Cara Efektif Menanam Pohon Kapuk Randu dan Perawatannya

  • Home
  • Perkebunan
  • Cara Efektif Menanam Pohon Kapuk Randu dan Perawatannya

Berawal dari sebuah biji berserat kecil yang tidak berdaya menghadapi dunia hingga berakhir dalam bentuk sebuah pohon kokoh dengan hasil panen berupa kapuk yang melimpah merupakan jalan hidup yang tipikal bagi pohon kapuk randu atau yang bernama Ceiba pentandra Gaertn.

Tidak sedikit pula anggota masyarakat yang masih menggunakan kapuk sebagai pengisi kasur dan bantal meskipun seiring dengan perkembangan jaman, secara perlahan tapi pasti, kapuk mulai tergeser oleh kehadiran bulu, busa dan per.

Apakah keunggulan pohon tinggi besar ini hanya terletak pada kapuk atau serat-nya sebagai pengisi bantal ataupun kasur? Tidak adakah manfaat atau keunggulan lain yang bisa dirasakan dengan menanam pohon kapuk randu? Pada kenyataannya peran pohon kapuk randu tidak hanya sebagai penghasil isi bantal ataupun kasur serta guling, namun perannya dalam kehidupan manusia jauh lebih banyak dan besar daripada yang selama ini distigmakan pada tanaman kokoh ini.

Banjir beserta dengan tanah longsor yang sering melanda wilayah-wilayah di negara Indonesia telah menjadi bencana alam yang telah merugikan masyarakat selama berpuluh-puluh tahun. Keprihatinan tersebut menyebabkan pemerintah dan masyarakat untuk saling bergotong royong berusaha mengatasi ataupun mencegah akibat mematikan dari kedua bencana alam tersebut.

Namun tidaklah perlu mereka mencari terlalu jauh sebab salah satu keunggulan pohon randu bagi para umat manusia adalah mencegah banjir dan tanah longsong. Hal tersebut memungkinkan untuk terjadi karena pohon randu merupakan sebuah pohon yang kokoh dan kuat sehingga dapat menahan tanah yang akan jatuh atau mengalami erosi yang dapat mengakibatkan kedua bencana alam tersebut.

Selain serat atau kapuk, akar dan daun – daun dari pohon kapuk randu yang sebenarnya berasal dari Amerika ini dapat dimanfaatkan sebagai obat manjur dengan cara meminum air rebusannya sementara daun muda dan buahnya dapat dikonsumsi sebagai lalapan dan lauk yang nikmat dan sedap. Mengonsumsi daun pohon kapuk randu telah terbukti meningkatkan kadar kalsium pada tulang yang tentunya membantu ketahanan dan kekokohan tulang agar tidak mudah keropos.

Apakah anda tertarik untuk mencoba menanam pohon kapuk randu ini? Selain manfaatnya yang banyak dan berguna bagi manusia, cara menanam tanaman yang satu ini pun tidaklah sulit dan modalnya pun tidak terlalu mahal! Berikut ini adalah cara dan langkah-langkah efektif untuk menanam pohon kapuk randu yang mudah sehingga bahkan pemula pun dapat berhasil menerapkannya,

1. Tahap Pembibitan

Layaknya awal dari cara menanam pohon kelapa ataupun cara menanam pohon cendana, cara menanam pohon randu pun dimulai dengan tahap pembibitan. Tahap ini dapat secara langsung menggunakan bibit kapuk randu ataupun menggunakan stek. Apabila anda lebih memilih menggunakan biji kapuk untuk tahap pembibitan ini, maka bibit kapuk yang baik dan ideal untuk dipilih merupakan bibit kapuk yang berumur tua dan telah melewati proses semai.

Apabila biji tersebut telah disemai dan siap untuk tumbuh dalam media tanam secara bendengan, maka waktunya anda mulai menyiapkan media tanam tersebut dengan tanah subur yang telah dicampur dengan pupuk. Pupuk tersebut dapat dibeli di toko ataupun dibuat sendiri di rumah dengan cara membuat pupuk organik cari dari susu basi ataupun cara dan langkah lain yang benar untuk memastikan efek dan keampuhan dari pupuk tersebut.

Tags: