Trubus Edisi Juli 2018 Highrest.pdf

Biji pepaya kaya antioksidan manjur menurunkan kadar asam urat.

 

Biji pepaya ampuh menurunkan kadar asam urat.

Mario Gunawan—bukan nama sebenarnya—merasakan nyeri tiba-tiba pada bahu, tangan, dan kaki kanannya. “Titik paling sakit di sendi bahu dan sekitar lutut,” kata Gunawan. Saking nyerinya pria 48 tahun itu sulit menekuk kaki.

Kondisi terparah sampai meluruskan kaki kanan ketika salat, posisi duduk di antara dua sujud. “Sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hingga kini takut mendadak kumat jika mengendarai mobil sendirian,” katanya.

Pria kelahiran Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, itu bergegas memeriksakan kondisi kesehatannya ke rumah sakit di Kota Depok, Jawa Barat. Hasilnya kadar asam urat Gunawan mencapai 8,9 mg/dl. Menurut World Health Organization (WHO) batas normal kadar asam urat pria berusia di atas 40 tahun 8,5 mg/dl. Adapun batas atas pria dewasa 7,5 mg/dl. Pantas saja ayah tiga anak itu kerap merasakan nyeri.

Biji pepaya

Produk olahan unggas tinggi purin menyebabkan kadar asam urat meningkat.

Produk olahan unggas tinggi purin menyebabkan kadar asam urat meningkat.

Gunawan kerap merasa nyeri usai mengonsumsi olahan hati sapi makanan favoritnya. Menurut dokter di Rumah Sakit Tentara dr. Soedjono, Magelang, Jawa Tengah, dr. Guntur Heri Putranto, asam urat berasal dari zat purin yang terdapat dalam makanan. Makanan tinggi purin antara lain otak, telur ikan, dan remis. “Sumber lain, daging unggas, kerang-kerangan, dan kacang-kacangan,” kata Guntur.

Tubuh mengubah purin menjadi asam urat yang berbentuk kristal putih, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak larut air. Dalam kondisi normal, kristal itu keluar melalui ginjal ke dalam air seni. Namun, bila terjadi penumpukan dalam tubuh, kristal itu mengendap di persendian. Pengendapan itu mengakibatkan persendian nyeri, bengkak, dan radang. Pada gejala berat asam urat, sendi sampai penderita tidak bisa bergerak.

Baca juga:  Berbuah Perdana Umur 2 Tahun

Sejatinya tersedia beragam herbal untuk mengendalikan asam urat. Biji pepaya Carica papaya yang selama ini terbuang terbukti manjur mengontrol asam urat. Mahasiswa jurusan Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Cut Arsyiyanti, meneliti pemberian jus biji pepaya terhadap kadar asam urat pada tikus jantan berumur 8 bulan dengan bobot tubuh rata-rata 180—200 gram.

Arsyiyanti membagi 24 tikus itu menjadi 4 kelompok masing-masing terdiri atas 6 ekor per grup. Ia memberikan telur puyuh yang mengandung kadar kolesterol tinggi untuk membuat kondisi dislipidemia—kondisi kadar lemak dalam aliran darah terlalu tinggi—pada hewan coba. Seseorang yang menderita dislipidemia atau tinggi kolesterol juga memiliki kadar asam urat yang tinggi. Bahan pangan yang tinggi kolesterol juga kaya purin.

Periset itu lantas membuat jus biji pepaya menggunakan blender, menambahkan 1 ml air, dan menyaringnya. Ia memberikan jus biji pepaya kepada tikus itu. Hasil penelitian selama 30 hari menunjukkan, kadar asam urat pada kelompok P2 yang mengonsumsi 400 mg dan P3 yang mengonsumsi 800 mg jus pun turun. Semula kadar asam urat di kelompok P2 mencapai 1,15 mg/dl turun menjadi 0,8 mg/dl atau turun 30,43%.

Adapun kadar asam urat di kelompok P3 turun 16,67%, yakni semula 1,2 mg/dl berkurang menjadi 1,00 mg/dl. Menurut Arsyiyanti penurunan kadar asam urat pada kedua kelompok itu karena kandungan fitokimia berupa flavonoid, tanin, dan saponin yang terdapat dalam biji pepaya. Dalam 100 gram jus biji pepaya mengandung 646,1 mg flavonoid, 140,9 mg tanin, dan 69,3 mg saponin.

Cara kerja

Belimbing wuluh herbal lain untuk mengatasi asam urat.

Belimbing wuluh herbal lain untuk mengatasi asam urat.

 

Flavonoid menurunkan asam urat dengan cara menghambat kerja xantin oksidase yang memicu asam urat. Senyawa itu menghambat aktivitas xantin oksidase dan reaksi superoksida. Dampaknya pembentukan asam urat di persendian pun terhambat. Selain itu flavonoid juga bersifat antioksidan yang membangun sistem kekebaln tubuh sekaligus menghambat kerja enzim xantin oksidase.

Herbalis di Kampung Tegalega, Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Ujang Edi.

Herbalis di Kampung Tegalega, Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Ujang Edi.

Tanin dalam bji pepaya menurunkan kadar asam urat dengan cara mengikat radikal selama perubahan purin menjadi asam urat. Adapun saponin dalam biji buah anggota famili Caricaceae itu bekerja dengan cara mengurangi aktifitas enzim xantin oksidase dalam serum dan meningkatkan tingkat konsentrasi asam urat dalam urine. Sebagian masyarakat memanfaatkan biji pepaya untuk menekan kolesterol dan asam urat.

Baca juga:  Tillandsia Kian Menggoda

Herbalis di Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Ujang Edi, mengatakan bahwa biji pepaya juga memanfaatkannya untuk meredakan asam urat. Ia menggunakan biji papaya sebagai obat luar. Ujang menghancurkan biji pepaya hingga seperti bubur dan menambahkan cuka biang. Kemudian ia mengoleskan ke bagian yang sakit di persendian. Adapun obat dalam berupa rebusan buah pepaya muda.

Ujang mengatakan, herbal lain yang ampuh mengatasi asam urat adalah rebusan belimbing wuluh dan serai. Rebus tiga buah belimbing wuluh dan lima batang serai dalam 1 liter air hingga mendidih. Konsumsi 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Agar lebih ampuh bisa dikombinasikan dengan obat luar rebusan batang honje. Pemakaiannya dengan merendam atau memandikan bagian yang sakit selagi air rebusan hangat. Pengalaman Ujang jika pengobatan rutin asam urat sirna dalam 2 hari. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d