Cara Agar Bunga Adenium Berbunga Lebat

Cara Agar Bunga Adenium Berbunga Lebat 1

Adenium tumpuk yang sedang mekar elok sebagai penghias rumah. Kiat pehobi agar adenium bermahkota tumpuk lebat bunga.

Nama adenium anyar itu madeira mengingatkan kita akan sebuah pulau milik Portugal yang sohor akan anggurnya. Masyarakat Roma menyebutnya Pulau Ungu. Adenium madeira juga berwarna ungu tua, mendekati hitam malah. Di bagian tepi kelopak muncul semburat warna putih yang membentuk bordir. Adenium anyar itu lahir berkat tangan dingin pemulia di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Rochmad Subandi SSi

Madeira lahir dari persilangan antara black lady dan kinanthi. Black lady adenium berkelopak ganda berwarna dasar hitam. Adapun kinanthi adenium berkelopak tiga dengan warna dasar merah berbordir putih. Perkawinan dua jenis bunga itu menghasilkan madeira yang memiliki warna dasar hitam keunguan warisan black lady, sedangkan bordir putih yang menghiasi bagian tepi turunan kinanthi.

Rajin berbunga

Rochmad patut bangga dengan kehadiran madeira sebab adenium berbunga kehitaman masih sangat jarang di pasaran. Kelebihan lain madeira rajin berbunga. Kuntum bunga yang muncul pun banyak. Alumnus Universitas Sebelas Maret itu juga “membidani kelahiran widuri dan somaluna. Adenium widuri hasil persilangan antara yellow sunrise dan butterfly.

Somaluna hasil persilangan induk betina ac milan dan jantan triple santa clause. (Foto: Rochmad Subandi)

Somaluna hasil persilangan induk betina ac milan dan jantan triple santa clause.

Warna kuning widuri menurun dari induk betina yellow sunrise. Sementara semburat merah berasal dari jantan butterfly. Bunga widuri berukuran kecil, tetapi kompak. Penampilannya menjadi semakin cantik lantaran aktif bercabang dan rajin berbunga. Adapun somaluna lahir dari persilangan induk betina ac milan dan jantan triple santa clause. Ciri-ciri bunga dengan warna dasar merah kehitaman menurun dari induk betina ac milan.

Sementara bordir tipis putih di tepi petal merupakan karakter yang didapat dari santa clause. Tingkat pertumbuhan bunga somaluna relatif lebih cepat seperti sang induk betina. Diameter bunga mencapai 7 cm sehingga penampilannya sangat elok. Rochmad menata beragam koleksinya itu di pekarangan rumah seluas 12 m x 24 m itu. Ia fokus menghasilkan adenium tumpuk sejak 2015.

Baca juga:  6 Cara Merawat Tanaman Gantung Pucuk Ungu

Pehobi adenium di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Mufid Arifin, memperoleh adenium tumpuk idaman. Mufid bisa saja mendatangkan adenium tumpuk dari Taiwan maupun Thailand. Ia urung melakukan itu karena perizinan yang cenderung sulit. Salah satu hasil silangannya yang paling menarik adalah adenium berkelopak bunga tumpuk dengan warna kuning kehijauan.

Warna kuning widuri menurun dari induk betina yellow sunrise, sedangkan semburat merah berasal dari jantan butterfly. (Foto: Rochmad Subandi)

Warna kuning widuri menurun dari induk betina yellow sunrise, sedangkan semburat merah berasal dari jantan butterfly.

Sayang, adenium anyar itu masih belum memiliki nama. “Saking banyaknya hasil persilangan saya sampai lupa memberi nama,” katanya. Mufid menyimpan seluruh adenium tumpuk koleksinya di lantai atas rumahnya. Tanaman mulai belajar berbunga pada umur 6 bulan. Setiap bunga yang lahir memiliki keindahan masing-masing. Corak dan warna bunga yang elok membuat Mufid tidak merasa bosan.

Sinar Matahari

Perawatan adenium bunga tumpuk cenderung mudah, nyaris serupa dengan adenium biasa. “Sebenarnya tanpa dipoles sedemikian rupa pun adenium sanggup bertahan hidup. Maklum habitat asal adenium di kawasan gurun,” kata Rochmad. Namun jika ingin tanaman tampil menawan tentu saja butuh upaya berupa perawatan yang optimal.

Menurut Rochmad agar adenium tumpuk berbunga melimpah, tempatkan tanaman di lokasi bersinar matahari langsung. Rochmad menganjurkan tanaman setidaknya mendapatkan sinar matahari selama 5 jam setiap hari. Pehobi yang tinggal di daerah bercurah hujan tinggi sebaiknya memasang plastik ultraviolet. Tujuannya mencegah tanaman rontok dan busuk lantaran curah hujan tinggi.

Bila perlu bangun greenhouse sehingga tanaman lebih mudah diatur pertumbuhannya. Pehobi tanpa greenhouse tak perlu risau. Letakkan saja tanaman di tempat yang aman dari ancaman hujan terus-menerus. Begitu muncul sinar matahari segera bawa tanaman ke tempat terbuka. Hal itu penting dilakukan sebab adenium sangat membutuhkan sinar matahari. Media tanam juga menjadi persoalan penting.

Madeira, adenium tumpuk hasil silangan Rochmad Subandi S.Si., di Klaten, Jawa Tengah. (Foto: Rochmad Subandi)

Madeira, adenium tumpuk hasil silangan Rochmad Subandi S.Si., di Klaten, Jawa Tengah.

Setiap pehobi memiliki komposisi media tanam yang berbeda menyesuaikan agroklimat setempat. “Yang pasti media tanam harus porous,” kata Rochmad. Ia memilih media tanam berupa campuran sekam bakar, kotoran kambing fermentasi, dan pasir malang dengan perbandingan 5:2:1. Formula itu khusus untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, cabang, dan produksi bunga.

Baca juga:  Menanam Semangka di Polybag/ Pot

Mufid memilih media campuran sekam bakar dan pasir malang dengan perbandingan 1:1. Sementara Dian Widiasih, pehobi adenium di Pekanbaru, Provinsi Riau, memilih campuran sekam bakar, pasir atau tanah hitam, kompos, serbuk sabut kelapa atau cocopeat, dan pupuk organik dari kotoran kambing atau sapi yang sudah terfermentasi. Perbandingan bahan baku itu 3:1:1:1:1.

Teknik Banjir Bunga.

Teknik Banjir Bunga.

Pacu bunga adenium 

Rochmad menuturkan supaya adenium tumpuk banjir bunga sehatkan dahulu tanaman dengan pemupukan. Gunakan pupuk NPK seimbang setiap bulan selama 6 bulan sesuai dosis anjuran. Berikan juga pupuk daun yang mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap. Dosis penyemprotan menyesuaikan anjuran. Adapun frekuensi penyemprotan setiap 5—7 hari sekali. Selain itu siram tanaman setiap 3—4 hari sekali.

Rochmad Subandi S.Si., rajin menyilangkan adenium untuk memperoleh varian baru.

Rochmad Subandi S.Si., rajin menyilangkan adenium untuk memperoleh varian baru.

Usai tanaman tampak rimbun lakukan pemangkasan. Cara itu mempercepat tumbuhnya pucuk baru sekaligus merangsang tanaman agar berbunga. Selanjutnya berikan pupuk yang mengandung unsur fosfor dan kalium lebih tinggi setiap bulan. Perawatan sederhana seperti itu cukup membuat adenium hidup sentosa. Rochmad tidak memberikan tambahan hormon untuk membungakan adenium.

Adenium tumpuk hasil silangan Mufid Arifin.

Adenium tumpuk hasil silangan Mufid Arifin.

Ia menuturkan pada dasarnya adenium adalah tanaman gurun yang mampu bertahan hidup di kawasan miskin hara. “Asalkan syarat hidup terpenuhi adenium dapat tumbuh baik dan berbunga,” katanya. Menurut Mufid pehobi sebaiknya menaburkan pupuk daun lambat urai untuk memacu pertumbuhan.

Saat tanaman memasuki waktu berbunga ia mengganti dengan pupuk khusus pembungaan yang juga lambat urai dengan dosis satu sendok makan per tanaman. Jumlah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan hara tanaman selama 6—8 bulan.

Mufid Arifin menyilangkan adenium sejak 2 tahun belakangan.

Mufid Arifin menyilangkan adenium sejak 2 tahun belakangan.

Pehobi adenium di Bekasi, Jawa Barat, Widyantoro, memberikan saran agar saat tanaman mulai mengeluarkan kuncup bunga usahakan jangan sampai terkena siraman air.

Letakkan tanaman di tempat agak teduh saat bunga mekar agar bunga mekar lebih lama Untuk mencegah serangan hama dan penyakit ada cara paling mudah yang bisa dilakukan pehobi. “Pehobi harus rajin membersihkan tanaman memakai kuas atau sikat halus,” kata Widyantoro.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x