Budidaya Tumpangsari 1
Tumpangsari nanas di antara buah naga memberikan keuntungan ganda.

Tumpangsari nanas di antara buah naga memberikan keuntungan ganda.

Dompet Dhuafa menerapkan sistem budidaya tumpang sari di lahan 5 hektare. Menurut penanggungjawab kebun, Agung Karisma, pemilihan komoditas berdasarkan kecocokan syarat tumbuh. Agung mengatakan, buah naga dan nanas tumbuh baik di lokasi itu. Keduanya juga tidak saling mengganggu. Selain itu ia juga memilih pepaya sebagai tumpangsari karena berumur singkat, yakni 2 tahun.

Pepaya ditebang pada umur dua—tiga tahun agar tidak menaungi buah naga yang memerlukan sinar matahari melimpah untuk berfotosinetesis. Di blok G, terdapat 700 tanaman pepaya. Di antara baris pepaya, ia menanam nanas. Agung menanam Ananas comosus di antara tanaman buah naga dan pepaya, atau di antara keduanya. Jarak tanam buah naga dan pepaya, 3 m x 3 m.

Sistem organik
Jarak tanam yang dipilih (3 x 3 m) tergolong renggang. Itulah sebabnya ia menanam nanas di tengahnya. Adapun jarak tanam anggota keluarga Bromeliaceae itu 40 cm x 50 cm. Pada tahun kedua, nanas memenuhi area kosong di antara buah naga. Setelah berbuah ke-5—7 Agung membongkar atau meremajakan nanas. Tumpang sari buah naga, nanas, dan pepaya di kebun Dompet Dhuafa berhasil.

Bila hanya menerapkan monokultur pepaya, buah naga, atau nanas mereka akan rugi karena banyak lahan kosong tidak termanfaatkan. Namun, dengan sistem tumpangsari, pengelola mendapatkan pemasukan beberapa komoditas. Selain itu mereka juga memberdayakan petani sesuai tujuan. Selain tumpangsari Agung juga menerapkan budidaya organik. Kebun itu memanfaatkan limbah komoditas untuk pertumbuhan tanaman yang lain.

Limbah kulit nanas sebagai penutup tanah sekaligus sebagai pupuk organik untuk tanaman buah naga. Mereka pun memelihara domba untuk memanfaatkan kotorannya sebagai pupuk organik. (Syah Angkasa)

Baca juga:  Panen Cabai di Lahan Gersang

Tags: buah naga, trubus, tumpangsari

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *