9 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Budidaya Burung Cucak Jenggot

  • Home
  • Peternakan
  • 9 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Budidaya Burung Cucak Jenggot

Burung cucak jenggot merupakan salah satu burung berukuran mungil yang banyak disukai sekarang ini. Cara budidaya burung cucak jenggot ini tidaklah sulit. Dimana membutuhkan setidaknya satu indukan jantan serta satu indukan betina. Supaya metode cara budidaya cucak jenggot ini berhasil, setidaknya milikilah indukan yang berkualitas.

Penasaran bagaimana cara budidaya burung cucak jenggot? Simak terus penjelasan dari artikel ini ya. Karena kali ini kami akan menjelaskan secara detail cara budidaya burung cucak jenggot agar berhasil secara baik serta mendaptkan hasil budidaya yang bagus. Berikut beberapa langkah cara budidaya burung cucak jenggot.

1. Memilih Indukan Burung

Karena sebuah budidaya burung sangat bergantung pada jenis serta kualitas indukan, maka sangat disarankan agar mencari serta memilih sepasang indukan yang baik. Berikut beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan juga perhatikan ketika memilih indukan dari burung cucak jenggot:

    Tubuh : Jangan sampai tubuh indukan jantan maupun betina mendaptkan kecacatan. Dimana sang jantan harus memiliki tubuh yang proposional, sedangkan untuk indukan betina memang harus terlihat sedikit berisi juga agak lebih gemuk.

    Gunakan pendekatan untuk melihat paruh dari burung tersebut, gunakan serta pilihlah paruh burung yang memiliki pangkal paruh yang agak tebal juga sedikit lebih lebar tentunya.

    Kejinakan : Burung yang jinak merupakan salah satu poin plus karena burung yang jinak akan lebih mudah dibudidayakan tentunya. Jadi jika memilih indukan dari peternak lain maka usahakan indukan tersebut sudah agak jinak.

    Burung yang cocok dijadikan indukan ialah burung yang sudah memiliki mental baja diaman mereka sudah tidak lagi takut juga bisa didekati oleh manusia.

    Kelincahan : Jika burung terlihat sangat aktif serta lincah, ini dapat menjadi salah satu indikator kesehatan burung tersebut. Nafsu makan dari burung juga merupakan indikator apakah burung tersebut yang sehat atau tidak.

.. ..

2. Persiapan Kandang

Persiapan kandang tentunya akan disesuaikan dengan jumlah dari burung yang akan dibudidayakan, serta harus menggunakan material yang tidak bersifat korosif dan aman bagi burung. Sesuaikan jenis kandang dengan ukuran serta jumlah burung yang nantinya akan dibudidayakan. Jika kamu menginginkan budidaya dalam jumlah yang besar maka ukuran kandang juga harus luas.

3. Pemilihan Lokasi Kandang

Diperlukan sebuah lokasi yang tepat. Tentunya lokasi yang pas disini Ialah lokasi yang tenang juga jauh dari kebisingan karena burung tersebut membutuhkan sebuah tempat yang baik serta damai agar bisa berkembang dengan baik. Sters akan melanda burung jika di tempatkan diwilayah yang ramai serta banyak sekali gangguannya.

4. pemilihan Ukuran Serta Desain Kandang

Seperti yangtelah dijelaskan sebelumnya bahwa variasi ukuran kandang akan bergantung pada banyaknya burung yang akan dipelihara. Selain ukuran, memilih desain yang tepat juga menjadi salah satu faktr berhasil atau tidaknya budidaya ini.

Tags: