Cara Menanam Bunga Tahi Ayam dan Perawatannya agar Tumbuh Merekah

  • Home
  • Tanaman Hias
  • Cara Menanam Bunga Tahi Ayam dan Perawatannya agar Tumbuh Merekah

Jika diamati, bunga tahi ayam atau bunga marigold sekilas memiliki kesamaan dengan kenikir, namun jelas keduanya adalah jenis bunga yang berbeda. Bunga tahi ayam memiliki bentuk bunga yang lebih bulat dengan kuning berkelopak merah. Cara menanam bunga tahi ayam ini bisa dilakukan melalui bijinya. Namun bagian manakah yang bisa ditanam? Pada kesempatan ini kita akan mempelajarinya.

Warna bunga ini tidak hanya didominasi dengan warna kuning, namun sering juga kita jumpai bunga tahi ayam berwarna kuning kemerahan atau oranye, bahkan bunga tahi ayam yang berwarna putih juga ada, bunga tahi ayam putih ini biasa disebut dengan (Marigold vanilla) . Yang jelas bunga ini memang sangat indah jika ditanam di kebun atau taman kita.

Bunga tahi ayam memiliki banyak kandungan nektar yang cukup banyak, oleh sebab itulah jika sedang musim berbunga, siap-siap taman kita didatangi oleh serangga seperti kupu-kupu. Bunga ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 cm – 121 cm.

Biji bunga tahi ayam dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko bunga atau toko pertanian, bahkan sekarang banyak juga para reseller yang menjual biji bunga ini secara online. Namun jika di sekitar Anda ada bunga tahi ayam, maka mintalah beberapa kuntumnya untuk mendapatkan biji dari bunga ini.

Biji bunga tahi ayam ada pada bagian tengah kelopak bunga dan berbentuk seperti batang korek api atau lidi. Jika sudah cukup umur, biji bunga tahi ayam ini akan jatuh sendiri ke tanah dan menjadi bibit bunga tahi ayam yang baru.

Biji bunga yang dapat digunakan sebagai benih adalah biji yang berasal dari bunga yang telah tua atau kering di pohon atau dikeringkan sendiri dengan bnatuan sinar matahari. Simpan selama beberapa minggu, atau masukkan ke dalam wadah penyimpanan jika belum digunakan.

Cara Menanam Bunga Tahi Ayam

Setelah mendapatkan biji bunga tahi ayam, berikut adalah panduan singkat untuk menanam bunga tahi ayam tersebut. Langkah awal, tentu saja Anda harus menyediakan alat dan bahan yang dibutuhkan.

Alat dan bahan:

  • Biji bunga tahi ayam
  • Media tanam
  • Polybag

Cara menanam:

  1. Persiapkanlah dahulu media tanam yang diperlukan. Karena kali ini kita akan menanam dengan media tanah, maka tanah yang digunakan haruslah tanah yang mengandung banyak nutrisi atau unsur hara sebagai sumber gizi pada tanaman. Untuk mendapatkan tanah yang baik tersebut, Anda dapat mencampurkan tanah dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1, diamkan selama kurang lebih 24 jam agar kandungan nutrisi terserap sempurna oleh tanah
  2. Masukkan tanah tersebut pada tempat penyemaian, bisa polybag atau pot, atau botol bekas air mineral
  3. Taburkan biji bunga tahi ayam di atas permukaan media tanam, usahakan dalam satu polybag atau wadah penanaman hanya ada 2 biji agar pertumbuhan biji tersebut dapat berlangsung degan baik.
  4. Siram biji tersebut dengan menggunakan semprotan air dalam skala kecil agar biji tidak hanyut atau hilang
Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x