Hamparan anthurium bunga di Nurseri Anthura di Belanda.

Hamparan anthurium bunga di Nurseri Anthura di Belanda.

Anthurium bunga anyar yang kaya warna.

Jingga, hitam, dan putih cukup untuk menggambarkan pelangi. Itulah anthurium terbaru, rainbow champion, hasil pemuliaan produsen dari Belanda. Anthura, sang produsen, memamerkan koleksi anyar itu di ekshibisi internasional Horti Asia di Bangkok, Thailand. Kehadirannya menambah keragaman anhurium bunga. Anthurium terlihat sangat semarak karena tangkai bunga panjang sehingga melewati daunnya yang lebar 17—25 cm.

Sosok bunga anthurium rainbow champion.

Sosok bunga anthurium rainbow champion.

Warna bunganya semarak menjadikan pendatang anyar itu tampil meriah. Menurut manajer area Anthura, Wim Gijzen, warna rainbow champion sangat berbeda dari anthurium bunga lainnya. Ia memiliki warna salmon atau jingga yang tajam. Warna itu akan semakin tajam seiring dengan makin tua bunga. Tepi bunga salmon pun semula jingga tetapi kemudian muncul warna hitam yang makin lama makin lebar hingga akhirnya bunga jadi hitam.

Bukan hanya bunga yang menarik, tetapi juga daun. Saat daun muda si bianglala muncul, warnanya cokelat kemerahan dan mengilap. Semakin tua umur daun, warna berubah hijau. Bentuk daun mirip jantung menambah pesona tanaman pot itu. Selain rainbow champion, Anthura merilis beberapa tanaman hias anggota famili Araceae itu untuk memasok pasar florikultura.

Edison.

Edison.

Edison
Varietas edison berwarna merah terang nan elegan, dan kadang agak gelap. Yang menarik, bunga itu cukup besar dan posisinya di atas daun sehingga sangat menonjol dan warnanya pun kontras dengan daun berwarna hijau gelap. “Kelebihan lainnya, ia mudah tumbuh dan sangat gampang berbunga, meski pada kondisi kurang cahaya sepanjang tahun, misal di teras,” ungkap Gijzen.

Sierra white.

Sierra white.

Sierra white
Sierra white cukup menarik lantaran memiliki dua warna bunga. Saat masih baru muncul, warnanya putih polos. Namun, saat tua warnanya berubah kehijauan hingga akhirnya hijau seluruhnya. Tangkai bunga panjang sehingga berada di atas dedaunan cukup menonjol. Daun hijau tua berbentuk jantung yang melengkung serperti mangkuk.

Facetto.

Facetto.

Facetto
Bukan hanya pot plant yang ditampilkan Anthura di pameran hortikultura itu, tetapi juga bunga potong. Salah satu yang menarik ialah varietas facetto. Menurut Gijzen, varietas itu menarik lantaran warnanya yang putih krem. Penampilannya lebih menarik oleh garis merah di tepi daun. Urat bunga berwarna merah pun menjadi motif menambah pesona anthurium itu. Ukuaran daun 11—13 cm dengan daya tahan sangat lama, yakni 36 hari.

Baca juga:  Kurangi Kopi Saat Hamil

Novelti
Menurut Sasithon Punsiri, direktur SPT International, mitra Anthura di Thailand, “Kami tampilkan bunga-bunga novelti untuk anthurium pot dan bunga potong.” Bunga-bunga novelti biasanya mempunyai penampilan unik sehingga layak dikoleksi. Istilah novelti paling sering diterapkan pada bunga anggrek, sehingga muncul istilah anggrek novelti merujuk pada keunikan anggrek.

Variasi warna anthurium bunga.

Variasi warna anthurium bunga.

Varietas lain yang ditampilkan perusahaan Belanda itu ialah anonim. Meski tanpa nama, varietas itu sangat menarik. Sosok bunganya merah hati bermotif tulang daun yang indah. Bentuknya paduan bunga bentuk hati dengan bentuk bulat lonjong. Menurut anggota staf pemasaran PT Kebun Bunga Ciputra di Kemang, Jakarta Selatan, Yenny Saraswati, bunga berbentuk unik dan baru itu selalu menjadi incaran perangkai bunga kreatif.

“Saya ingin agar rangkaian bunga pun seperti busana, yakni berani tabrak warna atau dipadupadankan,” kata Yenny. Ia dengan bersemangat siap memperkenalkan bunga unik ke guru di sekolah. Sayangnya produsen paruh flamengo alias anthurium bunga di Indonesia masih sangat terbatas. Sudah begitu, produk yang mereka tanam hanya jenis yang sama terus-menerus, terutama warna-warna dasar, yakni merah, merah muda, dan putih.

Variasi warna anthurium bunga.

Variasi warna anthurium bunga.

Padahal, seandainya ada warna lain, pasti rangkaian semakin menarik. Tanaman hias anggota famili talas-talasan itu disukai orang-orang dewasa lantaran mengenalnya sejak dahulu. Keistimewaan anthurium bisa dimanfaatkan sebagai penutup rangkaian dengan meletakkan di bagian bawah. Ia pun dapat menjadi pusat perhatian rangkaian, serta dapat di pasang tinggi. Keistimewaan itu dimungkinkan karena ia memiliki tangkai bunga yang panjang dan kokoh. (Syah Angkasa)

 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Similar Posts

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments