Bagi kamu penggemar makanan laut, pastinya kamu sangat akrab dengan salah satu bahan dasar menu makanan laut yang satu ini. Lobster adalah salah satu jenis makanan laut yang saat ini sangat populer di kalangan banyak orang, banyak orang yang rela membayar mahal untuk mendapatkan lobster.

Secara fisik, lobster mirip dengan udang tetapi, lebih besar dari udang. Dengan ukurannya yang besar dan banyak daging, ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang menyukainya.

Seperti halnya ikan, lobster juga memiliki banyak spesies, yaitu lobster air asin dan lobster air tawar. Sebab perbedaannya bisa dilihat dari ukuran dan habitatnya, seperti namanya lobster air asin adalah lobster yang bisa ditemukan di laut atau pantai. Sedangkan untuk jenis lobster air tawar, kamu bisa menemukannya di perairan tawar. Berbeda dengan lobster air asin yang mudah ditemukan, kebanyakan lobster air tawar dibudidayakan terlebih dahulu.

Banyak orang memilih lobster air tawar sebagai salah satu sumber pendapatan utama, ini tentu terkait dengan manfaat yang bisa mereka dapatkan. Seperti kita ketahui bahwa harga lobster di pasaran terus meningkat setiap hari, meskipun permintaan selalu meningkat.

Selain itu untuk membudidayakan lobster air tawar sendiri sangat praktis dan mudah, juga murah dibandingkan jika kamu membudidayakan lobster air laut. Untuk perawatannya sendiri juga terbilang mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya besar.

Selain lobster dibudidayakan sebagai salah satu bahan pangan, ternyata ada jenis lobster air tawar yang sering dijadikan sebagai salah satu hewan peliharaan. Berbeda dengan jenis lobster air tawar konsumsi, lobster peliharaan ini merupakan jenis lobster hias. Lobster hias sendiri merupakan salah satu jenis lobster yang hanya bisa di dapatkan secara khusus. Biasanya orang lebih suka untuk mengkoleksinya daripada membudidayakannya. Jika lobster air tawar konsumsi memiliki kecenderungan bentuk tubuh yang melebar dan besar, lobster air tawar hias cenderung memiliki ukuran sedang dan ramping.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar Hias

Selain itu, lobster air tawar hias memiliki banyak sekali jenis dan variasinya. Variasi serta jenisnya dibedakan dari bentuk capit serta warnanya. Kebanyakan lobster air tawar hias yang digemari orang merupakan lobster dengan warna merah dan biru. dari segi bisnis, lobster air tawar hias tentunya lebih mahal jika disbanding dengan lobster tawar konsumsi.

Selain itu banyak juga kolektor lobster air tawar hias yang ingin membayarnya dengan harga tinggi. Bagi kamu yang tertarik untuk membudidayakan lobster air tawar hias, berikut kami sampaikan bagaimana cara budidaya lobster air tawar hias dengan mudah, paktis dan hemat.

  1. Persiapan Budidaya Lobster Air Tawar Hias

Langkah pertama dalam cara budidaya lobster air tawar hias yaitu mempersiapkan berbagai hal penunjang agar kamu sukses dalam memanen lobster nantinya. Dan berikut merupakan penjelasan mengenai persiapan apa saja yang harus kamu lakukan :

  • Pertama kamu harus memilih lokasi yang tepat untuk budidaya, lokasi sebaiknya jauh dari pemukiman dan terhindar dari limbah.
  • Pastikan juga lokasi dekat dengan sumber air untuk mempermudah perawatan nantinya.
  • Pastikan juga lokasi mudah dijangkau, jadi kamu akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan terhadap lobster.
  • Selanjutnya kamu bisa menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan media budidaya.
  • Untuk lobster air tawar hias, ada 2 proses yang bisa kamu lakukan dalam mendapatkan benih unggulan.
  • Pertama, kamu bisa mendapatkan benih dari indukan lobster hias yang sehat dan berkualitas secara langsung.
  • Adapun cara ke 2 yang lebih praktis yaitu dengan membelinya secara langsung di peternakan lobster hias.
  1. Media Budidaya Lobster Air Tawar Hias

Langkah berikutnya dalam cara budidaya lobster air tawar hias yaitu membuat media budidayanya.

Untuk media budidaya lobster hias sedikit berbeda dengan budidaya lobster air tawar pada umumnya, dan berikut penjelasannya :

  • Bangunlah sebuah kolam berbentuk persegi atau persegi panjang dengan ukuran sekitar 2 x 3 x 0,5 m atau kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah lobster yang kamu inginkan.
  • Langkah selanjutnya yaitu menyiapkan air bersih dengan kandungan oksigen terlarut diatas 4 ppm dengan pH 7 hingga 9. kamu bisa mengukur kadar pH menggunakan alat, dan menambahkan alkali jika kadar pH kurang.
  • Ukur pula suhu pada air kolam, untuk suhu yang baik bagi lobster air tawar hias yaitu sekitar 25o C hingga 29o C. Agar suhu air selalu terjaga kesejukannya, kamu bisa membangun kolam di bawah pohon atau membangun atap kolam.
  • Taburkan juga kapur pada dasar kolam, ini bertujuan untuk menjaga agar kadar kalsium pada air terjaga.
  • Untuk membuat media budidaya, kamu bisa membuatnya seminggu sebelum memindahkan benih lobster budidaya.
  • Ini sangat penting agar air tidak mengandung bahan berbahaya seperti kaporit, terlebih jika kamu menggunakan air PDAM.
  1. Pemilihan Indukan Lobster Air Tawar Hias

Cara budidaya lobster air tawar berikut merupakan penjelasan singkatnya :

  • Pertama, kamu harus memilih indukan lobster yang baik dan sehat. kamu juga harus bisa membedakan indukan jantan dan betina dengan baik.
  • Adapun ciri dari lobster jantan dan betina, untuk lobster jantan memilikiwarna bercak merah pada capitnya di sebelah luar ketika berusia sekitar 4 bulan dengan ukuran panjang 7 cm.
  • Sedangkan untuk lobster betina memiliki lubang pada pangkal kaki ketiganya di bawah ekor.
  • Indukan yang perlu kamu siapkan merupakan indukan lobster dengan ukuran sekitar 4 inci.
  • Setelah kamu mendapatkan indukan yang cocok, kamu bisa menggabungkannya dalam 1 akuarium dengan ukuran 1 x 0,5 m dengan tinggi sekitar 25 cm.
  • Letakkan sekitar 5 ekor lobster betina dan 3 ekor lobster jantan, hal ini karena indukan betina memiliki sifat pemilih.
  • Letakkan pipa paralon dengan diameter 2 inci dan panjang 20 cm, ini merupakan tempat pembuahan telur betina nantinya.
  • Dalam sekali bertelur, lobster air tawar hias dapat menghasilkan sekitar 200 hingga 300 butir telur.
  • Pindahkan telur lobster pada media penetasan berupa akuarium, benih siap dipanen pada umur 20 hari setela masa penetasan.
  • Pisahkan indukan dengan telur lobster sebelum kamu ingin menetaskannya dan memanen benih.
  1. Perawatan dan Panen Lobster Air Tawar Hias

Setelah kamu mendapatkan benih lobster, langkah berikutnya dalam cara budidaya lobster air tawar hias yaitu melakukan perawatan dengan benar, dan berikut rinciannya :

  • Pindahkan benih lobster dari akuarium ke kolam budidaya secara perlahan agar tidak stress.
  • Berilah potongan paralon pada kolam budidaya untuk mencegah terjadinya kanibalisme.
  • Beri pakan sebanyak 2 kali sehari pada pagi hari sebanyak 25 % dari kebutuhannya dan sebanyak 75% saat sore hari manjelang malam.
  • Untuk pakan, kamu bisa memberinya pelet, jagung parut, ketela pohon, touge, wortel dan berbagai macam jenis sayuran lain. Sangat penting juga pakan alami seperti plankton dan cacing tanah.
  • Lobster siap untuk dipanen dan dipasarkan saat usia 7 bulan setelah pemindahan benih.

Itulah langkah-langkah mudah dalam cara budidaya lobster air tawar hias, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu. selamat mencoba.

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m