Yuwono sukses bisnis pembesaran ikan hias di lahan 300 m2

Yuwono sukses bisnis pembesaran ikan hias di lahan 300 m2

Menjadi pemasok ikan hias menjanjikan keuntungan tinggi.

Yuwono lebih memilih menjadi pemasok ikan hias untuk ekspor saat memulai wirausaha. Ia membeli ikan hias dari para peternak, lalu memeliharanya dalam jangka waktu tertentu hingga sesuai ukuran yang diinginkan eksportir.

Yuwono menuturkan untuk menjadi pemasok ikan hias tidak memerlukan lahan luas. “Pertama kali merintis usaha saya hanya bermodal 50 akuarium yang diletakkan di halaman rumah kontrakan,” ujarnya. Usahanya terus berkembang. Kini pria 38 tahun itu membudidayakan ikan hias di 379 akuarium dan 30 kolam semen di lahan 300 m2. Fasilitas itu sebagian besar untuk mempersiapkan ikan hias yang akan dikirim ke para eksportir. “Sebelum dikirim ikan dipuasakan dulu selama 2 hari,” katanya. Sebagian lagi untuk pembesaran ikan dari peternak yang belum mencapai ukuran untuk ekspor. Dalam sebulan ia mampu menjual rata-rata 500.000 ekor aneka jenis ikan hias.

Namun, bukan berarti usaha pemasok ikan hias tanpa kendala. “Modal utama adalah jaringan dengan para peternak ikan hias dan para distributor dan eksportir ikan hias,” ujar ayah 2 anak itu. Jika hubungan baik dengan kedua pihak terjaga, maka bisnis perniagaan ikan hias terus berlanjut dan berkembang. “Saat ini permintaan ikan hias cenderung meningkat,” kata Yuwono. (Imam Wiguna)

Hitung Untung

Asumsi:
• Luas lahan budidaya 300 m2.
• Lahan yang digunakan adalah lahan sewa dengan harga Rp10.000.000/ha/tahun.
• Seluruh biaya dan pendapatan dalam analisis usaha dihitung rutin per bulan.
• Dalam sebulan melakukan pembelian ikan hias ke peternak 500.000 ekor berbagai jenis.
• Harga ikan hias bervariasi tergantung jenis.
• Harga beli dan jual ikan hias adalah harga rata-rata.
• Tingkat kematian ikan hias yang dibeli dari peternak rata-rata 20.000 ekor per bulan.

Baca juga:  Saresehan Sawit Uni Eropa

545_ 16

Tags: analisa usaha ikan hias, bisnis ikan hias

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d