Atasi Kanker Payudara Pria

Atasi Kanker Payudara Pria 1
Daun sirsak dan kulit manggis gempur kanker kelenjar mamal

Daun sirsak dan kulit manggis gempur kanker kelenjar mamal

Kombinasi daun sirsak dan kulit manggis terbukti ampuh mengatasi kanker payudara pada pria.

Rasa nyeri di dada membangunkan Gunarsa Wijaya (64 tahun) dari tidur. Pukul 02.00 dinihari itu Gunarsa mendapati benjolan seukuran biji kacang hijau di dekat puting kanan. Ia tidak menganggap serius keberadaan benjolan itu sehingga kembali terlelap beberapa menit kemudian. “Beberapa hari lagi juga hilang,” ucap Gunarsa.

Dugaan Gunarsa meleset, benjolan itu membesar seiring waktu. Ia semakin sering merasakan sakit dan nyeri. Dua malam dalam sepekan Gunarsa terbangun pada dinihari. Bahkan pada Desember 2012 empat malam dalam sepekan ia tidak tidur nyenyak. Saat itu benjolan  kerap berdenyut dan menimbulkan nyeri. Itu ia rasakan setiap 5—10 menit. “Maksimal 1 jam saya terjaga jika benjolan berdenyut,” kata ayah 2 anak itu.

Gunarsa Wijaya merasakan khasiat daun sirsak dan kulit manggis

Gunarsa Wijaya merasakan khasiat daun sirsak dan kulit manggis

Hindari operasi

Pada Januari 2013 Gunarsa mengunjungi dokter spesialis penyakit dalam. Itu agenda rutin Gunarsa per 2 bulan sekali untuk memeriksa gula darah. Saat itu ia juga berkonsultasi tentang benjolan di dekat puting kanan. Internis mendiagnosis benjolan itu sebagai tumor kelenjar, yang sama dengan tumor payudara pada perempuan. “Segera konsultasikan ke spesialis kanker,” kata Gunarsa menirukan ucapan dokter. Gunarsa hanya melakukan biopsi yang menunjukkan benjolan di puting kanan itu kanker.

Namun, ia tidak menuruti saran dokter spesialis penyakit dalam itu. Sebab Gunarsa yakin dokter pasti mengharuskan dirinya menjalani operasi. “Saya enggan merasakan efek samping pascaoperasi,” kata pria kelahiran Jakarta itu. Sebagai gantinya ia berkonsultasi ke dokter sekaligus herbalis di Serpong, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, dr Paulus Wahyudi Halim MedChir.

Paulus mengatakan kasus yang dialami Gunarsa jarang terjadi. Namun, ia mengakui pria berpotensi terkena kanker kelenjar mamal alias kanker payudara pada kaum hawa. Dalam setahun rata-rata Paulus menangani 2 penderita kanker kelenjar mamal pada pria. Ahli penyakit dalam rumahsakit Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, dr Primal Sudjana SpPD mengatakan gejala kanker kelenjar mamal pada pria relatif sama dengan kanker payudara pada perempuan.

Baca juga:  Bandeng-Rumput Laut Sekolam

Gejala serangan kanker payudara antara lain, muncul benjolan di payudara dan aerola melekuk ke dalam atau mengerut diiringi rasa sakit yang berdenyut tiba-tiba. Faktor risiko kanker payudara di antaranya obesitas, konsumsi alkohol, usia, dan riwayat kanker dalam keluarga. Kebetulan adik perempuan Gunarsa pernah mengalami kanker payudara. Selain itu, menurut Paulus, asupan makanan pun turut menjadi pemicu. Sebab banyak penganan yang mengandung bahan pemicu kanker alias karsinogen.

Menurut American Cancer Society, kanker kelenjar mamal di pria terbagi atas 5 jenis. Kelima jenis itu adalah karsinoma duktal in situ atau ductal carcinoma in situ (DCIS), karsinoma duktal invasif atau invasive ductal carcinoma (IDC), karsinoma lobular invasif atau invasive lobular carcinoma (ILC), penyakit paget puting susu atau paget disease of the nipple, dan kanker payudara inflamasi atau inflammatory breast cancer (IBC).

DCIS termasuk kanker payudara noninvasif. Artinya sel kanker belum menyebar ke jaringan kelenjar susu. Kasus DCIS 1:10 di antara kejadian kanker payudara pada pria. Sementara IDC terjadi pada 8 dari 10 pria  penderita kanker payudara. Kanker tipe itu menyebar dan berkembang di jaringan lemak payudara. Pada kasus IDC kanker bisa bermetastasis ke bagian tubuh lain.

Lazimnya sel kanker pada IDC muncul di dekat puting karena ukuran payudara pria lebih kecil daripada perempuan. Namun,  pada ILC kanker payudara bermula dari kelenjar mamal dan berkembang di jaringan lemak payudara. ILC sangat jarang terjadi. Hanya 2% penderita kanker payudara pada pria yang terjangkit ILC. Sebab jumlah kelenjar mamal pria tidak sebanyak perempuan.

Penyakit paget mungkin berhubungan dengan DCIS. Cirinya sel kanker berawal dari saluran payudara dan menyebar ke puting juga aerola atau daerah sekitar puting. Gejalanya, puting menjadi kasar, bersisik, dan merah disertai rasa gatal. Penyakit paget ini menyerang 1% penderita kanker pada perempuan. Namun, persentase kanker jenis itu lebih tinggi pada pria.

Jenis kanker yang paling agresif tapi jarang terjadi adalah IBC. Saat pertama kali didiagnosis kanker jenis itu masuk stadium IIIB yang sudah berkembang di kulit. Jika sel kanker bermetastasis berarti tergolong stadium IV. IBC cepat tumbuh dan menyebar sehingga penanganannya tergolong sulit.

Baca juga:  Juara Setelah Mati Cabang

Sejatinya kanker payudara bukan penyakit baru. William L Donegan dalam Cancer of the Breast menyatakan masyarakat Mesir kuno (3000—2500 SM) mengidap kanker payudara. Buktinya di antara 8 dokumen pengobatan, The Edwin Smith Surgical Papyrus menggambarkan kanker payudara. Dokumen itu menyebutkan informasi awal menjahit luka dan kateterisasi dengan cara dibakar. American Cancer Society menduga terdapat 2.240 kasus baru kanker payudara invasif di Amerika Serikat pada 2013. Sebanyak 410 meninggal karena penyakit itu.

Daging mengandung hormon stres sehingga menurunkan daya tahan tubuh

Daging mengandung hormon stres sehingga menurunkan daya tahan tubuh

Hentikan pasokan energi

Paulus lalu memberikan beragam herbal seperti daun sirsak, kulit manggis, rimpang kunyit putih, aneka daun benalu, daun tapak dara, daun dewa, umbi daun dewa, dan daun keladi tikus. Semua herbal itu dalam bentuk kapsul. Gunarsa mengonsumsi masing-masing 1 kapsul sebanyak 3 kali sehari, kecuali daun sirsak dan kulit manggis sebanyak 2 kapsul.

Menurut Paulus, fungsi daun sirsak seperti kemoterapi. Daun Annona muricata itu merusak sel kanker dengan menghentikan pasokan energi berupa adenosin trifosfat (ATP). Sementara kulit manggis berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari radikal bebas. Herbal lain sebagai pendukung yang membantu penyembuhan pasien. Agar penyembuhan berjalan lancar Paulus melarang Gunarsa mengonsumsi daging. Sebab daging bersifat asam dan mengandung hormon stres sehingga menurunkan daya tahan tubuh.

Pengalaman Gunarsa itu sejalan dengan riset Prof Soelaksono Sastrodiharjo dari Institut Teknologi Bandung dan Jerry Mclaughlin dari Universitas Purdue, Amerika Serikat. Riset mereka melaporkan daun sirsak mengandung anomurisin E, senyawa kelompok asetogenin. Asetogenin menghambat pembentukan energi sel kanker.

Selang 10 bulan setelah konsumsi, benjolan di dekat puting kanan tidak terlihat lagi. Rasa nyeri yang mendera hilang. Pensiunan karyawan swasta itu kembali menikmati tidur tanpa gangguan. (Riefza Vebriansyah)

 

532_126Fungsi daun sirsak seperti kemoterapi. Daun Annona muricata itu merusak sel kanker dengan menghentikan pasokan energi berupa adenosin trifosfat (ATP). Sementara kulit manggis bersifat antioksidan yang melawan sel radikal bebas.

 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x