Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Sekitar Rumah

Tulisan kali ini akan membahas secara detail cara membuat tanaman hidroponik sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Di era modern saat ini mendapatkan sayuran segar yang bebas dari pestisida sangatlah susah. Jika ingin mendaptkan sayuran tersebut, cara paling mudah adalah dengan menanam sayuran sendiri di sekitar rumah. Masalahnya, bagaimana bila tidak mempunyai cukup lahan untuk menanam sayuran tersebut? Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menanam sayuran di lahan terbatas, yang paling populer saat ini adalah dengan cara hidroponik.

Hidroponik adalah cara bercocok tanam dengan menggunakan media tanam selain tanah. Dengan teknik ini Anda masih bisa menanam tanaman meskipun tidak memiliki lahan tanah yang luas. Biasanya media tanam yang sering digunakan dalam membuat tanaman hidroponik adalah cocopeat, pasir kerikil rockwool, untuk media tanam hidroponik yang lain baca 6 jenis media tanam hidroponik.

Cara Membuat Tanaman Hidroponik dengan Cara Mudah

Tanaman Hidroponik

Membuat tanaman dengan cara hidroponik bisa Anda jadikan sebagai aktifitas selingan dalam mengisi waktu luang. Dengan kesibukan ini akan membuat Anda lebih rileks, sejenak melepaskan diri dari rutinitas yang membosankan. Untuk membuat tanaman hidroponik hanya diperlukan beberapa bahan yang bisa di dapatkan di toko peralatan atau dengan memanfaatkan barang bekas berupa botol plastik, gelas plastik, jerigen, dan masih banyak bahan lainnya.

Jenis tanaman sayur yang bisa ditanam dengan cara hidroponik juga beraga, mulai dari kangkung, bayam, sawi, seledri, kemangi dan berbagai jenis tanaman lain. Selain itu tanaman sayur ini bisa sekaligus dijadikan tanaman hias di sekitar rumah. Dengan begitu, selain bermafaat untu dikonsumsi sayuran hidroponik bisa dijadikan salah satu alternatif pengganti tanaman hias. Lalu bagaimana cara membuat tanaman hidroponik? Tenang saja, cara mudah kok, ikuti saja petunjuknya di bawah ini.

Sebelum mulai untuk membuat tanaman hidroponik, siapkan peralatan di bawah ini.

1. Kain untuk sumbu bila ada gunakanlah kain panel
2. Gelas plastik
3. Botol plastik
4. Jerigen
5. Nutrisi hidroponik
6. Media tanam yang terdiri dari aram sekam, pecahan batu bata, kerikil, rocwool ataupun pasir.

Untuk media tanam yang digunakan, Anda bisa memilih salah satu media tanam yang disebutkan di atas. Pastikan media tanam yang Anda gunakan mempunyai poros sehingga air dan nutrisi yang diberikan bisa diserap dengan optimal dan bisa menopang pertumbuhan tanaman dengan baik. Selain itu penggunaan nutrisi hidroponik juga harus diperhatikan, karena inilah yang menjadi sumber makanan bagi tanaman yang dibididayakan.

Tahapan Cara menanam hidroponik

1. Penyemaian Benih Tanaman

Menyemaikan Benih Hidroponik dengan Media Rockwall

Sebelum di tanam menggunakan media hidropnik, sebaiknya bibit disemaikan terlebih dahulu dengan menggunakan tray atau wadah semai. Gunakan bibit yang tingkat pertumbuhannya mencapai 80%. Media semai yang paling sering digunakan adalah rockwall. Media semai yang satu ini sangat praktis untuk digunakan, selain memiliki daya serap air yang tinggi, rockwall juga sudah steril dari kuman dan penyakit. Setelah benih sudah tumbuh dan cukup umur, barulah dipindahkan ke media tanam hidroponik.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x