Kuzzo, anjing ras tibetan mastiff milik pehobi di Jakarta Utara.

Kuzzo, anjing ras tibetan mastiff milik pehobi di Jakarta Utara.

Anjing, kucing, dan kelinci berkualitas berlomba menjadi yang terbaik.

Anjing ras kintamani itu cekatan melewati rintangan berupa gorong-gorong, tiang zig-zag, dan papan jungkat-jungkit. Penonton berdecak kagum melihat kegesitan anjing bernama Brutus itu. Juri ketangkasan anjing asal Bandung, Jawa Barat, Lie Bie Han, juga terpukau dengan aksi anjing berbulu putih itu. Lie pun menganugerahi Brutus gelar The Best Agility pada kejuaraan agiliti Pasundan Dog Show 2017 di Bandung, Jawa Barat, 8 April 2017.

Menurut ketua panitia acara, Yanie Kamadjaja, syarat mendapatkan gelar The Best Agility antara lain anjing minimal sudah level 2, baik kategori jumping atau agility (Baca Trubus edisi Februari 2017, halaman 130—131). “Peraih gelar itu adalah anjing yang mendapat poin tertinggi, tercepat, dan minim kesalahan,” kata perempuan asal Bandung, Jawa Barat itu. Gelar best of the best pada kontes anjing terbagi menjadi 2 kategori yakni the best agility dan the best jumping.

Latihan

Show Manager Pasundan Dog Show 2017, Kurniawan Subrata.

Show Manager Pasundan Dog Show 2017, Kurniawan Subrata.

Supriyono—pawang Brutus—pun gembira dengan prestasi anjing berumur 10 tahun itu. Menurut Supriyono tidak ada persiapan khusus menjelang lomba. Pria asal Bogor, Jawa Barat, itu mengatakan latihan rutin adalah kunci menjaga konsistensi. Supriyono melatih anjing itu 2—3 kali setiap pekan. Durasi latihan 1 jam yang terdiri atas beberapa sesi seperti lari zig-zag, melompat, dan lari cepat.

Tidak mudah melatih anjing menjadi ahli ketangkasan. Sebaiknya latihan ketangkasan dimulai ketika anjing berumur 6—7 bulan. Dengan begitu anjing terbiasa dengan berbagai rintangan. Komunikasi antara pawang dan klangenan pun menguat. Pola latihan rutin itu menjadikan Brutus juara umum agiliti sejak 2014—2016. “Semoga pada 2017 Brutus juga menjadi juara umum agiliti,” kata pehobi anjing agiliti sejak 2003 itu.

Baca juga:  Kampiun Adu Elok

Menurut Yanie kontes ketangkasan itu berjalan sukses. Sekitar 16 anjing dari seluruh tanah air meramaiakan kontes. Paling jauh datang dari Bali. Ia mengatakan setiap tahun pehobi ketangkasan anjing meningkat. “Kami masih terus berbenah diri serta meningkatkan teknik pawang dan anjing,” kata ketua Klub Agiliti Jawa Barat itu. Di tanahair pehobi agiliti lebih banyak untuk hobi semata. Namun berawal dari hobi kemudian mengikuti kontes dan berprestasi.

Juri Pasundan Dog Show 2017 asal Irlandia, Michael Leonard.

Juri Pasundan Dog Show 2017 asal Irlandia, Michael Leonard.

Kontes anjing lain yang diselenggarakan berbarengan adalah Pasundan Dog Show 2017. Menurut Show Manager, Kurniawan Subrata, dalam 2 hari berlangsung 4 kontes anjing. Subrata mengatakan sekitar 252 anjing ras dari seluruh tanahair berpartisipasi. Acara yang diselenggarakan Persatuan Kinologi (Perkin) Jawa Barat itu mendatangkan 6 juri dari mancanegara (Finlandia, Irlandia, Rusia, Australia, Filipina, dan Taiwan) untuk menilai peserta.

Tujuan kontes memperkenalkan anjing ras murni asli Indonesia yakni kintamani dan ajang temu kangen para pencinta anjing. “Ras kintamani baru diakui di kawasan Asia Pasifik. Acara ini juga salah satu upaya mengenalkan anjing ras asli tanahair untuk diakui dunia,” kata pria asal Bandung, Jawa Barat, itu. Juri asal Irlandia, Michael Leonard, mengatakan sangat senang dan tersanjung menjadi juri di tanahair karena acara terselenggara dengan baik.

570_ 77Michael menuturkan kriteria penilaian antara lain kesesuaian anjing dengan ras murni sesuai standar. “Yang terbaik adalah anjing ras kualitas ekstra show,” kata pria yang kali pertama ke Indonesia pada 2017 itu. Penanganan anjing ras di tanahair mesti ditingkatakan lagi agar berkualitas lebih baik di masa depan. Yang menarik perhatian adalah hadirnya anjing ras tibetan mastiff.

Ririn Subroto (kedua dari kanan), saat pemberian best of best kitten dan best of best kitten Indonesian breed.

Ririn Subroto (kedua dari kanan), saat pemberian best of best kitten dan best of best kitten Indonesian breed.

Anjing itu bersosok bongsor dan bisa mencapai tinggi 1 m. Banyak pegunjung berswafoto dengan anjing dari Tibet itu. Gunawan—pemilik tibetan mastiff—tertarik anjing itu karena bertubuh bongsor. “Banyak orang mengira tibetan mastiff termasuk ras liar dan sulit dijinakkan. Padahal jika penanganan tepat anjing itu jinak dan bisa mengikuti dog show,” kata pehobi asal Jakarta itu.

Baca juga:  Kontes Durian Jawara dari Narmada

Kontes kucing
Satwa klangenan lain yang memeriahkan kontes adalah kucing. Ajang kontes kucing bertajuk Champ of The Champ 4 seakan-akan milik Hurayra Nasiraa. Pasalnya para juri menobatkan kucing persia itu sebagai peraih gelar gelar best of best (BOB) kitten dan BOB Kitten Indonesian Breed. Keruan saja Ray Mananggar—pemilik Hurayra—senang bukan kepalang dengan prestasi bergengsi itu.

“Hampir semua juri bilang Hurayra bertubuh coby atau gempal serta berkaki dan berekor pendek,” kata Ray. Kucing tangkaran Hurayra memang langganan juara. Kelebihan lainnya mata Hurayra berekspresi dan besar. Komedian dan artis Uya Kuya pun mengadopsi Hurayra karena kepincut raihan prestasi dan kelebihan kucing itu. Menurut Ray memaksimalkan kondisi klangenan adalah kunci menghasilkan kucing juara.

Supriyono dan Brutus, anjing kintamani berumur 10 tahun.

Supriyono dan Brutus, anjing kintamani berumur 10 tahun.

Perawatan meliputi menjaga kesehatan dan kebersihan kucing. Ia membersihkan sekitar mata dan grooming total setiap 2 pekan. Pemilik Kingkong Petshop itu mengandalkan sampo premium dari Inggris dan Perancis untuk perawatan bulu. Kontes kucing yang berlangsung pada 8-9 April 2017 itu berlangsung sukses dan meriah. Show Manager, Jimmy Oetji, mengatakan total jenderal 215 kucing yang mengikuti acara itu.

Peserta tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri seperti Thailand dan Malaysia. Ada 8 juri internasional (Jepang, Amerika Serikat, dan Australia) yang menilai peserta. “Kontes bertajuk Champ of The Champ 4 adalah puncak dari serangkaian kontes yang dihelat pada 2016—2017,” kata pria asal Kota Cimahi, Jawa Barat, itu. Kontes mendatang musim 2017—2018 dimulai pada 13 Mei 2017 di Kota Bogor, Jawa Barat. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Similar Posts

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments