Cara Dobrak Pasar

578_ 13-8Semula Ketua Kelompok Tani Makmur Jaya I, Novem Sujariyanto, dan Ketua Kelompok Tani Makmur Jaya II, Bunawi, kesulitan memasarkan mangga garifta milik anggota.

Pada 2017 kedua kelompok tani itu memproduksi sekitar 2 ton garifta dari sekitar 200 pohon. Sebanyak 1 ton mangga diberikan kepada tetangga dan kerabat karena masak lebih dahulu, sedangkan sisanya terjual. Bagaimana cara Novem dan Bunawi menjual buah tanaman kerabat bacang Mangifera foetida itu? Pada November 2017 kedua kelompok tani itu mengikuti pameran di Malang, Jawa Timur, dan di alun-alun Situbondo. Dari kedua acara itulah masyarakat mengenal garifta produksi kelompok tani Novem dan Bunawi.

Selesai pameran pun permintaan garifta tinggi. Pembeli tidak hanya dari Malang dan Situbondo, tapi juga daerah lain seperti, Jakarta, Lampung, dan Kendal (Jawa Tengah). “Pameran menjadi ajang sosialisasi dan pemasaran garifta yang semula hanya dikonsumsi petani,” kata Novem. Nun di Indramayu, Jawa Barat, H. Urip, mengandalkan pemasaran melalui media sosial untuk penjualan mangga agrimania nunuk. Juara Lomba Buah Unggul Nasional (LBUN) 2014 itu.

Peningkatan penjualan melalui media sosial sesuai riset Heru Nugroho dan Kastaman dari Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom, Bandung, Jawa Barat.

Dalam Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi (SNAST) 2014 Heru dan Kastaman menyatakan ada 5 kunci agar sukses menggunakan media sosial sebagai penunjang bisnis. Pertama buatlah fanpage untuk membangun merek produk (brand), menarik lebih banyak anggota fanpage, menunjukkan profesonalitas berbisnis, memudahkan promosi, dan terindeks pada mesin pencari (search engine). Kedua bergabunglah dengan grup media sosial lain yang memungkinkan produk bisnis dikenalkan.

Ketiga lakukan pembaharuan pada fanpage atau grup tertentu berkaitan dengan produk baru atau produk yang mendapatkan respons positif konsumen. Keempat tampilkan testimoni kepuasan pelanggan pada fanpage. Harapannya untuk meningkatkan kepercayaan konsumen atau calon pembeli. Kelima berikan informasi jelas tentang produk, cara pemesanan, dan sediakan ruang untuk konsumen agar bisa berkomunikasi secara personal. (Riefza Vebriansyah)

Tags: dobrak pasar, pasar buah, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x