Ivonne Lie, S.ST. menikmati pekerjaannya di klinik Karuna Holistic Wellness Centre yang menjual produk herbal.

Ivonne Lie, S.ST. menikmati pekerjaannya di klinik Karuna Holistic Wellness Centre yang menjual produk herbal.

Pilihan Ivonne Lie berbisnis produk herbal berbasis kesehatan tepat. Pasarnya terus berkembang. Pada 2019 target omzetnya 2 kali lipat. Sekarang tiap bulan ia mengantongi omzet ratusan juta rupiah.

Senyum kebahagiaan memancar di wajah Ivonne Lie, S.ST. karena mendapat omzet Rp160 juta dari hasil penjualan aneka produk herbal berkualitas pada Agustus 2017. Lazimnya Ivonne mengantongi omzet Rp100 juta—Rp130 juta saban bulan. Menurut pengelola Karuna Holistic Wellness Centre itu pasar industri herbal makin berkembang. Apalagi kesehatan termasuk kebutuhan dasar manusia.

“Setiap tahun penjualan kami meningkat rata-rata 15—25%,” kata perempuan berusia 25 tahun itu. Bahkan ia menargetkan omzet meningkat dua kali lipat pada 2019. Ia menerapkan standar tinggi untuk memilih herbal berkualitas. Ivonne dan kakak pertama, Joshua S. Lie, ND, BHSc(CompMed), meriset terlebih dahulu sebelum merilis produk baru. Uji produk dilakukan lebih dari 2 tahun.

Berkualitas
Riset meliputi studi literatur, formulasi, uji mutu (khasiat, kualitas, dan keamanan), serta uji stabilitas. Jalan panjang itu menjamin khasiat dan kualitas produk. Ivonne juga menguji produk di laboratorium Sucofindo untuk mendapatkan sertifikasi yang jelas dan valid. Oleh karena itulah, konsumen percaya dengan beragam produk kreasi Karuna seperti Skin Healer Herbal Spray berbahan ekstrak kayu damar (myrrh), propolis, calendula marigold, german chamomile, chickweed, dan nettle leaf.

Karuna bekerja sama dengan peternak lebah hutan di Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Karuna bekerja sama dengan peternak lebah hutan di Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Produk itu bikinan Joshua S. Lie, yang berprofesi sebagai naturopath, yaitu praktikus yang menganalisis kesehatan pasien menggunakan terapi alami (pola makan sehat, herbal, dan mind body healing). Skin Healer Herbal Spray bersifat antiseptik, antiradang, dan menyembuhkan luka di kulit sehingga cocok untuk orang berjerawat, kulit gatal, kulit bercendawan, dan luka gigitan nyamuk.

Baca juga:  Kubis Awetkan Ikan

Cara pakainya mudah, semprotkan pada kulit bermasalah 3—5 kali sehari. Ivonne menjamin produk itu 100% alami, tanpa pengawet, pewarna, dan parfum sintetis sehingga aman untuk kulit anak dan orang dewasa. Produk andalan lainnya yakni madu hutan hasil kerja sama Ivonne dan Joshua dengan peternak lebah hutan di Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Pengolahan dan pengemasan yang baik menjadikan madu hutan bernilai jual lebih tinggi dan kualitasnya terjaga. Dampaknya, “Jika permintaan madu meningkat, makin banyak peternak madu yang diuntungkan,” kata perempuan kelahiran 4 Mei 1992 itu. Pada 2016 madu hutan itu meraih Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SP-PIRT) bernomor 2093174010703-21 berkat kerja keras Karuna meningktakan mutu produk itu.

Beberapa produk favorit konsumen.

Beberapa produk favorit konsumen.

Madu hutan itu berbeda dari produk serupa karena lebih cair, tapi tidak mengubah cita rasa manis. Ivonne menjual sebotol berisi 350 gram madu hutan Rp135.000 dan Rp450.000 untuk botol berisi 1.300 gram madu hutan. Dalam sebulan ia menjual 5—16 kilogram madu hutan sehingga beromzet minimal Rp2 juta.

Daring
Konsumen berasal dari berbagai daerah di tanahair seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Papua. Ivonne tidak gentar meski banyak produk herbal sejenis di pasaran. Menurut Ivonne inovasi salah satu kunci masuk ke generasi sekarang.

Joshua S. Lie, ND, BHSc (CompMed), Naturopath yang mendirikan Karuna dan kakak dari Ivonne Lie, S.ST.

Joshua S. Lie, ND, BHSc (CompMed), Naturopath yang mendirikan Karuna dan kakak dari Ivonne Lie, S.ST.

“Itu tantangan bagi kami agar bisa bertahan dan berkembang hingga kini,” kata bungsu dari 4 bersaudara itu. Lebih lanjut ia menuturkan ada empat faktor supaya sukses berbisnis herbal yaitu memahami keinginan dan kebutuhan konsumen, inovasi menghasilkan produk unik, pelayan terhadap konsumen harus memuaskan, serta memahami pasar. Selain herbal, beberapa perusahaan di Jakarta, Jawa Tengah, dan Bali pun memasok produk lain seperti vitamin, air alkali, natural skincare, dan makanan ringan di toko kelolaan Ivonne.

Baca juga:  Bugar Berkat Hujan

Beberapa perusahaan juga menitipkan produknya seperti VCO dan suplemen ikan salmon di toko yang berlokasi di Taman Duta Mas, Kelurahan Jelambar Baru, Kecamatan Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, itu. Ivonne melewati beragam cobaan sebelum sukses seperti sekarang. Pada medio 2016 karyawan baru mengambil beberapa produk herbal. Bahkan karyawan itu pun mencuri telepon genggam milik karyawan lainnya.

Kejadian hampir serupa berulang pada medio 2017. Bedanya saat itu pelakunya seorang calon pembeli perempuan berusia 35—40 tahun. Ketika Ivonne tengah mengecek harga barang di kasir, pengunjung itu memasukkan salah satu produk seharga Rp530.000 ke dalam rok lebarnya. Ia mengambil pelajaran penting dari kejadian nahas itu. Saat itu alumnus Manajemen Hotel, Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat itu pun mulai berjualan secara daring.

Logo Karuna Holistic Wellnes Centre bermakna kehidupan baru.

Logo Karuna Holistic Wellnes Centre bermakna kehidupan baru.

Pada tahun pertama penjualan meningkat 60% hingga kini mencapai 80%. Sebelum berdagang secara daring, Ivonne hanya menangguk omzet Rp80 juta—Rp100 juta, kini rata-rata Rp130 juta. Semula Ivonne hanya membantu sang kakak, Joshua, berbisnis herbal. Selang setahun ia makin menyukai pekerjaannya hingga kini.

Visi Karuna yaitu mempercayai penyembuhan dengan kekuatan alam. Logo perusahaan yang berdiri sejak 2014 itu berupa tangan menggenggam bibit tanaman. Gambar itu bermakna kehidupan baru yang didukung dengan kekuatan alam bersifat ramah lingkungan. Selain memberikan pelayanan kesehatan dengan herbal, Karuna juga fokus pada bimbingan ketenangan diri dan konseling. (Tiffani Dias Anggraeni)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Similar Posts

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments