burung kakatua,burung kakak tua

Question:

Saya memiliki burung kakatua berumur setahun yang mengalami rontok bulu lebih dari 8 bulan dan belum juga tumbuh bulu baru.

  1. Berapa lama normalnya burung kakatua mengalami rontok bulu hingga tumbuh bulu kembali?
  2. Bagaimana perawatan (pakan dan perlakuan) yang tepat untuk burung kakatua rontok bulu?
  3. Kebiasaan lainnya, kakatua itu suka mencabuti bulunya sendiri hingga bulunya makin sedikit. Pakan berupa jagung pun hanya dipatuk-patuk lalu dimuntahkan lagi. Apakah itu tanda stres? Bagaimana mengatasinya? Apakah perlu obat tertentu?

Answer:

  1. Burung kakatua mengalami rontok bulu atau mabung alias molting selama 7—9 bulan. Biasanya saat mabung, bulu rontok tidak sampai habis. Pertumbuhan bulu baru bertahap seperti menyulam, muncul helai per helai.
  2. Perawatan untuk burung kakatua yang sedang rontok bulu adalah diberi pakan dan minum yang cukup. Agar lebih maksimal, burung sebaiknya diberi Bird Molt Pre—suplemen berisi vitamin dan mineral yang diracik khusus untuk memicu perontokan bulu sekaligus menumbuhkan bulu baru. Saat pertumbuhan bulu, berikan asupan Bird Molt Post—suplemen penunjang pertumbuhan bulu baru. Caranya, teteskan suplemen cair itu pada pakan.
  3. Kebiasaan mencabuti bulu dan makan jagung yang dimuntahkan lagi menunjukkan burung kakatua stres. Sebaiknya burung diberi pakan bervariasi. Selain jagung, kuaci, biji bunga matahari, kacang, serta buah-buahan seperti apel, pisang, dan pepaya secara selang-seling. Untuk mengurangi stres, kakatua harus diajak berinteraksi dengan bicara atau bermain karena sifat burung itu aktif, sehingga burung tidak merasa bosan.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d