Buah burahol sebagai pengharum badan dan kontrasepsi alami.

Buah burahol sebagai pengharum badan dan kontrasepsi alami.

Penyerbukan silang dan penyebaran biji dengan bantuan hewan bersifat simbiosis mutualisme. Selain untuk membantu penyerbukan, hewan-hewan seperti tupai dan kelelawar, juga bermanfaat dalam menyebarkan biji-biji dari buah cauliflorous. Aksesibilitas menjadi salah satu alasan penyerbuk dan pemakan buah tertarik pada bunga dan buah penghasil biji yang muncul di batang.

Salah satu contoh pada tanaman burahol Stelechocarpus burahol dengan lebah klanceng (Trigona sp.). Trigona sp. hinggap pada bunga burahol untuk mendapatkan nektar atau serbuk sari. Setelah hinggap di satu bunga kemudian berpindah ke bunga lain, serbuk sari yang menempel di tubuhnya tanpa sengaja jatuh dan menempel di kepala putik. Dengan demikian proses penyerbukan bunga burahol terjadi.

Tanaman burahol tidak mungkin menyebarkan bijinya sendiri. Ia membutuhkan bantuan hewan untuk memencarkan biji jauh dari induknya, supaya tidak terjadi kompetisi. Selain itu untuk menjaga kelangsungan hidupnya dan terhindar dari kepunahan. Di Kebun Raya Bogor hewan yang sering mengunjungi buah burahol adalah tupai, burung, dan kelelawar.

Rasa aman dan kebutuhan tempat tinggal dapat juga menjadi alasan terjadinya hubungan simbiosis mutualisme antara Goniothallamus ridleyi dan semut merah. Sering kali ditemukan koloni semut merah pada tanaman anggota famili Annonaceae itu. Semut itu membuat sarang di antara bunga dan buah G. ridleyi. Serangga sosial itu mendapatkan dua keuntungan sekaligus, yakni tempat tinggal dan makanan dari pohon.

Kehadiran semut tentunya akan menguntungkan pohon dari segi penyerbukan dan rasa aman dari gangguan hewan lain. Lalu-lalang koloni semut merah di antara bunga dapat membantu proses penyerbukan bunga. Semut akan memangsa hama ulat yang menyerang G. ridleyi, sehingga pohonnya terlindung dari serangan hama. (Tri Handayani, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, LIPI)

Baca juga:  Kilapkan Daun Aglaonema

Tags: buah burahol, hewan, semut, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d