burung beo,cara melatih burung beo agar berbicara

Siapa yang tidak kenal dengan Burung Beo? Para sobat sudah tidak asing lagi dengan burung yang satu ini.

Ya.. dia adalah burung yang bisa menirukan suara apa saja termasuk suara manusia.

Burung ini bukan hanya terkenal kepintarannya dalam menirukan suara manusia lho, namun burung ini juga sangat khas dengan keindahan warnanya yang cantik yang menyelimuti seluruh tubuhnya.

Lalu, bagaimana agar burung yang cantik nan pintar tersebut dapat menjadi primadona setiap orang sehingga menambah keunikan-keunikan dan mengundang kelucuan jika mendengar suaranya dan semakin membuat setiap orang menjadi semakin terpesona kepadanya?

Jawabannya adalah dengan memberikannya bekal untuk dapat menirukan suara manusia dengan kosakata yang baik dan menyenangkan.

Cara melatih burung beo agar bisa berbicara

Untuk dapat mencapai hal tersebut maka saya akan mencoba memberikan beberapa tips agar burung beo dapat berbicara atau menirukan suara kita dengan baik. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

sarang burung beo saling berdekatan
Sarang burung beo saling berdekatan

Melatih dengan menggunakan burung beo lain

Melatih burung beo agar bicara dapat dilakukan dengan menggunakan burung beo lainnya. Tentunya burung beo yang sudah pandai bicara. Caranya adalah dengan meletakkan sangkar burung beo kita dengan sangkar burung beo yang sudah pandai bicara. Sehingga diharapkan burung beo kita dapat meniru suara-suara yang diucapkan burung beo lain.

Melatih menggunakan rekaman suara burung beo lain

Untuk anda yang kesulitan mendatangkan burung beo yang pandai bicara, maka cara ini bisa menjadi solusi. Caranya adalah dengan menggunakan rekaman suara audio dari burung beo lain. Rekaman suara burung beo bisa anda dapatkan dengan cara merekam secara langsung atau mencari secara online, karena sudah banyak rekaman suara burung beo tersebar disana.

Kemudian, anda dapat memberikan rekaman burung beo tersebut di depan beo yang ingin kalian latih. Jika hal ini dilakukan secara rutin setiap harinya, maka burung beo anda dapat dengan cepat merekam semua atau sebagian suara dalam rekaman tersebut.

Baca juga:  9 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Budidaya Burung Cucak Jenggot

Pemilik mengajari secara langsung

Anda juga bisa melatih burung beo anda sendiri, caranya pun sangat mudah, cukup memperdengarkan kepada burung beo kalimat yang sama dan diulang secara terus-menerus setiap harinya. Contohnya adalah kata selamat pagi, selamat malam, halo apa kabar, asalamualaikum, ada tamu dan lainnya.

Triknya adalah saat masa pelatihan anda harus menggunakan kata-kata/ kalimat tersebut. Dilarang menggunakan kalimat baru sebelum burung beo mampu mengikuti kalimat yang sudah anda ajarkan. Jadi kalian harus harus fokus dahulu terhadap satu, dua hingga tiga kata sederhana. Jika burung beo telah bisa menirukannya, kemudian anda dapat menambahkan kata-kata/ kalimat baru.

Menggantung di Tempat Ramai

Cara lainnya adalah dengan menggantung burung beo ditempat yang ramai, bisa di depan/ rumah ataupun di pinggir jalan. Dengan cara ini burung beo bisa merekam suara-suara yang ia dengar di sekitarnya. Seperti suara dari abang tukang siomay, tukang es, tahu bulat hingga tukang sayur yang lewat di depan rumah.

Cara ini termasuk cara yang paling mudah, hanya saja kita tidak dapat mengontrol suara apa saja yang dipelajari oleh burung beo kita.

Panduan umum proses melatih burung beo agar berbicara lebih efektif

Berikut ini beberapa panduan umum yang perlu diperhatikan saat anda mulai melatih burung beo berbicara. Dengan mengikuti panduan berikut, maka proses pelatihan beo akan lebih efektif

Mengajari sejak usia dini

Burung Beo sudah dapat dilatih sejak usia 4 bulan. Jika sobat melatihnya sejak usia dini maka daya memori mengingatnya akan semakin kuat.

Sehingga melatihnya di usia dini sangat dianjurkan. Saat usia dini itulah burung beo sebaiknya diajarkan mengucapkan kata-kata yang baru agar kosakata tersebut diingatnya ketika dewasa nanti.

Melatih mengucapkan kosakata baru

Burung beo dapat menirukan suara manusia atau hewan lainnya atau apa saja yang dia selalu mendengarkannya sehari-hari. Pada tahap ini, sobat diharapkan dapat melatihnya dengan cara step by step.

Artinya kosakata yang diucapkan harus kata demi kata. Misalnya: Selamat Pagi, Selamat Siang, Ada Tamu, dan lain sebagainya.

Kosakata-kosakata tersebut dapat diajarkan kepada burung beo karena termasuk kosakata yang singkat dan pendek sehingga mudah untuk dihafalkan.

Dalam mengajarkan kata demi kata, sobat harus menyuarakannya dengan jelas agar burung beo dapat menangkap lalu menirukannya dengan baik.

Baca juga:  Ferdinand Cheng: Cetak Lovebird Jawara

Selain itu yang terpenting adalah ajarkan kata-kata yang baik dan sopan agar burung beo tersebut juga akan melontarkan kata-kata yang baik dan sopan pula nantinya.

Melatih berulang-ulang

Setelah anda mengajarkan kosakata yang sudah ajarkan, maka langkah berikutnya adalah melafalkannya berulang-ulang sampai dia mampu menirukannya.

Ingat sobat berulang-ulang bukan maksudnya kosakata “selamat pagi” diutarakan sampai sepuluh kali dalam satu waktu. Ini dapat menyebabkan burung tersebut menirukan suara sobat berulang-ulang juga nantinya.

Dalam hal ini maksudnya adalah di ulang dalam kondisi hari dan waktu yang berbeda. Dengan melakukan pengulangan maka burung beo akan lebih kuat dalam mengingat kosakata yang kita ajarkan.

Latihlah berulang-ulang hingga burung beo tersebut dapat menirukan apa yang sobat kehendaki baik intonasi atau kejelasan dalam pengucapannya.

Melatih dengan situasi yang sebenarnya

Yang keempat adalah melatih burung beo dengan melihat kondisi yang sebenarnya. Misalkan kondisi pagi hari pukul 07.00 kita bisa mengucapkan “selamat pagi”.

Pada saat hujan kita pun juga melatihnya dengan mengucapkan “hujan turun, dingin sekali, hujan deras” sambil menunjuk hujan tersebut.

Ketika tamu sedang datang anda dapat melatihnya dengan menyuarakan “ada tamu, silahkan duduk” sambil mempersilahkan duduk kepada tamu.

Maka artinya burung beo tersebut belajar untuk memahami kondisi realita sebenarnya dengan disertai suara yang dia dengarkan lalu menirukannya.

Ini akan menjadi daya memori yang baik dan dengan timing yang tepat saat burung itu mengucapkannya nanti. Jangan sampai misalkan kondisi cuaca panas burung tersebut mengatakan “hujan turun”. Hal tersebut dikarenakan kita yang salah dalam mengajarkannya dengan kondisi yang sebenarnya.

Beri kasih sayang

Yang terakhir adalah beri kasih sayang layaknya hewan kesayangan anda. Kasih sayang akan memberikan rasa nyaman kepada burung beo tersebut. Perlakukan dia dengan baik.

Beri hadiah yakni misalnya dengan memberikan makanan kesukaannya saat dia mampu menirukan dengan baik apa yang anda ajarkan.

Mandikan dia secara rutin dan berilah tempat yang sejuk dan nyaman. Berikan makanan-makanan kesukaannya agar pertumbuhan dan perkembangan kepintarannya pun juga meningkat.

Komunikasi dan merawatnya dengan sepenuh hati juga merupakan kunci sukses dalam merawat burung beo agar dapat berbicara dengan baik.

Demikian beberapa tips tentang melatih burung beo agar berbicara dari saya, semoga menambah wawasan bagi kita semua yah. Terima kasih sudah mampir untuk membaca.

Similar Posts