Rahasia membungakan vanda: ciptakan lingkungan nan lembap.

Anggrek Vanda tricolor di teras rumah Diniwati Adhi itu seperti hidup segan, mati tak mau. Pehobi di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, itu membeli anggrek di pameran di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, pada 2016. Ketika itu vanda tengah berbunga dan aromanya harum. Diniwati jatuh hati dan berharap tanaman anggota famili Orchidaceae itu akan berbunga kembali. Sayang, harapan itu bak jauh api dari panggang.

Pehobi memanfaatkan vanda sebagai tanaman pemanis ruangan. Sebab, penampilannya menarik dan bunga beraroma harum.

Pehobi memanfaatkan vanda sebagai tanaman pemanis ruangan. Sebab, penampilannya menarik dan bunga beraroma harum.

Tanaman anggrek di teras rumah itu tidak pernah lagi memamerkan bunganya. Kondisi itu bertolak belakang dengan vanda di rumah Alyadi Prasetyo yang terus berbunga. “Penuhi semua kebutuhannya, maka anggrek akan membalas dengan rangkaian bunga yang indah,” ujar pehobi anggrek vanda di Bekasi, Jawa Barat, itu. Menurut Alyadi vanda jenis yang mudah berbunga asal mengetahui karakter dasar dan kebutuhannya di alam.

Harus lembap
Alyadi mengatakan, pehobi vanda perlu mengetahui kebutuhan anggrek di alam karena kini tumbuh di luar habitatnya. Menurut Al–panggilan Alyadi—habitat asli anggrek spesies itu beragam. Namun, secara umum mereka menyukai kelembapan tinggi, embusan angin cukup kencang, dan bersifat epifit. Dengan berdasar karakter dasar itu, perawatan di luar habitat dapat dimulai,” ujarnya.

Alyadi menuturkan, salah memilih lingkungan membuat pertumbuhan anggrek terhambat dan tidak normal. Lingkungan yang paling penting dipenuhi ialah kelembapan udara tinggi. Selama ini banyak orang rancu memaknai kelembapan dengan suhu udara. “Kelembapan terkait dengan kandungan uap air di lingkungan, tidak selalu ditandai dengan suhu yang rendah,“ kata Al.

Ia mengatakan, pehobi di perkotaan perlu modifikasi lingkungan agar
memperoleh lingkungan lembap. Kelembapan lingkungan diperoleh dari tanah yang basah. Namun, itu sering menjadi masalah lantaran di perkotaan halaman kerap tertutup beton. Paduan tanah basah dengan paparan sinar matahari langsung akan menciptakan iklim mikro di sekitarnya menjadi lembap karena uap air yang tinggi.

Baca juga:  Produksi Susu Naik 50%

Itu tidak akan terjadi pada beton yang tidak bisa menyimpan air di dalamnya. “Masih memiliki lahan berwujud tanah keuntungan besar karena vanda beserta media tanam dapat langsung ditempatkan di atasnya,” ujar Alyadi. Jika area telanjur tertutup beton, Al menawarkan pilihan untuk membongkar sebagian dan mengisinya dengan tanah atau membuat kolam penampung air dan meletakkan tanaman di atasnya.

Vanda tidak memerlukan media tanam untuk menunjang kehidupannya. Peneliti anggrek di Balai Penelitian Tanaman Hias, Cianjur, Jawa Barat, Dra Dyah Widiastoety, MS mengatakan vanda sebagai pajangan ditempatkan di pot berisi potongan kayu. Menurut Dyah fungsi potongan kayu itu hanya sebagai penopang tegaknya tanaman, bukan sebagai media tanam. Ada perlakuan khusus bagi vanda yang difungsikan sebagai pajangan di ruangan.

Bunga serempak

Vanda tricolor adalah jenis yang rajin bunga, mudah hidup di berbagai media dan aromanya harum.

Vanda tricolor adalah jenis yang rajin bunga, mudah hidup di berbagai media dan aromanya harum.

Hendry Margono mengatakan bahwa sebagai tanaman epifit, vanda hanya memerlukan media berupa tanaman berkayu untuk menempelkan akar-akarnya. “Makanan diserap oleh akar dari air yang terperangkap di kulit kayu dan uap air lingkungan yang lembap,” ujar penganggrek di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Menurut Hendry jika membawa vanda keluar dari habitat asli di alam, sebaiknya menempelkan pada potongan kayu untuk menjaga kelembapan.

Itu untuk mempermudah perawatan. Pehobi dapat menggantung vanda dengan kawat. Namun, untuk menjaga kelembapan, pemilik harus rajin menyemprot dengan air setiap hari atau menggunakan alat pengabut. Setelah fase vegetatif terpenuhi dan pertumbuhannya baik, saatnya beralih pada pembungaan. Hendry mempersiapkan tanaman berbunga rimbun dan serempak hingga 6 bulan.

Ia menyeleksi tanaman dan menghilangkan semua kuntum bunga. Semprotkan pupuk perangsang daun selama 3 bulan. Setelah itu, segera semprot dengan pupuk perangsang bunga berkadar fosfor tinggi. Saat masa berbunga tiba, anggrek bakal berbunga serempak dan penampilan yang prima.

Baca juga:  Atasi Aral Kebunkan Si Madu

Dalam pot
Menjaga anggrek dalam pot harus lebih intensif. Periksa pot setiap pagi untuk mengetahui tanaman “haus” atau tidak. ”Tanda-tanda vanda memerlukan air jika akarnya terlihat mengecil dan berbintik. Kalau menjumpai kondisi itu, pemilik harus segera menyiramnya,” ujar Dyah. Vanda tidak menghasilkan pseudobulbs untuk makanan dan penyimpanan air sehingga penyiraman lebih sering.

Vanda hibrida lebih mudah dibungakan daripada venda spesies.

Vanda hibrida lebih mudah dibungakan daripada venda spesies.

Cara mengatasi kekurangan air dengan merendam vanda dalam wadah air selama 10 menit, lalu periksa akarnya. Ketika mereka berubah warna cerah hijau, berarti vanda cukup minum. Segera angkat vanda dari air dan gantung untuk mengeringkan di ruangan bersirkulasi udara baik. Tanaman itu akarnya harus benar-benar kering sebelum malam tiba. “Akar basah dan lipatan daun yang lembap mengundang cendawan ketika suhu malam lebih dingin,” ujar Dyah.

Perhatikan benar-benar supaya akar tidak melampaui pot. Meski demikian pehobi tidak perlu terlalu sering memindahkan anggrek ke pot lain agar akar mereka tak terganggu. Menurut Dyah sulit membungakan vanda dalam pot jika kebutuhan sinar matahari terbatas. Proses perbungaan cepat jika anggrek di luar ruangan. Penambahan pupuk dan zat perangsang tumbuh tidak membantu karena pada habitat aslinya vanda sangat menyukai paparan sinar matahari.

“Pemanfaatan vanda sebagai tanaman hias dalam ruangan sebaiknya menggunakan jenis yang indah tapi masih belum tergolong langka,” ujar alumnus Institut Pertanian Bogor itu. Vanda sebagai salah satu kekayaan hayati Indonesia masih perlu diperbanyak dan dijaga kelestariannya. Terutama vanda spesies yang keberadaannya saat ini sudah mulai terancam punah. (Muhammad Hernawan Nugroho)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d