566_ 139-8Para petani kopi amstirdam—merujuk pada sentra di empat kecamatan, Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit, semua di Kabupaten Malang—akhirnya memperoleh sertifikasi Common Code for Coffee Community. Ada 27 poin yang dilihat untuk memperoleh sertifikasi itu di antaranya tidak boleh ada wadah bekas pestisida yang dipakai di dapur sebagai wadah. Penggunaan pestisida juga hanya yang dianjurkan.

Pestisida berbahan aktif parakuat tidak boleh dipakai. Tidak boleh memperkerjakan anak di bawah 17 tahun, tidak boleh ada diskriminasi agama, termasuk diskriminasi laki-perempuan. Setelah lolos memperoleh sertifikasi 4C, Kelompok Tani Harapan di Desa Amadanom, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, membentuk klaster agribisnis kopi. Klaster itu memiliki 8 unit usaha, di antaranya ekowisata kebun kopi.

“Kelak akan kami beri nama kampung kopi. Dengan luasan total lahan sekitar 2 hektar,” ujar penyuluh pertanian Kecamatan Dampit, Jajang Slamet Somantri SP. Ada pula pelatihan atau pemagangan budidaya kopi terpadu. Para petani kopi menjadi pembicaranya. Ada pula penjualan kopi dalam bentuk ose—biji kopi yang telah dikupas dan belum dijemur—ke PT Asal Jaya plus kopi bubuk.

Harap mafhum, keuntungan menjual kopi bubuk terbilang tinggi. Menurut Jajang harga pokok produksi kopi bubuk mencapai Rp40.000 per kg dan dipasarkan seharga Rp60.000 per kg. Para petani kopi astirdam tak hanya pandai budidaya kopi. Mereka juga mengolah ose untuk meningkatkan nilai jual kopi. Ketua unit pemasaran kelompok tani Tani Harapan, Hariono, mengolah ose menjadi kopi bubuk siap jual.

Menurut Hariono ada 7 tahap dalam proses pengolahan ose menjadi kopi bubuk yaitu pemilihan kopi ose, pencucian, penjemuran, penyangraian, pendinginan, penggilingan, dan terakhir pengemasan. Maka tidak heran, jika rasa kopi robusta amstirdam tergolong premium. Menurut peneliti kopi dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao, Ir Yusianto, pembentukan klaster sekaligus tempat wisata kopi sangat bagus. (Bondan Setyawan)

Baca juga:  Varian Kemang

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d