7 Tanaman Obat dan Khasiatnya

Tanaman obat dan khasiatnya – Pada kesempatan kali ini kita akan mulai mengulas juga mengenai tanaman obat. Pada postingan ini akan diulas mengenai beberap tanaman obat dan khasiatnya yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebagai negara agraris, Indonesia pastinya memiliki kekayaan alam rempah-rempah dan berbagai macam jenis tanaman obat alami yang jumlahnya sangat melimpah. Karena kekayaan tersebut, kita harusnya dapat memperoleh manfaat dari tanaman obat tersebut tanpa harus lagi mengeluarkan biaya yang mahal untuk menyembuhkan atau menjada tubuh kita dari berbgai macam penyakit.

Tumbuhan Obat atau yang biasa disebut Tumbuhan herbal ini banyak sekali macamnya dan khasiatnya, mulai yg mampu mengatasi penyakit yg ringan sampai penyakit parah. Selain itu juga Tumbuhan herbal juga telah banyak diuji mampu menyembuhkan bila kita bandingkan dengan obat yang berbahan kimia. jika demikian langsung kami bagikan beberapa tumbuhan herbal yang dapat kita jadikan Pengobatan Alternatif. Nah, berikut kami ulas 7 Tanaman Obat dan Khasiatnya.

Tanaman Obat dan Khasiatnya

  1. Kumis Kucing 

Kumis kucing adalah tanaman obat yang memiliki batang basah dan tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah, seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia. Nama daerah: Kumis kucing (Melayu – Sumatra), kumis kucing (Sunda), remujung (Jawa), se-salaseyan, songkot koceng (Madura).

kumis-kucing

Daun kumis kucing basah maupun kering dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Daunnya yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) dan mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untuk pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

2. Temulawak

temulawak

Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) masuk kedalam keluarga Jahe (zingiberaceae), Temulawak ini merupakan tanaman obat asli Indonesia. Penyebaran tanaman ini banyak di daerah pulau Jawa, Maluku dan Kalimantan.

Temulawak memang sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat dan sebagai tanaman obat. Khasiatnya mulai dari mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal. Tanaman obat ini juga diyakini bisa berkhasiat untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh.

Karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari temulawak ini, pemerintah mencanangkan “Gerakan Minum Temulawak” sejak 2 tahun yang lalu.

3. Kunyit

kunyit

Manfaat Tanaman Obat Kunyit. Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun. Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India.

Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan.

Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x