Cara Agar Pohon Mangga Cepat Berbuah

Produktivitas buah mangga yang tinggi dengan kualitas terbaik akan menghasilkan keuntungan yang besar bagi Anda yang terjun ke dalam bisnis buah mangga. Tanaman mangga termasuk dalam tanaman tahunan yang berbuah dengan sangat cepat dalam setahun.

Agar pohon mangga cepat berbuah maka pertumbuhan bunga tanaman dapat diatur dan dipercepat dengan melakukan perlakuan khusus terhadap tanaman mangga.

Perlakuan khusus tersebut bisa Anda lakukan baik itu untuk mangga yang ditanam dalam pot maupun mangga yang ditanam pada lahan. Perlakuan ini dilakukan dengan tujuan untuk merangsang terbentuknya bunga dan buah pada tanaman yang telah memasuki umur produktif, yaitu sekitar 1,5 tahun – 3 tahun. Berikut adalah perlakuan khusus yang bisa Anda lakukan agar pohon mangga cepat berbuah.

Pemangkasan cabang dan ranting

Agar pohon mangga cepat berbuah maka langkah pertama perlakuan yang bisa Anda lakukan adalah pemangkasan. Pemangkasan yang dilakukan secara teratur pada tanaman mangga dapat merangsang pembentukan buah.

Pangkaslah cabang dan ranting yang tidak produktif. Hal ini akan mengefisienkan penggunaan energi hasil dari fotosintesis, sehingga kandungan karbohidrat pada tanaman yang dibutuhkan untuk pembentukan buah akan meningkat. Pemangkasan pada tanaman yang rimbun akan membantu meratakan penyebaran sinar matahari.

Sinar matahari akan membantu pembentukan karbohidrat secara maksimal. Pangkas cabang yang tumbuh dengan tegak. Cabang tegak biasanya tidak akan menghasilkan bunga jika dibandingkan dengan cabang yang datar. Pemangkasan juga dapat Anda lakukan pada cabang yang terkena penyakit, ranting – ranting yang bersilangan dan tumbuh dengan rapat.

Untuk budidaya mangga dalam pot atau tabulampot mangga, agar pohon mangga cepat berbuah pemangkasan bisa dilakukan pada tunas muda untuk merangsang pembuahan. Cara ini kurang efektif untuk pohon mangga dengan ukuran yang besar karena dibutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak.

Memberi Luka Pada Batang

Ini adalah perlakuan fisik yang banyak dilakukan untuk pembentukan buah mangga. Dengan memberi luka pada batang maka akan menghambat distribusi hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat dari daun ke akar sehingga diharapkan nantinya karbohidrat akan menumpuk pada bagian cabang dan daun.

Kadar karbohidrat yang telah mencapai titik jenuh pada bagian daun ditambah lagi dengan rasio nitrogen dan karbohidrat 2 : 3 plus hormon auksin yang diproduksi oleh bagian pucuk tanaman akan sangat cepat merangsan pembentukan bunga.

Teknik pelukaan agar pohon mangga cepat berbuah

Teknik pelukaan agar pohon mangga cepat berbuah

Pelukaan pada batang terbukti efektif agar pohon mangga cepat berbuah. Cara pelukaan biasanya dilakukan dengan cara mengelupas kulit batang pohon mangga sampai kambiumnya hilang. Pelukaan bisa dilakukan dengan lebar 10 – 20 cm.

Melengkungkan Batang

Melengkungkan batang adalah cara lain agar pohon mangga cepat berbuah. Tujuannya adalah untuk menghambat fase pertumbuhan vegetatif dan mendorong pertumbuhan generatif pada pohon mangga. Melengkungkan batang ini dilakukan dengan mendatarkan cabang. Kondisi cabang yang datar membuat aliran unsur hara dan air akan berlangsung lebih lambat jika dibandingkan dengan cabang yang tumbuh dengan lurus menurun.

Cara melengkungkan batang agar pohon mangga cepat berbuah adalah menarik cabang yang akan dilengkungkan ke arah tanah sampai posisi merunduk. Ujung cabang bisa Anda tahan dengan menggunakan tali yang diikat ke patok yang ditancapkan ke tanah agar cabang tidak kembali ke posisi semula.

Pelilitan Batang Atau Pencekikan

Pelilitan batang mempunyai prisip yang sama dengan memberikan luka pada batang tanaman mangga, yaitu menghambat aliran hasil fotosintesis dari daun menuju akar tanaman. Sehingga nantinya karbohidrat akan tertahan pada daun yang kemudian digunakan untuk merangsang tumbuhnya bunga dan buah.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x