Kelor mempunyai kandungan nutrisi lengkap.

Kelor mempunyai kandungan nutrisi lengkap.

Daun kelor memperbaiki gangguan daya pandang akibat rabun jauh.

Irene Dyah Vimaladewi ketar-ketir. Ia bertekad meraih nilai setinggi mungkin agar bisa diterima di SMP unggulan di kotanya. Namun, pandangan siswa kelas enam Sekolah Dasar itu terganggu. Tulisan di papan tulis tampak kabur sehingga ia kesulitan membaca. Satu demi satu nilai ulangannya menurun tajam lantaran ia tidak mampu menyerap pelajaran. Mencermati kondisi siswinya, guru wali kelas memanggil kedua orangtua Irene.

Dalam pertemuan itu, pihak sekolah menyarankan Irene memeriksakan diri ke dokter mata. Benar saja, dokter mendiagnosis Irene menderita miopia atau rabun jauh. Sejak itu ia harus menggunakan kacamata minus 2 untuk memperbaiki penglihatannya. Sejak saat itu Irene tidak dapat meninggalkan kacamata ke mana pun pergi. Bahkan setiap kontrol 1—2 tahun sekali, rabun jauhnya semakin parah.

Miopia semu
Kekuatan lensa kacamata yang Irene kenakan pun harus bertambah setiap kali usai memeriksakan diri. Rabun jauh adalah kelainan mata berupa kelengkungan lensa yang relatif berlebih terhadap panjang bola mata. Menurut dokter spesialis mata di Rumah Sakit Umum Saiful Anwar, Malang, dr. Ma’sum Effendi, Sp.M, rabun jauh merupakan kelainan pada mata akibat ketidaknormalan lengkungan lensa mata serta panjang sumbu mata.

dr.  Prapti Utami, dokter dan herbalis dari, Tangerang Selatan, Proovinsi Banten.

dr. Prapti Utami, dokter dan herbalis dari, Tangerang Selatan, Proovinsi Banten.

Bayangan jatuh di depan retina mengakibatkan pandangan kabur. Jika seseorang yang awalnya menderita rabun jauh lalu tiba-tiba membaik, kemungkinan itu adalah pseudomiopiaia alias miopia semu. Rabun sementara itu lantaran gangguan fungsi otot siliaris yang berperan dalam akomodasi lensa. “Otot siliaris mengalami kontraksi berlebih sehingga bayangan benda yang dilihat akan berada di depan retina, akibatnya pandangan menjadi buram,” kata dokter alumnus Universitas Brawijaya itu.

Baca juga:  Bioetanol Limbah Kopi

Gangguan itu timbul pada orang yang melakukan akomodasi ekstra pada saat tertentu, misalnya membaca sambil berbaring. Pseudomiopia bisa diatasi dengan obat-obat yang merelaksasi otot siliaris. Penyebab pasti rabun jauh belum diketahui, tetapi kalangan medis menyatakan beberapa faktor pemicunya antara lain kelelahan mata akibat dari penggunaan komputer, terlalu lama membaca dalam jarak dekat, atau kecenderungan genetik.

Selain itu kebiasaan bermain telepon selular juga memicu rabun jauh. Sejak kecil minat baca Irene sangat tinggi. Ia lebih suka membaca buku ketika senggang, bahkan dalam kondisi penerangan yang kurang. Hingga pada usia 38, Irene disarankan mengkonsumsi daun kelor oleh tetangganya untuk mengatasi rabun jauh. Tidak percaya begitu saja ia kemudian mencoba mencari informasi lewat internet dan berkenalan dengan dr. Prapti Utami, dokter dan herbalis di Tangerang Selatan, Banten.

Miopi gangguan penglihatan di mana bayangan benda yang dilihat berada di depan retina mata.

Miopi gangguan penglihatan di mana bayangan benda yang dilihat berada di depan retina mata.

Prapti menyarankan Irene mengonsumsi seduhan daun kelor. Saat itu wanita kelahiran 1976 itu menggunakan kacamata dengan lensa berkekuatan -3,75. Secara rutin ibu 3 anak itu minum seduhan daun kelor setiap pagi saat perut kosong. Pada 3—4 pekan pertama konsumsi, ia merasakan sensasi mengganjal di bawah kelopak kedua mata. “Rasanya seakan-akan kemasukan debu, jadi saya sering sekali mengedip,” ujar Irene.

Detoksifikasi
Seperti menderita sakit mata, kotoran mata Irene banyak sekali. Setiap pagi ia kesulitan membuka mata lantaran lengket oleh tumpukan kotoran. Awalnya ia menduga ia mengalami sakit mata, tetapi Prapti menjelaskan bahwa itu adalah proses pengeluaran kotoran dari kedua mata. Selain dalam bentuk teh celup, wanita 40 tahun itu juga mengkonsumsi sayur daun kelor segar setidaknya sepekan sekali.

Konsumsi 1 kantong teh herbal kelor per hari cukup untuk memenuhi nutrisi mata.

Konsumsi 1 kantong teh herbal kelor per hari cukup untuk memenuhi nutrisi mata.

Enam bulan setelah konsumsi rutin, Irene memeriksakan mata. Hasilnya, dokter menyatakan minus matanya berkurang menjadi 3,5. Sayang kesibukannya berwiraswasta membuat ia tidak bisa rutin mengonsumsi daun kelor. Ia hanya minum seduhan daun Moringa oleifera itu dua hari sekali. Sampai sekarang, 2 tahun konsumsi kelor, angka rabun jauh yang ia derita berkurang menjadi 3,25.

Baca juga:  Pagi Guru, Siang Bertani

Menurut dr. Prapti daun kelor kering mengandung vitamin A 10 kali wortel, sedangkan kelor segar 4 kali wortel. Selain itu kelor juga mengandung mineral dan nutrisi lain. Kelor juga mengandung antioksidan tinggi yang bisa memperbaiki sel, sehingga dapat mendukung pemulihan fungsi mata. Prapti menyatakan bahwa kelor semata tidak bisa mengobati mata minus, melainkan sekadar memberikan nutrisi lengkap.

“Kelor belum dapat disebut sepenuhnya mengobati mata minus,” kata dr Prapti. Kecukupan nutrisi mengoptimalkan metabolisme tubuh sehingga kotoran yang sebelumnya tertimbun keluar dengan sendirinya—efek yang disebut detoksifikasi. Kebetulan detoksifikasi yang Irene alami berupa keluarnya kotoran mata. “Pengalaman orang lain mungkin berbeda,” kata Prapti, dokter alumnus Universitas Diponegoro itu.

Jaga kesehatan mata dengan membaca di tempat yang terang.

Jaga kesehatan mata dengan membaca di tempat yang terang.

Konsumsi kelor sangat membantu pemulihan kondisi penglihatan Irene. Dulu, walaupun memakai kacamata, benda-benda yang jauh tetap saja tampak kabur. Kini kondisi itu membaik, meskipun ia masih harus berkacamata. Irene berharap konsumsi kelor memperbaiki kondisi matanya sehingga pengelihatannya semakin baik. Prapti mengingatkan untuk mengonsumsi kelor secara bijak.

Konsumsi kelor berlebih malah akan berpengaruh pada tekanan darah atau meningkatkan asam lambung. Konsumsi sebaiknya cukup 1 kantong teh celup—setara 6 gram serbuk daun kering—per hari. Jika berbentuk daun segar, jumlah itu kira-kira 30 gram. (Muhammad Awaluddin)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d