Albumin Ikan Gabus Lawan Diabetes

Padahal, peran albumin yang mengandung 16 asam amino itu amat vital sebagai penyusun struktur sel, antibodi, enzim, hingga hormon. Ahli gizi dari Rumahsakit St Elisabeth di Semarang, Jawa Tengah, Florentinus Nurtitus, SSiT, mengatakan albumin jenis protein terbanyak di dalam plasma darah yang mencapai 60%. Nilai normal albumin sekitar 3,5—5 g/dl.

Ekstrak ikan gabus terbukti empiris dan ilmiah menurunkan gula darah.

Ekstrak ikan gabus terbukti empiris dan ilmiah menurunkan gula darah

Ketika kadar albumin dalam darah relatif rendah berdampak pada penimbunan cairan dalam jaringan (edema) misalnya bengkak di kedua kaki. Bagaimana jika kadar albumin berlebih? Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Prof Dr dr I Nyoman Kertia SpPD, mengatakan, “Tidak ada istilah kelebihan albumin. Hati menyimpan albumin berlebih dan dikeluarkan jika tubuh membutuhkannya.” Itulah sebabnya orang sehat pun amat mengonsumsi albumin.

Fungsi albumin antara lain mengangkut molekul kecil melewati plasma dan cairan sel. Aktivitas itu berkaitan erat dengan bahan metabolisme seperti asam lemak bebas, bilirubin, dan berbagai macam obat yang kurang larut air, tetapi harus diangkut melalui darah. Menurut Florentinus ikan gabus sangat bermanfaat untuk kesehatan sebagai pengobatan tradisional atau modern.

Banyak mengonsumsi makanan cepat saji salah pemicu diabetes mellitus

Banyak mengonsumsi makanan cepat saji salah pemicu diabetes mellitus

Masyarakat Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, secara turun temurun memanfaatkan ikan gabus untuk mengatasi beragam penyakit. Albumin yang dikonsumsi Mistar dan Juwati itu berasal dari ikan gabus Channa striata. Riset Firlianty ketika menempuh pendidikan doktor di Univeristas Brawijaya membuktikan, ikan gabus memiliki protein paling tinggi yakni 20,83% dibandingkan dengan ikan konsumsi lain anggota famili Channidae Adapun kadar albumin ikan gabus mencapai 4,53% (Lihat Ragam Pangan Penyedia Albumin halaman 18—19).

Itu kabar gembira bagi para penderita diabetes mellitus. Harap mafhum diabetes salah satu penyakit tidak menular paling mematikan di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mencatat terdapat 1,5-juta kematian akibat diabetes di seluruh dunia pada 2012. Total jenderal terdapat 3,7-juta kematian yang berhubungan dengan kenaikan gula darah pada 2012. Celakanya penderita diabetes mellitus cenderung meningkat.

Federasi Diabetes Internasional memperkirakan pada 2035 penderita diabetes dunia meningkat menjadi 592-juta orang dari semula 382-juta jiwa pada 2013. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menyebutkan prevalensi diabetes terdiagnosis dokter sebesar 1,5%. Artinya jika penduduk Indonesia 249,9-juta jiwa, maka penderita diabetes mencapai 3,7-juta orang.

Ubi jalar ungu bagus untuk penderita diabetes karena berindeks glikemik rendah.

Ubi jalar ungu bagus untuk penderita diabetes karena berindeks glikemik rendah

Menurut dr Arijanto mencegah diabetes bisa dengan mengatur pola makan sehat dan menghindari penganan berkadar gula tinggi. Konsumsi nasi bisa digantikan dengan umbi-umbian. Orang berusia lebih dari 40 tahun mesti sering memeriksakan diri ke dokter. Namun, jika diabetes telanjur menyerang, dokter menyarankan pengaturan pola makan dan olahraga. Jika kedua terapi itu gagal, paramedis meresepkan obat antidiabetes.

Tren meningkat

Salah satu upaya mengatasi penyakit madu—nama lain diabetes mellitus—dengan mengonsumsi albumin. Di pasaran tersedia beragam produk albumin, ada yang berbentuk kapsul, jeli, dan cair. Bahkan kini para produsen memperkaya albumin dengan perasa buah. Dalam tiga tahun terakhir, albumin kian populer. Indikasinya antara lain kian banyak jumlah produsen.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x