cara menanam bunga mawar dalam pot

Mawar merupakan salah satu bunga paling populer di dunia. Bunga mawar sangat sering dijadikan simbol cinta oleh setiap orang. Namun, ternyata tanaman ini bisa dimanfaatkan kecantikannya sebagai tanaman hias di rumah anda.

Bunga mawar dapat hidup dengan baik dalam pot jika cara menanam dan merawatnya tepat. Baca terus artikel ini untuk mengetahui 5 langkah mudah cara menanam bunga mawar dalam pot.

Bunga ini dapat diperbanyak dengan cara stek, biji, dan dengan cara okulasi. Cara yang paling umum digunakan untuk memperbanyak tanaman hias bunga mawar adalah dengan cara stek batang. Cara ini banyak digunakan karena tidak membutuhkan perlakukan khusus, serta pengerjaan yang cepat dan mudah.

Nah, untuk anda yang senang menanam tanaman hias di rumah, mungkin ada baiknya mencoba menanam bunga mawar di rumah anda sebagai tanaman hias bunga.

Berikut 5 langkah cara menanam bunga mawar dalam pot

Persiapan bibit bunga mawar

Seperti yang kita telah ketahui, perbanyakan bungha mawar dapat melalui cara stek, biji, dan dengan cara okulasi. Dengan cara ini anda sudah mendapatkan bibit bunga mawar.

Namun, bagaimana jika anda belum mempunyai induk bunga mawar untuk dikembangbiakkan? tenang, saat ini sudah banyak penjual bibit bunga mawar baik itu secara offline maupun online. Aneka jenis bibit bunga mawar ada disana, dari mawar biru hingga mawar hitam.

Ingat belilah bunga mawar dalam bentuk bibit (bukan benih), kerena anda akan cepat melihat hasil bunga mawar bermekaran juga tingkat keberhasilannya yang lebih tinggi dibandingkan jika menanam bunga mawar dari benih/ biji.

Baca juga:  Aneka Jenis Serta Cara Perawatan Tanaman Hias Begonia

Persiapan pot

Pot tersedia dalam berbagai bentuk dan juga bahan pembuatnya. Pot dapat terbuat dari keramik, semen, tanah liat atau plastik.

Pilihlah jenis pot yang memiliki drainase yang baik. Ukuran pot yang digunakan dapat sesuaikan dengan selera anda. Namun jangan menggunakan pot yang terlalu kecil, pilihlah pot dengan ukuran diameter setidaknya 25 cm.

Persiapan media tanam

Media tanam yang terbaik bagi bibit mawar pindahan adalah sekam bakar tanpa dicampur dengan media lainnya. Namun, bila tidak ada sekam bakar bisa menggunakan sekam mentah. Bila tidak ada juga, bisa menggunakan media kompos yang biasanya dapat dibeli dari toko pertanian.

bunga mawar
Bunga mawar dalam pot

Jangan menanamnya dengan tanah, terlebih bila itu full semuanya tanah saja. Mengapa? Karena mawar tidak suka bila medianya terlalu padat. Akarnya yang serabut akan kesulitan menembusnya sehingga dia sulit untuk tumbuh (hidup).

Proses memindahkan bibit bunga mawar kedalam pot

Ketika bibit bunga mawar terlah tersedia, pot serta media tanam juga telah disiapkan, maka kita perlu melakukan hal-hal berikut:

  1. Sebelum ditanam, bibit bunga mawar sebaiknya diguyur dulu dengan air, lalu didiamkan dengan cara diberdirikan. Anda bisa menyenderkannya agar dia berdiri.
  2. Diamkan selama kurang lebih 1 jam atau sampai terlihat lebih segar dari pada saat pertama kali dibuka.
  3. Kemudian masukkan media tanam ke dalam pot hingga hampir terisi penuh.
  4. Ambil bibit mawar, kemudian buka plastik pembungkus akar. Ingat plastik pembungkus akar harus dibuka ya, kalau tidak dibuka tentu mawar tidak akan bisa hidup.
  5. Masukkan bibit mawar tersebut ke dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam.
  6. Tanamkan dan padatkan kembali dengan media tanam sampai dia bisa berdiri tegak dan kokoh.
  7. Lalu, siramlah dengan air yang banyak minimal dua gayung.
Baca juga:  Kreasi Dongkrak Harga

Proses Adaptasi

Perlu diketahui, bahwa bibit mawar tidak akan langsung tumbuh dan segar setelah kita tanamkan seperti itu. Bunga mawar biasanya akan mengalami stres karena harus beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan tempat baru. Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Mawar jangan langsung di simpan di tempat panas, simpan dulu di tempat teduh karena bila langsung simpan di tempat panas, mawar akan gosong karena akarnya belum menyatu dengan media tanam disana.
  2. Mawar jangan dulu diberi pupuk kandang atau pupuk kimia seperti NPK atau sejenisnya. Pupuk bersifat panas, dan karena akarnya belum menyatu dengan media baru, bila langsung diberi pupuk, maka mawar akan gosong juga.
  3. Selama masa adaptasi, penyiraman dilakukan setiap permukaan media tanam mengering.
  4. Bila bibit mawar yang dikirimkan sudah ada bunga atau kuncupnya, sebaiknya kuncup atau bunganya dipotong agar dia bisa lebih cepat beradaptasi dan mengeluarkan tunas baru.
  5. Masa karantina bibit mawar biasanya memakan waktu kurang lebih seminggu. Nah, bila sudah seminggu atau bibit mawar sudah terlihat lebih segar atau mengeluarkan tunas baru. Mawar wajib dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari sepanjang hari.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara menanam bunga mawar dalam pot, saya yakin bunga mawar sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias jika melihat keindahan bunga yang dimilikinya. Jadi, tidak salah jika anda menjadikan tanaman hias bunga mawar untuk memperindah rumah anda. Semoga bermanfaat.