Aneka Macam Model Akuaponik / Aquaponics

Akuaponik (Aquaponics) merupakan sistem tanam hidroponik yang bersinergi dengan pembesaran ikan di kolam (akuakultur). Akuaponik hadir sebagai solusi akan semakin berkurangnya lahan budidaya khusunya di daerah perkotaan, dengan sistem akuaponik panen ikan dan sayuran dapat dilakukan sekaligus.

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang hobi budidaya tanaman dan ikan. Akuaponik dapat dibuat dalam skala kecil untuk penghias pekarangan saja ataupun sekala besar untuk kepentingan komersil.

Ada berbagai macam model akuaponik yang bisa dibuat. Namun sebenarnya sistem akuaponik memiliki prinsip dasar resirkulasi air, yaitu tanaman yang dibudidayakan di atas kolam memanfaatkan air limbah budidaya ikan yang mengandung zat hara dari hasil pembuangan ikan sebagai pupuk alami yang menyuburkan tanaman.

Selain itu adanya tanaman ini juga sebagai filter yang menyaring kotoran hasil pembuangan ikan sehingga air yang masuk kembali ke dalam kolam kembali bersih. Dikutip dari laman Fokus Tanaman ada 6 contoh model akuaponik yang bisa dibuat.

Model Akuaponik Tunggal DFT

Akuaponik model tunggal DFT

Akuaponik model tunggal DFT

Model akuaponik tunggal DFT (Deep Flow Technique) bekerja dengan mengalirkan air dari kolam terpal bagian bawah menuju ke pipa tanam sayuran yang ada di bagian atasnya. Selanjutnya air kembali mengalir ke kolam terpal. Aliran air bisa dibantu dengan pompa air atau sejenisnya.

Untuk ukuran dimensinya bisa menggunakan 1 meter x 5 meter yang mana bisa menampung ikan ukuran sedang kurang lebih 2500 ekor dan 200 lubang tanam pada pipa.

Model Akuaponik Aliran Atas

Akuaponik model aliran atas

Akuaponik model aliran atas

Model akuaponik aliran atas bekerja dengan mengalirkan air dari kolam ke pipa yang terhubung di setiap pot. Pipa tersebut dilubangi tepat di atas pot dan air akan mengucur. Pengucuran dilakukan secara terus menerus selama minimal delapan jam.

Air yang mengalir dari lubang pipa akan langsung keluar menuju bak penampungan. Model aquaponik aliran atas ini berdiameter 3 m yang dapat menampung 4000 ekor ikan dengan 27 lubang tanam.

Model Akuaponik Pasang Surut

Akuaponik model pasang surut

Akuaponik model pasang surut

Model akuaponik pasang surut bekerja dengan mengalirkan air dari kolam ke bak penampung di bibir kolam. Melalui pipa yang terhubung dengan pot tanaman, air akan dialirkan dari bawah sampai media tanam terendam.

Lama pengaliran dilakukan sekitar 5 menit dan air akan surut lalu mengalir melalui pipa ke bak pembuangan ke kolam ikan. Pembuatan akuaponik model pasang surut ini bias dibuat dengan ukuran diameter 2 meter x 4 meter dengan populasi ikan di kolam sebanyak 4000 ekor dan 26 pot tanaman.

Model Akuaponik Kolam Bertingkat

Akuaponik model kolam bertingkat

Akuaponik model kolam bertingkat

Model akuaponik bertingkat ini bekerja dengan mengalirkan air dari kolam terbawah menuju ke rak sayuran teratas. Air akan menggenangi pipa sedalam 4-5 cm. Kemudian air mengalir ke kolam terpal di tengah dan air dialirkan ke setiap pot di sekeliling kolam. Pada setiap pot terdapat satu lubang air. Selanjutnya air akan kembali ke kolam terbawah.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x