Aneka Macam Model Akuaponik / Aquaponics

Ukuran model aquaponik bertingkat dengan dimensi 1 meter x 5 meter yang mana kolam bawah bisa diisi ikan sekitar 2500 ekor sedangkan kolam atas di isi 1250 ekor ikan dan untuk tanamannya bisa mencapai 211 lubang tanam.

Model Akuaponik Rak Sayuran Bertingkat

Akuaponik model rak sayuran bertingkat

Akuaponik model rak sayuran bertingkat

Model akuaponik rak sayuran bertingkat bekerja dengan mengalirkan air dari bak penampungan ke sayuran paling atas yang kemudian turun ke rak sayuran di bawah. Kedua tingkat sayuran itu ditanam menggunakan sistem deep flow technique ( DFT ) dengan kedalaman air 4-5 cm. Air akan mengalir ke setiap pot di sekeliling bak penampungan.

Dalam setiap pot diberi lubang untuk keluarnya air untuk mengalirkan air itu kembali ke kolam. Model akuaponik rak sayuran bertingkat ini bisa memiliki ukuran dengan dimensi 1 meter x 2 meter untuk populasi 500 ekor ikan dan 220-250 lubang tanam.

Model Akuaponik Rakit Apung

Akuaponik model rakit apung

Akuaponik model rakit apung

Model akuaponik rakit apung dibuat dengan menanam sayuran diatas permukaan air. Tanaman bis ditanam di dalam pipa atau pot yang diberi rockwool untuk tempat tumbuh. Akar tanaman akan terapung atau terendam dalam bak penampung yang berisi ikan.

Ukuran pembuatan model aquaponik rakit terapung yaitu 2 meter x 4 meter dengan populasi ikan sebanyak 4000 ekor dengan 20 lubang tanam. Populasi sayuran maksimal adalah 80% dari permukaan air.

Sumber : f a r m i n g . i d

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x