Bellina Tercantik 1
Phalaenopsis bellina meraih the best in show saat kontes anggrek di Floria 2015, Putrajaya, Malaysia.

Phalaenopsis bellina meraih the best in show saat kontes anggrek di Floria 2015, Putrajaya, Malaysia.

Sebanyak 700 anggrek mengikuti kontes adu elok di Putrajaya, Malaysia.

Lima kuntum anggrek Phalaenopsis bellina itu mekar sempurna. Sementara dua kuntum lain masih kuncup. Warnanya perpaduan ungu dan krem amat seronok hingga memikat 21 juri dari 10 negara. P. bellina mengalahkan rivalnya Paphiopedilum rotchildianum untuk meraih the best in show pada International Orchids Plants Competition 2015 di Floria 2015, Putrajaya, Malaysia, Mei 2015.

Bila hanya berpatokan pada jumlah bunga, penampilan P. bellina relatif sederhana. Banyak peserta lain yang bunganya jauh lebih semarak. P. equestris berbunga banyak dan serbaputih. Padahal, lazimnya bunga equestris berwarna pink. Ada pula Phalaenopsis cornu-cervi juga berbunga lebat. Ia pun istimewa dengan sepal dan petal berwarna cokelat gelap, yang biasanya kuning bintik cokelat.

Ada 16 seksion dan 62 kelas dipertandingkan.

Ada 16 seksion dan 62 kelas dipertandingkan.

Tiga kali terbaik
Menurut ketua juri, Prof Dr Manohar Mariapan, bellina putih dengan bagian bawah sepal berwarna ungu tajam relatif sedikit. Kebanyakan warna tidak terlalu tajam dan umumnya jumlah bunga hanya sedikit. Selain itu, sepal dan petal relatif tebal. Yang menarik, kondisi tanaman sangat sehat. Itu terlihat dari daun yang mengilap. Sebelumnya anggrek bulan itu juga meraih gelar juara di kelas 35, yaitu kelas phalaenopsis khusus P. bellina dan P. violacea.

Setelah itu ia bersaing dengan tujuh jawara kelas phalaenopsis lainnya. Sebagai juara phalaenopsis, P. bellina pun turut memperebutkan juara spesies. Oleh karena itu ia harus bersaing dengan 15 juara lain, di antaranya juara Aerides di seksi 1, Arachnis (2), Bulbophyllum (3), Catasetum (4), Cattleya (5), Epydendrobium (6), Dendrobium (7), dan Oncidium (8).

Paraphalaenopsis Kalsom x laycockii.

Paraphalaenopsis Kalsom x laycockii.

Untuk menentukan anggrek peraih the best in show, 21 juri kembali melakukan voting secara tertutup. Bellina mendapat 13 suara pendukung; sedangkan pendukung P. rotchildianum hanya 8 suara. Anggrek koleksi Cheah Wah Sang Orchid Farm dari Shah Alam, Malaysia, itu pun meraih gelar the best in show. Paphiopedilum rotchildianum koleksi Michael H.C dari Penang, Malaysia, sebenarnya tidak kalah istimewa.

Baca juga:  Kantong Harum Coryanthes

Menurut kolektor anggrek spesies di Italia, Alessandro Valenza, Paphiopedilum rotchildianum itu juga sangat menarik. Tangkai bunganya kekar sehingga mampu menahan 5 kuntum bunga yang cukup besar tanpa membengkok. Paphiopedilum itu pun cukup lebat, kebanyakan anggrek kantong yang sejenis hanya memiliki 1—2 kuntum. Motif garis di sepal dan petalnya pun sangat gelap, sehingga kontras dengan warna petal. Paphiopedilum rotchildianum meraih the best species.

D. frosty down, the best hybrid.

D. frosty down, the best hybrid.

Jawara hibrida
Di kelas hibrida, Renanthera ‘beatrice ng’, tampil sebagai yang terbaik. Menurut Mano—panggilan akrab Manohar Mariapan, beatrice ng istimewa lantaran bertangkai bunga panjang mencapai 1 m dan memiliki 10 cabang dari 2 tangkai bunga. Jumlah bunga berkisar 70—80 kuntum dengan warna kuning cerah sehingga terlihat amat menonjol.

Satu gelar bergengsi lain diraih Dendrobium ‘frosty dawn’, yang bertanding di kelas 18, section 7. Menurut Alessandro Valenza yang akrab dipanggil Alex, anggrek itu istimewa lantaran kuntum bunganya sangat lebat, mencapai 40 kuntum. Kesehatan tanaman pun sangat baik, semua bulb sehat, tidak ada yang kisut. Yang menarik, semua bunga ditata menghadap ke depan sehingga tanaman terlihat semarak bunga.

Saga sweet, juara phalaenopsis minis.

Saga sweet, juara phalaenopsis minis.

International Orchids Plants Competition 2015 di Putrajaya, Malaysia, berlangsung pada 30—31 Mei 2015. Sebanyak 700 pot anggrek dari sembian negara antara lain Jepang, Singapura, Thailand, Denmark, Afrika Selatan, Italia, Filipina, dan Myanmar mengikuti kontes itu. Anggrek itu berkompetisi 62 kelas dari 16 section. (Syah Angkasa)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *