Cara Menanam Bunga Asoka

Nama bunga Asoka memang tidak sepopuler mawar atau melati, tetapi keindahan jenis bunga ini tidak akan kalah dengan kedua jenis bunga tersebut. Mungkin banyak dari Anda belum mengenal bunga yang satu ini, bunga ini memiliki karakteristik bunga dengan bentuk kecil dan runcing. Bunganya tumbuh berkelompok dengan warna cerah kuning kemerahan.

Bunga ini banyak digunakan sebagai bunga hias yang ditanam di taman atau halaman. Meskipun tidak beraroma harum seperti mawar dan melati, bunga ini mengandung banyak nektar. Nektar ini mengundang banyak kupu-kupu untuk hinggap di sana. Warna-warna bunga yang cerah ditambah dengan kupu-kupu yang indah akan memberikan tampilan yang sangat indah.

Cara Budidaya Tanaman Bunga Asoka

Budidaya Bunga Asoka

Awalnya bunga ini merupakan tanaman perdu yang biasa ditemui di hutan-hutan. Bentuk bunga yang indah serta warna cerah yang memancar membuat banyak orang tertarik untuk membawa tanaman ini kerumah dan dijadikan sebagai tanaman hias bunga.

Seiring berkembanganya ilmu pengetahuan, saat ini banyak dikembangkan bunga asoka hibrida yang mempunyai warna-warna bunga yang lebih beragam. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari, oleh karena itu sangat cocok untuk ditanam di tempat terbuka. Berikut adalah proses budidaya bunga asoka.

Pembibitan Bunga Asoka

Untuk mendapatkan bibit tanaman bunga soka bisa didapatkan dengan cara vegetatif. Anda bisa mengambil bagian batang pohon asoka yang sudah berumur kemudian dijadikan sebagai bibit tanaman. Pilih rampalan yang mempunyai setidaknya panjang 15 cm, kemudian tancapkan rampalan ini di media semai yang berada dalam iklim lembab dan teduh. Tujuanya agar batang yang digunakan sebagai bit cepat mengeluarkan akar dan tumbuh tunas baru. Hal ini akan memudahkan Anda ketika akan menanam bunga ini.

Penanaman Bunga Asoka

Setelah bibit sudah mulai mengeluarkan akar, langkah selanjutnya adalah proses penanaman. Tetapi sebelum menanam bunga asoka tentu perlu mempersiapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam bisa dibuat dari campuran tanah dengan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos).

Campurlah kedua bahan di atas dengan perbandingan 1:1. Anda bisa menggunakan media pot atau polybag, buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 5 sampai dengan 10 cm. Tanam bibit dengan keadaan tegak lurus, kemudian tutup lubang dengan tanah. Ratakan tanah sambil ditekan sedikit agar bisa menahan tanaman agar tidak miring. Sebaiknya ketika proses menanam ini dilakukan waktu sore atau pagi ketika matahari tidak terlalu terik.

Perawatan Bunga Asoka

Perawatan bunga soka cukup mudah untuk dilakukan. Pada saat pertumbuhan awal Anda cukup melakukan penyiraman setiap pagi. Sedangkan ketika bunga sudah mulai tumbuh bisa diberikan pupuk tambahan sebulan sekali, hal ini untuk menjaga ketersediaan unsur hara pada media tanam.

.. ..

Selain kedua hal di atas juga perlu dilakukan perawatan tembahan seperti membersihkan tanaman gulma yang tumbuh sekitar tanaman. Perlu dilakukan juga penyiangan dan perampalan bagian batang tanaman yang mulai mengering. Selain bisa menghambat pertumbuhan, bagian tanaman yang kering akan membuat tampilan bunga soka menjadi kurang enak dilihat.

Manfaat Bunga Asoka untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bunga Asoka

Bunga asoka yang berasal dari India ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga yang mempunyai warna merah dan kuning ini memiliki zat penting yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Di dalam bunga terini terdapat zat seperti zat besi, zat tanin, zat organik hingga zat hematoksilin, yang dimanfaatkan sebagai penetral racun di dalam tubuh.

Nutrisi penting yang terkandung di dalam bunga ini banyak dimanfaatkan untuk meramu berbagai obat herbal. Di Indonesia sendiri memang belum banyak yang mengetahui tentang manfaat bunga asoka, tetapi di negara asalnya bunga ini banyak digunakan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengusir penyakit. Berikut beberapa khasiat bunga soka untuk kesehatan.

Tags: