga mawar merah sebagai tanaman induk yang tetap tertanam di tanah, potong batang bunga mawar tersebut dengan posisi sejajar.

3. Belahlah batang bunga mawar merah tersebut dengan panjang kurang lebih 1,5 hingga 3 cm, tergantung dari diameter batang. Singkirkan beberapa daun yang menempel pada batang, sisakan dua-tiga helai daun saja yang berdekatan dengan belahan batang.

4. Pada bunga mawar kedua, dalam praktek ini merupakan bunga mawar putih. Potong batang bunga tersebut dengan ujung runcing. Sebisa mungkin agar batang bunga mawar putih ini lebih kecil dari pada batang bunga mawar yang telah dibelah.

5. Masukkan secara perlahan dan hati-hati batang bunga mawar putih ke dalam belahan batang bunga mawar merah. Usahakan tidak ada kerusakan atau batang yang patah.

6. Bungkus kedua batang dengan menggunakan plastik tranparan, lalu ikat menggunakan benang atau tali rafia dengan rapat. Tujuan pembungkusan ini ialah untuk menghindarkan batang bunga dari air yang berlebihan sehingga mengalami penguapan yang terlalu banyak serta menjauhkan dari pembusukan batang.

Tahapan kawin silang bunga mawar telah selesai, langkah berikutnya ialah menunggu apakah proses yang kita kerjakan ini berhasil atau tidak. Tanda-tanda yang dapat kita lihat jika proses penyilangan ini sukses ialah batang bunga mawar yang disilangkan masih terlihat segar dan tidak keriput atau layu. Tahap pengamatan ini berlangsung dalam kurun waktu 2-4 minggu.

Tips Kawin Silang Bunga Mawar Agar Sukses

Unruk menjamin keberhasilan proses kawin silang tersebut, berikut beberapa tips penting yang patut kamu terapkan pasca penggabungan bunga mawar.

  • Lakukan proses kawin silang bunga mawar di tempat yang teduh atau terhindar dari terik matahari secara langsung. Sangat disarankan pada kamu agar menyilangkan tanaman pada pagi atau sore hari.
  • Batang bunga mawar yang telah dipotong atau pun yang dibelah sebisa mungkin segera digabungkan agar batang yang terluka tersebut tidak terlalu lama terkena udara terbuka.
  • Sekali lagi alat dan bahan yang digunakan dalam proses ini haruslah bersih dan steril, siram atau rendam peralatan dalam air panas sebelum dipakai. Batang yang terluka sangat rentan terhadap serangan hama serta penyakit, akan sangat berbahaya jika peralatan yang tidak steril tersebut menjadi sumber datangnya hama serta penyakit pada tanaman.
  • Jangan terlalu terburu-buru untuk memindahkan tanaman yang tahap penyatuannya belum sempurna. Karena apabila batang bunga mawar yang telah disilangkan tersebut goyah, maka kemungkinan yang terjadi adalah kegagalan dalam proses kawin silang.
  • Saat kedua batang telah menyatu dengan baik, maka kamu dapat merawat bunga mawar seperti sedia kala. Berikan penyiraman yang cukup, serta pemupukan guna menjaga ketersediaan nutrisi bagi bunga mawar baru kamu.

Itulah cara kawin silang bunga mawar yang dapat kamu praktekkan dengan mudah. Kami berharap melalui artikel ini, kamu dapat menghasilkan aneka bunga mawar dengan warna yang baru serta unik, tentu hal tersebut akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kamu.

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m

Tags: