Cara Menanam Bunga Lee Kuan Yew – Tips dan Trik Lengkap

Bunga Lee Kwan Yew atau tanaman rambat Lee Kwan Yew adalah salah satu tanaman hias yang biasa dipakai untuk pengisi roof garden atau pun vertical garden. Cara menanam bunga Lee Kwan Yew yang tumbuh panjang menjuntai ini ternyata sangat mudah. Maka tidak mengherankan jika banyak sekali yang berminat menjadikan tanaman ini sebagai tambahan dekorasi di rumahnya.

Bunga Lee Kwan Yew atau biasa dikenal juga dengan sebutan Vernonia elliptica ini memberikan kesan artistik sekaligus rindang pada rumah kita. Biasanya tanaman ini akan diletakkan pada pot atau wadah penanaman yang berdekatan dengan pagar, tembok, atap bangunan, atau pun jendela. Semakin tinggi media rambatnya, maka tanaman ini akan semakin terlihat indah.

Jika menanam tanaman Lee Kwan Yew, Anda tidak perlu khawatir bahwa tanaman ini akan merusak permukaan tembok atau pagar yang dirambatinya. Sebab akar dari Lee Kwan Yew hanya berada pada bagian pangkal yang tertanam pada media tanamnya, bukan pada ruas batangnya seperti beberapa tanaman rambat lainnya.

Jadi bagi Anda pecinta vertical garden, tunggu apa lagi? Segera miliki bibit tanaman ini dengan membelinya di toko-toko pertanian atau tukang bunga. Namun jika Anda punya teman atau kerabat yang sudah memiliki tanaman ini, tidak ada salahnya untuk meminta sebagian dari tanaman tersebut untuk Anda tanam di rumah. Ikuti panduan di bawah ini untuk dapat menanam bunga Lee Kwan Yew

Cara Menanam Bunga Lee Kwan Yew

Tanaman rambat yang mempesona ini sangatlah mudah untuk dibudidayakan, karena hanya dengan tenknik stek batang, maka Anda sudah bisa mengembangbiakkan Lee Kwan Yew. Langkah pertama tentu saja sediakan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, berikut diantaranya.

Alat dan Bahan:

  • Gunting atau pisau taman
  • Batang bunga Lee Kwan Yew, pilih yang sudah cukup tua
  • Pot atau wadah penanaman
  • Media tanam

Cara Penanaman:

  1. Potong batang tanaman Lee Kwan Yew yang sudah tua dan cukup kuat, usahakan cara pemotongannya dengan menyerong
  2. Kurangi beberapa daun pada batang tersebut agar dapat mengurangi penguapan
  3. Jika Anda memiliki cairan perangsang akar, maka Anda dapat merendam batang tersebut dalam waktu 5 – 10 menit di dalamnya
  4. Buat lubang tanam pada media tanam yang sudah disediakan dalam pot atau wadah yang lain
  5. Tanam batang Lee Kwan Yew, tutup kembali lubang tanam
  6. Usahakan menanam batang-batang Lee Kwan Yew pada jarak yang tidak terlalu jauh agar saat tumbuh nanti tanaman ini dapat erlihat seperti tirai yang rapat dan indah
  7. Beri penyiraman pada bibit tersebut untuk menjaga kelembapan tanaman
  8. Setelah penanaman, letakkan tanaman tersebut pada lokasi yang teduh

Bunga Lee Kwan Yew tidak memerlukan perawatan yang rumit untuk dapat menghasilkan pagar hidup yang mempesona. Cukup beri penyiraman yang teratur serta nutrisi tambahan berupa pupuk NPK daun secra berkala, pangkaslah bagian yang tumbuh tidak teratur untuk menjaga keindahannya.

Pun demikian juga dengan lokasi penanaman atau peletakan bunga Lee Kwan Yew ini tidak perlu tempat yang spesifik seperti terlalu teduh atau terlalu banyak sinar matahari. Karena tanaman ini terbukti bisa tumbuh dengan baik pada kedua lokasi tersebut.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x