Bukti VCO Jaga Stamina 1
Virgin Coconut Oil (VCO) membantu menjaga stamina saat berpuasa di bulan Ramadan.

Virgin Coconut Oil (VCO) membantu menjaga stamina saat berpuasa di bulan Ramadan.

Bukti ilmiah konsumsi minyak kelapa murni saat puasa membuat tubuh makin bugar.

Bukti empiris bahwa minyak kelapa murni meningkatkan stamina saat puasa amat berlimpah. Sekadar contoh, Ratna Muwardi dan Ujang Kosasih yang rutin mengonsumsi minyak  kelapa murni tampak bugar selama berpuasa. “Rasanya seperti sedang tidak puasa, ya paling hanya lapar melanda di sore hari,” kata Ratna.  Menurut periset di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang, Dian Ermawati, S.Farm., Apt., minyak kelapa murni itu mencegah lapar.

Untuk mendapatkan minyak kelapa yang berkualitas membutuhkan bahan dasar yang baik.

Untuk mendapatkan minyak kelapa yang berkualitas membutuhkan bahan dasar yang baik.

Dian mengatakan, Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni membantu tubuh tahan terhadap rasa lapar lebih lama. VCO memberikan tubuh energi dengan cepat sehingga jaringan tubuh merasa kenyang dan tidak mudah lapar. Kandungan asam lemak rantai sedang yang terdapat pada minyak nabati itu mudah dan cepat diserap oleh tubuh. Minyak perawan itu juga membantu membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi dengan cepat.

Asam laurat

Proses pembakaran menyebabkan suhu badan menjadi lebih tinggi, kondisi itu menjadikan tubuh lebih bersemangat dan bertenaga saat beraktivitas walau berpuasa. Komponen utama VCO berupa asam lemak jenuh sekitar 90% dan asam lemak tak jenuh sekitar 10%. Asam lemak jenuh VCO didominasi oleh asam laurat. VCO mengandung sekitar 53% asam laurat dan 7% asam kaprilat. Keduanya merupakan asam lemak rantai sedang yang biasa disebut Medium Chain Fatty Acid (MCFA).

“VCO membantu meningkatkan metabolisme tubuh, karena kandungan MCFA yang cepat, mudah dicerna dan diserap tubuh, serta meningkatkan kerja metabolisme tubuh,” ujar Dian. Menurut Dian salah satu pemanfaatan kelapa dalam bidang kesehatan dalam upaya mendukung visi Indonesia sehat adalah dengan memproduksi VCO. Untuk membuat VCO memerlukan enzim protease dan salah satu penghasil enzim protease adalah Saccharomyces cereviceae.

Baca juga:  Rangsang Gubal Gaharu

Olahan minyak kelapa itu memiliki beberapa keunggulan yaitu kandungan asam laurat yang tinggi. Tubuh akan mengubah asam laurat menjadi monolaurin yaitu sebuah senyawa monogliserida yang bersifat antibiotik di antaranya sebagai antivirus, antibakteri, antiprotozoa, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap penyakit serta mempercepat proses penyembuhan.

Asam kaprat pun bermanfaat bagi kesehatan. Tubuh mengubah asam kaprat menjadi monokaprin. VCO memiliki 50% asam laurat yang berfungsi membentuk monolaurin pada tubuh manusia. Menurut profesor emeritus dari Michigan State University, Illinois, Amerika Serikat, Jhon Kabara, monolaurin merupakan antivirus, antibakteri, dan antiprotozoa. Asam kapriat membentuk monocaprin pada tubuh manusia yang terbukti sebagai antivirus.

Riset ilmiah

Saat berbuka puasa lazimnya masyarakat langsung memakan makanan berminyak yang dapat menurunkan stamina tubuh.

Saat berbuka puasa lazimnya masyarakat langsung memakan makanan berminyak yang dapat menurunkan stamina tubuh.

Penelitian Bartolotta S. dan rekan sejawatnya di Ciudad Universitaria, Buenos Aires, Argentina, menunjukkan bahwa asam laurat atau C-12 paling efektif menghadang tahap pendewasaan siklus replikasi virus. Asam laurat atau lauric acid dalam tubuh bekerja mengurangi hasil sekresi virus dan menghambat tekanan patogen virus, tanpa mempengaruhi kelangsungan hidup sel dalam jaringan tubuh.

Menurut Kabaradalam buku Minyak Kelapa dalam Bidang Kesehatan dan Penyakit, yang ditulis Conrado S. Dayrit, mempelajari aspek nutrisi dan kesehatan minyak kelapa murni selama lebih dari 30 tahun. Dalam sebuah riset, Kabara menemukan minyak kelapa tanpa pemanasan yang tergolong raw food (makanan mentah untuk diet). Minyak itu mengandung 47—59% asam lemak jenuh rantai sedang alias MCFA dan monogliceride.

Asam lemak itu berupa asam laurat,  asam miristat, asam palmitat, asam stearat, dan asam linoleat. Menurut hasil penelitian dosen Jurusan Kimia, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Feti Fatimaha, di dalam tubuh lemak rantai sedang dalam VCO dapat dengan mudah menembus mitokondria, sebuah organ yang ada dalam setiap sel tubuh. Mitokondria berfungsi menghasilkan energi untuk tubuh.

Baca juga:  Bisnis Suvenir Raja Sehari

Kemudahan menembus mitokondria itu menyebabkan VCO berperan sebagai sumber energi instan yang dapat dengan cepat digunakan oleh tubuh. Lemak rantai sedang memiliki ukuran molekul yang kecil. Jadi, ia mudah dicerna dan diserap oleh dinding usus. Selanjutnya dibawa ke dalam hati untuk diubah menjadi energi setelah melalui proses pengolahan di mitokondria.

Asupan makanan

Minuman dingin seperti sirup menjadi pilihan utama pelepas dahaga tetapi tidak baik bagi kesehatan.

Minuman dingin seperti sirup menjadi pilihan utama pelepas dahaga tetapi tidak baik bagi kesehatan.

Lemak rantai panjang memiliki molekul lebih besar. Ia harus dipecah dan dikemas dalam bentuk lipoprotein. Kemudian diedarkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah dan diangkut ke hati. Dalam proses pengolahannya, lemak rantai panjang membutuhkan enzim spesial supaya bisa menembus mitokondria. Hasilnya adalah energi, kolesterol, dan lemak. Kolesterol dan lemak itu yang memicu risiko munculnya berbagai penyakit, seperti darah tinggi, arteriosklerosis, stroke, obesitas, darah kental, diabetes, dan aneka penyakit degeneratif lain.

Menurut peneliti ahli Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Suci Destriatania, S.K.M., M.K.M., asupan makanan dan minuman memang harus menjadi perhatian saat berpuasa. Sebaiknya menghindari makanan pedas dan masam karena dapat menjadi pencetus diare dan gangguan pencernaan lain seperti mag.

Saat berbuka kebanyakan orang langsung melahap makanan dalam porsi besar. Akibatnya perut langsung penuh hingga kadang badan tak sanggup berdiri. Sebaiknya setiap hari sesudah makan sahur dan sebelum makan berat setelah berbuka puasa, konsumsi 2 sendok makan minyak kelapa murni untuk menjaga stamina tubuh. (Tiffani Dias Anggraeni)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *