Cabai Jawa Mutu Prima

Pasar membutuhkan cabai jawa. Peluang untuk mengebunkan.

Cabai jawa dijual dalam bentuk kering.

Cabai jawa dijual dalam bentuk kering.

Salah satu perusahaan obat besar di dalam negeri membutuhkan pasokan rutin cabai jawa kering 60 ton setiap bulan. Adapun permintaan untuk ekspor ke Eropa mencapai 350 ton per hari. Chief Executive Office (CEO) PT Tri Rahardja, Junius Rahardjo, mengatakan, kebutuhan cabai jawa mencapai 12 ton setiap bulan. PT Tri Rahardja yang mengelola merek Javaplant memproduksi ekstrak beragam tanaman obat, termasuk cabai jawa.

Permintaan cabai jawa tinggi untuk industri dan ekspor.

Permintaan cabai jawa tinggi untuk industri dan ekspor.

Kebutuhan itu sebagai bahan baku pelengkap produk herbal baik ekstrak kental maupun ekstrak kering. “Produk jadinya berupa cairan dalam saset, pil, kaplet, dan kapsul,” kata Junius. Menurut Junius industri memerlukan cabai jawa yang mengandung senyawa piperin dan beta-careophelene minimal 2% dalam simplisia kering. “Jika sesuai kualitas harganya bisa sampai Rp95.000 per kg,” kata Junius.

Obat tradisional

Bibit cabai jawa siap tanam pada 3 bulan pascasetek.

Bibit cabai jawa siap tanam pada 3 bulan pascasetek.

Cabai jawa melancarkan peredaran darah dan membuka pembuluh darah agar mengalir ke seluruh organ tubuh dengan optimal. Indikasi kesehatan yang paling banyak dimanfaatkan oleh produsen obat tradisional dan herbal adalah untuk menyembuhkan pegal dan nyeri otot. Petani di Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, Sumardi, tertarik mengebunkan cabai jawa karena permintaan tinggi itu.

Cara Tanam Cabai Jawa.

Cara Tanam Cabai Jawa.

“Di samping permintaan tinggi, harganya pun tinggi di tingkat petani yaitu rata-rata Rp50.000 per kg kering,” kata Sumardi. Ia membudidayakan cabai jawa di lahan 1 hektare dengan populasi 2.500 tanaman. “Teknis budidayanya hampir sama dengan lada yang membutuhkan tajar,” kata Sumardi. Menurut Sumardi pada tahun pertama sebuah tanaman menghasilkan 100 gram kering per bulan. Panen berlangsung setiap bulan.

Cara Tanam Cabai Jawa.

Cara Tanam Cabai Jawa.

Pada tahun ke-2 produksi meningkat menjadi 200 gram per tanaman setiap bulan. Adapun pada tahun ke-2 dan ke-3 produksi 300 gram. Tanaman anggota famili Piperaceae itu bisa berproduksi hingga 30 tahun, produktivitas dari tahun ke 4 hingga tahun ke-30 rata-rata 500 gram cabai jawa kering per bulan per tanaman. Menurut pengelola kebun herbal Taman Sringanis, Mardi Juanda, budidaya cabai jawa relatif mudah. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Tags: , ,

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags: