Berbagai Macam Pengusir Nyamuk Alami

Binatang nyamuk adalah salah satu hewan yang menyebabkan banyak penyakit yang membahayakan manusia seperti malaria, demam berdarah dan lainnya. Oleh karena itu kita memerlukan penangkal/ pengusir nyamuk.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir nyamuk seperti fogging, menggunakan obat nyamuk, dan menggunakan tanaman anti nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk adalah solusi alami paling aman dan tidak menimbulkan efek samping. Ya, ada beberapa jenis tanaman hias yang telah terbukti mengusir nyamuk. Tumbuhan ini digunakan oleh orang kuno sebelum obat anti nyamuk ditemukan.

Tanaman pengusir nyamuk biasanya ditanam di sekitar rumah atau digosokkan langsung ke tubuh untuk menghindari nyamuk. Penggunaan tanaman anti nyamuk juga lebih aman bagi keluarga.

Tanaman Pengusir Nyamuk yang Alami

Selain bisa digunakan sebagai tanaman hias tanaman-tanaman ini ternyata berfungsi sebagai pengusir nyamuk yang sangat ampuh. Jadi kamu tidak perlu lagi menggunakan obat nyamuk yang memiliki zat kimia yang berbahaya untuk tubuh manusia. Dengan menggunakan tanaman ini, selain bisa mengusir nyamuk tentu bisa menghemat biaya. Berikut daftar tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah.

Tanaman Anti Nyamuk Bunga Lavender

Bunga Lavender

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini kan? Ya, lavender sudah dikenal sebagai tanaman hias yang bisa digunakan untuk menangkal nyamuk. Selain itu, banyak produk anti-nyamuk menggunakan lavender sebagai bahan utama. Bunga lavender berasal dari pegunungan Alpen di Swiss. Kandungan linalool dan lynalyl acetate pada bunga ini membuat bunga lavender memancarkan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Dikatakan bahwa ketika nyamuk mencium bunga, ia akan pusing dan menjauh dari sumber bau.

Cara menggunakan bunga lavender sebagai anti nyamuk bisa dilakukan dengan penyulingan lalu menggunakan minyak sulingan untuk dioleskan pada beberapa bagian tubuh. Tetapi jika Anda tidak ingin sulit, Anda dapat langsung mengoleskan bunga ini pada area kulit yang terbuka. Sedangkan untuk menyisir nyamuk yang ada di sekitar rumah, Anda bisa menanam bunga lavender dalam pot dan menjadikannya tanaman hias.

Bunga Geranium

Bunga Geranium

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah bunga geranium. Bunga ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama tapak dara. Kandungan zat geraniol dan sitronelol pada bunga geranium dipercaya sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

Kedua zat tersebut biasanya akan sangat mudah menyebar terbawa angin sehingga akan membuat ruangan di sekitarnya dipenuhi bau bunga ini. Kamu bisa meletakan bunga ini di tempat yang mudah tertiup angin sehingga akan aromanya menyebar dengan cepat memenuhi ruangan.

Tanaman Rosemary

Tanaman Rosemary

Rosmarinus officinalis atau dikenal dengan sebutan rosemary merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman ini mempunyai aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Karena aroma khas yang dimiliki rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk.

Kamu bisa menanam bunga rosemary langsung di tanah atau menggunakan pot. Ketika menanam tanaman ini pastikan agar rosemary mendapat cahaya matahri yang cukup agar pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik. Selain menggunakan daunnya, kamu juga bisa memanfaatkan bunganya dengan cara digosokan ke kulit agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x