Kita tahu bahwa ada dua musim utama di Indonesia, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Selain dua musim ada juga musim pancaroba yang merupakan musim transisi dari dua musim utama.

Di musim hujan, Anda dapat melihat berbagai tanaman yang mampu tumbuh subur dan memiliki daun yang menghijau. Komoditas nabati sangat berlimpah karena hasil panen yang baik. Oleh karena itu, di antara petani mengenal musim hujan sebagai musim untuk sayuran.

Musim berikutnya adalah musim kemarau dimana kelembaban udara dan curah hujan sangat rendah. Pada musim ini situasinya sangat berkebalikan dengan musim hujan yakni sayuran memiliki pertumbuhan yang kurang optimal. Petani harus dapat menentukan jenis tanaman yang tepat untuk ditanam di musim kemarau. Lalu jenis tanaman apa yang cocok untuk ditanam di musim kemarau?

Pada kesempatan ini, kami akan meninjau beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam di musim kemarau karena mereka memiliki karakteristik dan kemampuan beradaptasi sesuai dengan kondisi di musim kemarau. Diharapkan dengan mengetahui beberapa tanaman untuk ditanam di musim kemarau ini akan bermanfaat bagi Anda.

1. Jagung
jenis tanaman yang cocok ditanam dimusim kemarauYang paling pertama kami rekomendasikan adalah tanaman jagung. Tanaman ini sudah dikenal sejak lama oleh petani Indonesia sebagai tanaman andalan dimsuim kemarau.

Meski jagung sebenarnya juga bsia ditanam saat musim penghujan, akan tetapi kendala yang sering dialami adalah masalah pengeringan. Belum lagi kualitas jagung di musim penghujan juga kurang baik karena ada masalah beberapa biji jagung yang tumbuh dipohonnya.

Jagung memang mampu bertahan dalam cekaman panas, akan tetapi bukan berarti ia tidak membutuhkan pengairan. Jika anda menanam jagung dimusim kemarau maka anda harus melakukan pengairan untuk menunjang pertumbuhannya. Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk ZA yang kaya akan nitrogen sehingga jagung dapat tumbuh dengan subur. Gunakan juga bibit unggul hibrida yang banyak dijual di pasaran agar hasil panen anda meningkat.

2. Ubi Jalar

Yang selanjutnya adalah tanaman ubi jalar. Siapa yang tak kenal ubi jalar? Tanaman umbi yang memiliki rasa manis ini disukai hampir setiap orang. Jika selama ini anda belum pernah menanam tanama ubi jalar, maka ketahuilah bahwa tanaman ubi jalar ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan bertahan yang sangat tinggi terhadap kekeringan.

Pada umumnya para petani akan menanam ubi jalar diakhir musim penghujan sehingga akan panen di musim kemarau. Karena kemanisan ubi jalar akan berkurang jika dipanen dimusim penghujan.

Ubi jalar memiliki pengakaran yang kuat dan mampu menumbuhkan akar sekunder pada sulurnya. Inilah menjadi kunci kekuatan bertahan tanaman ubi jalar di musim kemarau dimana akar halusnya mampu menyebar dengan baik untuk mencari air. Ubi jalar benar-benar tanaman yang sangat cocok ditanam dimusim kemarau. Namun panen ubi jalar tidak boleh terlalu lama karena ditakutkan akan membuat ubi menjadi terlalu keras atau malah membusuk.

3. Kacang Hijau
Untuk jenis tanaman musim kemarau yang berikutnya adalah kacang hijau. Tanaman kacang hijau memiliki kemampuan adaptasi yang baik saat kemarau dan produksi bijinya juga lebih tinggi saat musim kemarau. Kemampuan fiksasi unsur nitrogen didalam tanah adalah kunci keberhasilan tanaman jenis kacang-kacangan untuk tumbuh subur disetiap musim termasuk musim kemarau. Kacang hijau bisa bertahan hidup meskipun tidak dilakukan penyiraman hingga masa panen.

Kacang hijau merupakan tanaman jangka pendek dengan masa panen hanya sekitar 60 hari. Tanaman ini sangat cocok ditanam dimusim kemarau dimana nantinya lahan akan ditanami komoditas palawija lainnya. Hal ini karena kandungan nitrogen dalam tanah akan jauh lebih banyak setelah ditanami kacang hijau. Bisa dibilang ini merupakan tanaman penyubur yang sangat bermanfaat untuk pembenah tanah.

4. Kacang Panjang
Meski tanaman kacang panjang banyak dimasukkan sebagai tanaman sayuran, akan tetapi tanaman ini memiliki kemampuan untuk bisa ditanam di segala musim termasuk musim kemarau. Tanamna kacang panjang juga sebagaimana kacang hijau yang memiliki kemampuan fiksasi unsur nitrogen sehingga mampu tumbuh subur.

Kacang panjang sendiri justru akan menghadapi banyak masalah apabila ditanam dimusim penghujan dimana salah satu masalah utamanya adalah jamur. Jadi keputusan untuk menanam kacang panjang dimusim kemarau adalah sangat tepat. Saran dari kami adalah agar anda bisa menanamnya dilahan basah seperti sawah dengan jalan membuat bedengan. Tujuannya adalah untuk menghemat biaya pengairan.

5. Waluh
Siapa sangka bahwa tanaman waluh ternyata justru bisa diandalkan saat ditanam dimusim kemarau. Hal ini karena kemampuan perakaran yang baik dimiliki oleh tanamn waluh.

Selain itu, Daun waluh yang lebar ternyata juga memiliki kemampuan menyerap uap air dan embun diudara dengan baik. Waluh sendiri cenderung mampu bertahan dari serangan virus maupun jamu jadi akan sanagt minim biaya perawatan.

Demikianlah beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam dimusim kemarau. Agar memperoleh hasil yang baik, sebaiknya anda mempelajari tentang cara budidaya masing-masing tanaman tersebut. Pelajari juga cara mengatasi hama dan penyakit tanaman khas musim kemarau.

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m