Bunga adenium merupakan salah satu tanaman hias yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Bunga adenium adalah tanaman sukulen yang mempunyai keunikan pada bonggolnya. Bonggol bunga ini seperti umbi hingga bunga adenium seperti terlihat tanaman bonsai.

Awalannya, tanaman ini hidup di padang pasir Afrika Selatan dan wilayah Timur tengah. Tetapi seiring waktu berjalan, bunga adenium menebar ke beberapa negara di Asia, seperti Indonesia, Taiwan, Thailand, India, dan Vietnam.

Cara agar adenium berbunga serempak :

Adenium yang tumbuh subur dan berbunga serempak dambaan para pehobi. Mereka lazimnya memanfaatkan Vitamin B1 untuk meningkatkan pertumbuhan daun dan pembungaan adenium.

Pehobi di Pekanbaru, Provinsi Riau, Dian Widiasih memilih bahan alami yaitu leri atau air dari cucian beras. Air cucian beras mengandung vitamin, mineral, dan protein yang memiliki peran yang sama dengan vitamin B1 konvensional.

Dian menyarankan menggunakan air cucian beras dengan intensitas penyiraman cukup setiap 2 pekan, setelah kurang lebih 4 kali penyiraman, adenium subur secara serempak.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d