Pada budidaya ikan, pemberian pakan merupakan salah satu kunci utama agar ikan segera membesar. Pola pemberian pakan yang baik serta kandungan nutrisi yang mencukupi dalam pakan tersebut akan membuat ikan tumbuh dengan pesat.

Dalam budidaya ikan air tawar umumnya kita mengenal pelet sebagai pakan ikan paling praktis. Bahkan bukan hanya praktis namun memang mengandung nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan.

daftar pakan aternatif ikan air tawarMeskipun kadar nutrisinya sangat tinggi namun penggunaan pakan pelet ini juga memiliki kelemahan yaitu dari sisi harga yang kian melambung. Hal ini diakibatkan harga bahan bakunya yang fluktuatif serta produsen yang tidak mau menurunkan harga saat harga bahan baku turun. Sebagai peternak ikan air tawar tentu anda akan rugi atau hanya memperoleh sedikit untung jika anda mengandalkan pakan hanya dari pelet.

Pembudidaya ikan air tawar yang sudah berpengalaman tentu akan mencari pakan alternatif sebagai pendamping pelet guna menekan biaya produksi. Walaupun pakan alternatif bisa diperoleh dari banyak bahan baku disekitar kita namun sebaiknya anda tetap selektif dalam memilih pakan alternatif dan diutamakan hanya yang memiliki kandungan protein tinggi karena protein sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang ikan. Dengn pemberian pakan alternatif hingga 60% diatas pelet tentunya sudah sangat menghemat biaya pembelian pakan pelet.

Pada artikel kali ini kami hendak memaparkan kepada anda mengenai beberapa bahan pakan alternatif ikan air tawar yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga cocok dijadikan pakan pendamping pelet pada usaha budidaya ikan air tawar anda. Untuk daftar pakan alternatif ikan air tawar adalah sebagai berikut.

1. Keong Sawah dan Bekicot

Yang pertama-tama sekali kami sarankan adalah keong sawah dan bekicot. Bagi anda yang hidup dipedesaan tentu sudah mengetahui bahwa keberadaan keong sawah dan bekicot seringnya dianggap sebagai hama yang sangat mengganggu tanaman petani seperti pada dan sayur-sayuran.

Nah seringnya keong ini dipunguti dan dikumpulkan kemudian dibuang begitu saja dipinggir jalan. Padahal jika kita tahu kandungan dagingnya yang tinggi protein ini merupakan bahan baku pakan alternatif ikan air tawar yang sangat ideal.

Untuk mendapatkan keong sawah memang lebih mudah jika lokasi anda berada didekat sawah atau rawa. Namun anda juga bisa membudidayakan keong sawah sendiri untuk pakan ikan air tawar anda. Ikan lele, nila, patin, mas dll sanagt menyukai cacahan daging keong dan bekicot. Agar tidak menimbulkan kanibalisme pada lele maka daging keong sebaiknya direbus atau dibakar terlebih dahulu.

2. Cacing Tanah

Cacing tanah terutama jenis Lumbricus Rubella kini sedang populer untuk dibudidayakan guna menjadi pakan alternatif ikan air tawar. Hampir semua jenis ikan air tawar sanagt menyukai cacing tanah. Pada budidaya cacing tanah sendiri sangat mudah dan murah karena pakannya berasal dari sampah dan kotoran.

Nantinya cacing ini diumpankan pada ikan karena daging cacing juga diketahui mengandung kadar protein tinggi bahkan melebihi keong mas.

Nah untuk anda yang mencoba membudidayakan ikan air tawar ada baiknya agar anda menyiapkan lokasi budidaya cacing tanah terlebih dahulu.

3. Ikan Rucah

Untuk ikan lele yang bersifat karivora maka anda bisa memberikan pakan berupa ikan rucah yang ukurannya lebih kecil atau anda juga bisa mencacahnya terlebih dahulu.

Ikan rucah ini sangat mudah dijumpai di tempat pelelangan ikan dimana ukurannya sangat kecil sehingga nelayan hanya menjualnya dengan harga murah bahkan terkadang dibuang begitu saja.

Untuk pemberian ikan rucah ini hanya cocok untuk jenis ikan lele dan ikan patin yang mana ikan rucah sebaiknya dicacah dan direbus terlebih dahulu.

4. Katak (Kodok Hijau)

Anda sering melihat katak sawah alias kodok hijau bukan? Nah ia juga meupakan hewan yang dagingnya mengandung protein tinggi guna dijadikan pakan alternatif. Untuk katak ini anda tidak usah mencach dagingnya melainkan anda bisa memelihara banyak katak dewasa dalam kolam hingga diperoleh berudu (kecebongnya). Kecebong yang sudah agak besar bisa diumpankan ke ikan.

5. Ikan Kecil

Hampir sama dengan katak, jenis ikan kecil seperti ikan citol, wader, guppy dll bisa dimanfaatkan untuk menjadi pakan altetnatif bagi ikan karnivora seperti ikan lele dan ikan patin. Peliharaah ikan kecil tadi dalam kolam khusus dan biarkan mereka berkembang biak untuk kemudian ditangkap dan diumpankan pada kolam lele atau patin.

6. Azola

Jika dari tadi membahas pakan alternatif hewani maka kini kita juga punya pakan alternatif nabati yang bagus yaitu azola. Azola adalah tanaman air mengapung yang diminati oleh hampir semua jenis ikan namun terutama adalah ikan lele. Pakan azola bisa hidup dan berkembang biak di kolam anda dengan sendirinya namaun khusus pada kolam lele pastilah akan cepat habis dimakan ikan lele saat dewasa.

7. Ampas Tahu

Kita ketahui bahwa limbah pengolahan kedelai yang satu ini juga terkenal mengandung protein nabati yang tinggi. Ia akan sangat cocok jika dijadikan pakan alternatof apalagi jika dicampur dengan tepung ikan atau cacahan keong. Ampas tahu juga bisa dicampur dengan bekatul untuk kemudian difermentasika terlebih dahulu sebelum diumpankan.

Itulah tadi bebereapa daftar pakan alternatif ikan air tawar yang kami rekomendasikan untuk anda agar menekan biaya produksi dengan mengurangi pemberian pakan pelet. Tentunya pakan alternatif lainnya juga masih ada dan mungkin anda bisa mencarinya atau berkreasi dengan patokan bahwa pakan alteratif ikan haruslah memiliki kadar protein tinggi. Sekian dari kami dan salam budidaya.

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m